Senin, 10 September 2012

Androgini, Maskulin atau Feminin??


Apa KIKOSer pernah liat Cowok yang pakek baju cewek atau berpenampilan layaknya seorang perempuan. Ataupun sebaliknya, pernah liat Cewek tapi  berpenampilan seperti cowok? 
Tapi ini perilakunya tetep sama kayak jenis kelaminnya Looo Yaaa.

Dan pernahkah KIKOSer mendengar kata Androgini??

Kali ini Aq bakal Ngebahas seputar Androgini, tapi sebatas pengetahunan Q,  sedikit observasi sana-sini, and googling sana-sini.heheheh…Soo Langsung aja^^

1.     Apasih Androgini?
            Jadi Androgini itusebuah konsep yang dikembangkan oleh Sandra Bem, seorang psikolog Universitas Stanford pada tahun 1974. Pada tahun 1977, ia mengkalsifikasikan individu dalam orientasi peran gender: maskulin, feminin, androgini, danundifferentiated. Androgini berasal dari bahasa Yunani yang artinya “andros-” berarti laki-laki dan “gyné -“ berarti perempuan. Androgini adalah istilah dalam identitas gender dimana seseorang tidak termasuk dengan jelas ke dalam peran maskulin dan feminin yang ada di masyarakat. Banyak androgini yang diidentifikasi berada di antara pria dan wanita dan juga disebut tidak memiliki gender (Karena ngerasa nggak di 22nya kali yaa~_~). Tetapi  biasanya orang2 ini memiliki pembagian peran menjadi cowok dan cewek secara bersamaan. Jadi sifat maskulin and feminine seimbang gitu KIKOSer. Orang yang memiliki sifat androgini biasanya memiliki sifat yang berbeda-beda menurutQ, di satu sisi dia bisa menjadi maskulin dan terkadang feminim, terkadang lemah-lembut di satu sisi tegas dan bringas, tidak bergantung pada orang lain namun terkadang manja, atau suka melindungi tapi dilain sisi ingin dilindung. Dan ini semua terlepas dari jenis kelaminnya.
Kalau “pandangan”Q Androgini itu kayak orang berkepribadian ganda, dan bisa membagi peran dengan baik. Tapi tetap mengikuti “jalur” jenis kelaminnya. Bukan yang sepenuhnya merubah perilaku “berbanding terbalik” dengan jenis kelaminnya ~_~.

            Aq sendiri pertama denger Androgini dari TV, yang negabahas model androgini. Kalau model androgini sendiri itu lebih ke fasion berbusana. Dimana seorang cowok atau cewek dapat mengenakan 2 busana (pria/wanita) ,didandani layaknya wanita/pria dan bisa cocok dengan pakaian yang mereka gunakan, walaupun menurut orang awam tidak sesuai dengan jenis kelamin mereka. Biasanya kata fotografernya Si Model memiliki wajah atau perawakan seperti wanita dan pria sekaligus KIKOSer.

            Ini Reyko kasi beberapa foto model Androgini yang cakep menurut    Aq.hahaha





Ini Abang Andrej Pejic (Baju Cowok)

Ini Abang Andrej Pejic (Dandan Cewek)
                    Ini Abang Andrej Pejic *Lagiii*
Abang Darell Ferhostan (Ini Model Indonesia Looo)

Abang Darell Ferhostan *GakKomenDah~_~*

2.  Sifat Androgini baik buat kita?
Tolong jangan laporin saya qe FPI(Hahhaha)!!! Maksud Aq disini kita harus bisa menempatkan diri (fleksible) KIKOSer. Aq nulis ini setelah baca  teks pidato seorang Prof., jadi ternyata pandangan Q agak salah mengenai Androgini...nah makannya Aq share sekarang.
Jadi kalau menurut Q Androgini dianggap perlu saat kita sebagai cewek juga harus bisa bersikap tegas disaat-saat yang dibutuhkan, tanpa meninggalkan sifat lemah lembut seorang cewek. Terkadang kita sebagai cewek merasa Emosional banget..dikit2..nangis..dikit2..ngambek…manja…nggak pede’an…mudah tersinggung. Begitu sebaliknya buat para cowok2. Kalau setiap hari sifat KIKOSer begini yakin dah rada males Aq nemeninnya #DiLemparKIKOSerSandal#
Jadi menurutQ memang perlu kita memiliki sifat maskulin dalam diri kita walaupun kita cewek. Begitu pula buat yang cowok (Tapi Bukan jadi Lekong a.k.a Ngondek a.ka. TERLALU  kewanita-wanitaan Juga yaa~_~), terkadang Cowok kan cuek banget dan cenderung kurang peka terhadap sekitar. Kadang males banget negerawat kumis…alhasil jadi brewokan nggak beraturan gitu. Cowok juga perlu merawat diri (Asal nggak berlebihan..sampai pakek makeup lengkap gitu), begitupula dengan sifat peka. Kita senengkan kalau punya cowok atau temen cowok yang perhatian and ngertiin kita banget. Nah disaat2 tertentulah sifat Androgini dibutuhkan.
Tapi Reyko tetep ngasi saran jangan sampai berlebihan, KIKOSer harus tau kodrat sebagaimana KIKOSer dilahirkan. Tetapi jangan sekali-kali mengintimidasi seseorang yang memang merasa nggak nyaman dengan sex.nya saat ia dilahirkan. Kayak dia cowok tapi nggak nyaman dengan dirinya dan lebih nyaman bila berberan atau berpenampilan seperti  wanita. Serta begitupula sebaliknya.
Sebagai manusia kita terkadang dituntut bersikap fleksibel serta pandai menempatkan diri walaupun terkadang bertentangan dengan “sifat dasar” kita. Tetapi asal kita bisa melakukan dengan porsi yang seimbang KIKOSer pasti semua baik2 aja(?). Yang terpenting sebagai cewek jangan mau di cap lemah, kita harus jadi cewek tangguh yang nggak kalah sama cowok. Kasian kan Ibu Kartini capek2 memperjuangkan emansipasi wanita. Walaupun kita bisa mandiri, jangan sampai melupakan kodrat kita sebagai wanita…yaitu mengurus rumah tangga (WaduhBahasRumahTangga). Kalau kata Embah Reyko (Udah Q edit pakek bahasa gaul yaa)…”Anak cewek nggak bisa masak and ngurus rumah, itu sama aja wanita gagal”. Ngedenger ini Aq jadi mulai “panas” and mulai belajar masak yang bener (GakAsalMasukinBahan).

Sekian Dari Reyko^^ semoga menambah pengetahuan KIKOSer. mohon komen yaa..kalau misalkan ada salah2 dalam info ini^^

Seputar Wejangan: Jadilah dirimu sendiri, jangan sampai orang lain yang memberikan “cap” pada dirimu. Tapi berilah dirimu “label” sendiri agar orang lain bisa melihatnya dan tidak bisa mengusik. Karena memang “label” dirimu sudah jelas adanya. Jadi jangan takut.

PERINGATAN: Hanya Buah pikiran pribadi and beberapa “hidayah” dari beberapa sumber. Tidak ada unsur memojokkan suatu “golongan atau individu”.

Bahan Bacaan:




 Wikipedia-Androgini

Foto:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar