Jumat, 14 September 2012

APA SIH ANALIS MEDIS ITU?

Penerimaan mahasiswa baru telah usai. Selamat bagi yang telah diterima di jurusan dan universitas yang telah diinginkan. Jangan berkecil hati bagi yang belum diterima, tuhan sudah menyiapkan yang terbaik bagi umatnya. Bagi yang telah di terima di jurusan ANALIS MEDIS UNIVERSITAS AIRLANGGA selamat ya. Aku mau memberikan ulasan mengenai jurusan ini.

Cari-cari
Analis medis adalah salah satu jurusan atau prodi di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Pasti kalian baru tahu kan, aku aja juga baru tahu ketika ospek. Hehehe. Jurusan ini nantinya akan mempelajari tentang segala pemeriksaan laboratorium. Jurusan ini mata kuliahnya hampir sama dengan pendidikan dokter tapi bedanya kita lebih menjurus ke laboratorium dan prakteknya sedangkan pendidikan dokter lebih ke diagnose dan pengobatannya. Mata kuliahnya yaitu hematologi, bakteriologi, imunologi, patologi anatomi. Pasti kalian sudah berpikir kalian tidak akan bertemu dengan antomi dan histologi. Hahaha kalian salah. Jurusan ini tetap mempelajari itu tapi tanpa bertemu dengan cadaver (mayat) kok. Untunglah.





Aku akan mengulas beberapa mata kuliah di jurusan ini antara lain:
1.  Hematologi, adalah salah satu sub ilmu dari patologi klinik yang mempelajari tentang pemeriksaan laboratorium dengan specimen darah.
2. Bakterilogi, sub ilmu dari mikrobiologi yang mempelajari tentang bakteri-bakteri dari morfologi, penyebaran hingga pencegahan.
3. Imunologi, ilmu yang mempelajari tentang imunitas manusia beserta pemeriksaannya.
4. Patologi anatomi, ilmu yang mempelajari perubahan structural, biokimiawi, dan fungsional pada sel, jaringan, dan organ yang mendasari suatu penyakit dan menentukan diagnose penyakit dari pemeriksaan gross, mikroskopis dan molekuler atas organ, jaringan, dan sel.
5.  Biokimia. Cabang ilmu yang mempelajari susunan kimia dan proses-proses kimia yang terjadi dalam tubuh makhlk hidup (organism).
6.    Histologi. Ilmu yang mempelajari jaringan-jaringan tubuh secara mikroskopis.
7.  Anatomi. Ilmu yang mempelajari tentang bagian – bagian dari tubuh manusia dari tulang, saraf hingga pembuluh darah.
8.    Toksikologi. Ilmu yang mempelajari tentang racun.
9. Helmintologi. Sub ilmu dari parasitologi yang mempelajari tentang parasit yang menyebabkan penyakit pada manusia khususnya cacing.
10. Virology. Ilmu yang mempelajari tentang virus dan hubungannya dengan sel host yang diinfeksinya.
Masih banyak lagi mata kuliah di jurusan ini. Kalian masih akan mempelajari kewarganegaraan, bahasa inggris dan agama islam loh.
Kuliah di jurusan hanya 3 tahun, maklum program diploma (D3). Lulusan analis medis prospek kerjanya bagus loh, kalian bisa jadi tenaga laboratorium di rumah sakit contohnya RSUD. DR. Soetomo, Husada Utama, Graha Amerta  atau laboratorium contohnya parahita, paramita, prodia atau perusahaan makanan dan minuman contohnya Nestle, unilever , atau juga pemilik laboratorium sendiri bagi kalian yang mau berwirausaha. Oh ya info juga, analis medis unair adalah satu-satunya jurusan di Indonesia lho. Bangga dong.
Pasti kalian bertanya-tanya tentang bedanya analis medis dan analis kesehatan. Bedanya itu di ruang lingkupnya. Kalau analis kesehatan yang dipelajari adalah semua kesehatan yang ada sedangkan analis medis hanya pada kesehatan manusia saja. Ini info yang aku dapat dari dosenku.
Semoga ulasan ini sedikit membantu kalian ya. Semoga kalian tetap bersyukur dengan diterimanya di jurusan Analis Medis Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Ingat kalian telah menyisihkan ribuan anak yang ingin kuliah di jurusan ini. So, keep fight!











-sellsella-


81 komentar:

  1. bedanya sama Analis Kesehatan apa ya?,..trus organisasi profesi Analis Medis itu apa?,..apakah ngikut PATELKI?,..kok kalo dilihat dr penjelasan di atas kurikulumnya kira2 sama kaya Analis Kesehatan,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurikulum analis medis emang hampir sama kayak analis kesehatan kok :D

      Analis medis juga ikut PATELKI kok :D

      -SellSella-

      Hapus
    2. tambahan yaa kalau analis medis hanya menangani seputar manusia saja, nggak beda jauh ama dokter. klw analis kesehatan itu umum, kayak keselamatan kerja di pabrik. PKL analis kesehatan juga lebih banyak dari analis medis Aji. jadi banyak prakteknya^^
      ~Reyko~, sumber:Sellsella ,ahaha,males banget admin satu ini #DiTimpukSellSella

      Hapus
    3. Saya analis kesehatan lulusan september 2016. Semua yg admin sebutkan kamu pelajari juga di analis kesehatan. Semua yang disebutkan tentang analis medis sama dg analis kesehatan. Objek utama kami adl manusia. Kami mengambil sampel darah, urine, sputum, pus, kerokan kulit, jaringan, liquor cerebro spinalis, cairan pleura, muntahan dll.

      Hapus
    4. Organisasi kami patelki, prospek kerja kami di lab2 klinik dn RS atau di industri. Tapi smpai skrg tdk ada teman saya yg kerja di industri semuanya di klinik dn RS. Masalah kerja cepat, malah sebelum wisuda sudah banyak yg dpt kerja dn tdk ada yg menganggur. Kami mempelajari toksikologi, kimia analitik, kimia air tapi hanya sedikit satu semester, sisanya kami mempelajari spesifik manusia seperti hematologi ada hematologi 1,2 bakteriologi juga sama, parasitologi juga sama, virologi, immuni serologi, immunohematologi, transfusi darah, anatomi fisiologi, patofisiologi, statistika, kimia klinik, dsb. Smpai sekarang teman2 saya tidak ada yg menganggur. Di luar negri istolah utk kami Medical Labroratory Scientist, Medical Laboratory Scientist, dll setiap negara berbeda tapi tugas kami sama.

      Hapus
    5. * Medical Laboratory Technology

      Hapus
    6. Biaya kami memang mahal. Dosen besar saya yg juga anggota patelki bilang tdk ada s1 ankes di indo karena sangat sulit. Banyak pihak dokter yg keberatan. S1 ankes rdk bisa bekerja di lab jadi pemeriksa karena s1 lbh ke reori sdgkan d3 praktek. Malah saya bilang 70-80% kami praktek. Sehari bisa beberapa mata kuliah yg praktek

      Hapus
    7. S1 ankes di bandung banyak diperdebatkan. Yg saya rasa kuliah di ankes sangat capek bahkan kami praktek bisa sampai jam 10 malam dn sangat beresiko karena kami langsung bersentuhan dg cairan tubuh pasien.kami juga memeriksa feses, biakan bakteri dll. Yang paking harus kami kuasai adalah sampling darah vena. Untuk dikampus kami diajarkan manual dn semi otonatis seperti fotometer dll. Utk manual kami belajar dg mikroskop, bilik hitung improved nebauer, piper thoma dll, kami juga belajar diff count dg mikroskop. Sedangkan di dunia kerja kalau di RS atau klinik yg besar alat sudah pakai autoanalyzer seperti sysmex, mindray dll utk hematologi. Begtupun utk pemeriksaan kinia klinik. Sdgkan utk klinik rutin kebanyakn dg mikroskop sperti pemeriksaan mikroskopik urin, morfologi darah tepi, mikroskopik feses, kerokan kulit utk pemeriksaan jamur, pem bakteri tahan asam,.dsb.

      Hapus
    8. Utk biaya saya masuk hampir 13jt,semesteran kadang 5juta lebih, 6juta lbh ,7juta lbh diakhir 10juta.

      Hapus
    9. Utk biaya masuk hmpir 13juta dulu, semesteran bervariasi. 5-7juta dn diakhir 10juta.

      Hapus
    10. Utk masalah kami mempelahari ilmu kedokteran memang benar dosen2 kami srg bilang seperti itu. Kami yg mengakkan diagnosa dokter. Dn buku2 kami mmg penerbit kedokteran.

      Hapus
    11. Utk masalah kami mempelahari ilmu kedokteran memang benar dosen2 kami srg bilang seperti itu. Kami yg mengakkan diagnosa dokter. Dn buku2 kami mmg penerbit kedokteran.

      Hapus
  2. analis kesehatan unair (jalur mandiri) mahal nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urk prospek kerja yg saya rasa dn saya amati cepat. Teman2 saya banyak yg bekerja di Hermina, ada yg di biofarma,prodia,dll saya sendiri di lira medika. Tidak ada yg menganggur kecuali yg menikah. Dn tdk ada yg diindustri. Semuanya RS dn klinik. Resiko kami mmg sangat tinggi karena kami lgsung berhubjngan dg simbernya yaitu cairan tubuh pasien. Analis kesehatan juga sangat dituntut utk mahir sampling darah vena alias phlebotomy.

      Hapus
  3. maaf ya De baru balezz, admin pada tepar semua,ini aq dapet info dari temen q, dia habisnya 6jt waktu tahun 2010 lewat jalur diploma, tapi kalau tahun ini kurang tau. atau bias cek aja di ppmb.unair.ac.id. semoga manfaat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oyaa lupa bilang De Deuk, analis medis nggak ada yg jalur mandiri,soalnya analis medis itu (D3), jalur mandiri itu buat S1 aja, klw D3 itu diploma.^^,

      Hapus
  4. kalau jurusan analis medis ini masuknya lewat jalur undangan apa bisa?

    BalasHapus
  5. Hallo ola, kata Sellsella analis medis itu setaunya cuma jalur diploma aja masuknya. Kalau undangan buat S1

    ~Reyko~

    BalasHapus
  6. analisis medis sama rekam medis itu beda apa gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii Nisa ini Reyko bantuin SellSella jawab yaa.
      Analis medis sama rekam medis itu beda, kalau analis itu lebih pada pemeriksaan lab, and beberapa penjelasan uda di jelasin di atas (baca beberapa koment juga^^), nah kalau rekam medik itu tentang riwayat seluruh pemeriksaan. ini aja sii info yang Reyko dapet dari Sellsella.

      Semoga membantu Nisa>_<, klw ada yg belum jelas bisa tanya lagi kok.heheh

      ~Reyko~

      Hapus
  7. berarti kalau daftar ke jurusan ini gabisa pake SNMPTN atau SBMPTN yaa kak ?

    BalasHapus
  8. Fadilaa maaf, si SellSella uda nggak kuliah lagii.
    Tapi kata dia,dia cuma tau yg jalur ini aja. Klw mau info lebih lanjut kamu bisa liat di web unair. Serch aja di google,atau bisa dateng ke pusat info buat Mahasiswa baru di kampus C unair (Deket auditorium,kalau nggak salah) ^_^

    ~Reyko~

    BalasHapus
  9. apakah lulusan SMK bisa masuk jurusan analis medis. kalau bisa gmna caranya ....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalammualikum Kholifah,
      Maaf yaa ini Reyko bantu jawab sekedarnyaa aja,
      Nanti kalah SellSella sudah ada waktu luang, di usahain dia bales pertanyaan kamu.hehehe

      Klw menurut qu sih bisa,asal kamu kuat di pelajaran IPA,ahaha,
      Buat keterangab lebih lanjut kamu bisa ke Kampus C unair,deket auditorium di situ ada pusat info seputar unair buat maba, jadi kalau pengen jawaban yg cepet,langsung ke kampus C unair aja.
      Semogaa sarannya berguna n maaf klw kurang jelas.soalnya SellSella uda alumni sekarang, jadi infonya kurang update juga ^_^

      ~Reyko~

      Hapus
  10. Peminat jurusan analis medis di unair banyak ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehmmm kalau tahun ini nggak tau yaa dek.
      klw di Angkatannya SellSella tahun 2010, kurang dari 50 orang kalau nggak salah,. padahal ini kedepannya bagus, soalnya nggak banyak universitas yang buka jurusan ini (Kata SellSella jugaa) padahal di butuhin banyak. temen2 Reyko yg di jurusan ini rata2 abis lulus, dapet kerjanya cepet.hhehe

      ~Reyko~

      Hapus
  11. terima kasih sebelumnya buat yang uda kirim komentar, berarti paling gak tulisan alakadar ini dibaca dan mohon maaf karena baru sekarang admin bernama sellsella baru bisa menjawab
    rangkuman dari kesemua pertanyaan:
    analis medis gak beda jauh sama analis kesehatan, bedanya adalah dari pelajarannya karena AM (singkatan analis medis) itu lebih condong ke manusia.
    kami analis medis berada dalam naungan organisasi patelki, kenapa kami gak mendirikan organisasi sendiri? ini dikarenakan kami hanya satu-satunya analis medis di indonesia dan prospek kerja kami juga ke laboratorium kesehatan. singkatan patelki itu adalah persatuan tenaga laboratorium kesehatan indonesia.
    masalah biaya kalo dikalkulasi semua kurang lebih habis 20 juta ( 6 semester ) ini lebih murah daripada analis kesehatan di universitas swasta.alhamdulillahnya admin gak mengeluarkan biaya sepeserpun karena ada beasiswa
    AM hanya ada satu jalur yaitu jalur diploma.
    AM berbeda sangat dengan rekam medik.
    AM banyaaak peminatnya karena prospek kerja kami sangat bagus, bisa ke rumah sakit negri, swasta, lab, puskesmas
    AM dibuka untuk semua siswa SMA/SMK/sederajat asal lulus seleksi penerimaan mahasiswanya loh ya.
    sekian penjelasan dari sellsella.
    oiya mohon maaf adminnya berhubung uda lulus jadi info yg diberikan ya sesuai yg diketaui admin ya. info lebih update tentang penerimaan ya bisa dilihat di website unair kok

    BalasHapus
  12. kak..aku maba analis medis tahun 2014, mau taya kalau kegiatan perkuliahannya di lakukan di kampus A atau Kampus B sekolah vokasi ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat yaa asy bui uda ketrima di analis medis 2014, semoga krasan dan analis jurusan yg km pengenin. Sellsella analis angkatan 2010 dan di AM itu angkatan ke 32 kalo gak salah, hehehe.
      Sampe sekarang masih kegiatan perkuliahan masih terfokus di kampus A tapi ada beberapa mata kuliah yg kuliahnya di kampus B atau C kayak kimia farmasi itu di farmasi kampus B dan kimia dasar di saintek kampus C.
      Sampai sekarang fakultas vokasi masih dalam proses pembangunan ya mungkin di pertengahan kuliahmu di analis bakal dipindah kalo gedungnya uda jadi. Nyante sampe sekarang banggalah jadi bagian dari FK UA.

      Hapus
  13. kak saya pengen nanya dong... kalau analis medis selain di UNAIR dimana ya ? ada atau enggak ?

    BalasHapus
  14. kak boleh cerita ngga gimana sih caranya dapet beasiswa setelah dinyatakan keterima di analis medis? dan analis medis ini kan jalur diploma yang bukan jalur snmptn/sbmptn/mandiri kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halloo adelia~~
      aduhh kalau pengalaman Reyko dapet beasiswa dulu (Di Fisip Unair) mahasiswa harus aktif tanya2 ke mahasiswaan.
      tapi kalau kata sellsella dulu, di kampus A unair apalagi di analis medis, lebih gampang dapet info beasiswanya. kalau si sellsella beasiswanya dapet dari rekomendasi SMA kita, berhubung Reyko ama SellSella 1 SMA dulu.

      klw adelia uda keterima, coba deh tanya2 ke mahasiswaan atau BEM fakultas, yang penting IPK di semester awal usahain yang bagus><.

      kalau mau dapet beasiswa luar kampus, bisa lihat di mading perpus, biasanya banyak atau googling aja

      semoga infonya membantu.

      ~Reyko~

      Hapus
  15. kak mau tanya kalau jalur diploma itu seleksinya kayak gimana ya?

    BalasHapus
  16. Evita Ainun Amalia6 Maret 2015 pukul 19.16

    kak,kira-kira, apa saja yang harus dipelajari untuk masuk di jurusan analis medis unair??

    BalasHapus
  17. Buat semua pertanyaan yang uda masuk bakalan sellsella jawab jadi 1 disini, haha maap..

    Analis medis itu cuma ada 1 di Indonesia dan hanya ada di UNAIR. Sekarang medis bergabung di fakultas vokasi, fakultas baru di unair dan semua d3 jadi satu disini bertempat di daerah srikana deket kok sama kampus B unair. Info terbaru yang admin dapet jalur diploma ada 2 gelombang.
    Peminatnya AM banyak banget tapi yang diterima cuma 50 (untuk taun ini).
    Seleksi jalur diploma sama kok kayak jalur lainnya, ada test tulisnya.
    hmm untuk evita, apa aja yg harus dipelajari. Ya belajar aja materi yang diujikan di seleksi tulisnya, kayak matematika, fisika, bahasa indonesia dan inggris, mata pelajarannya sama aja kayak di seleksi masuk unair .

    BalasHapus
  18. Kak analis medis di unair kan akreditasinya masih C , kalau nglamar kerja di rumah sakit negeri apa susah kan skrg yang diperhitungkan slain IP juga akreditasi

    BalasHapus
  19. Kak analis medis di unair kan akreditasinya masih C , kalau nglamar kerja di rumah sakit negeri apa susah kan skrg yang diperhitungkan slain IP juga akreditasi

    BalasHapus
  20. kak kalo mau lanjut ke S1 Setelah lulus analis medis kira kira bisa lanjut ke jurusan apa ? bukannya jurusan analis medis itu langka ya ?

    BalasHapus
  21. Hallo salam kenal. Saya lulusan d3 analis medis unair. Mulai kuliah tahun 2004 dan sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan laboratorium swasta di Jakarta. Tetap semangat ya

    BalasHapus
  22. fitriya febriani : alhamdulillahnya temenku ada yang ketrima di sutomo 3 orang , kakak kelas juga ada yang ketrima di sutomo juga.
    devi tha : kalo mau lanjut S1 ya di unair kesehatan masyarakat jurusan kesehatan lingkungan
    big.je : keep fight !!!!

    BalasHapus
  23. Kak, mau tanya. Saya uda baca artikel di atas n tertarik sama jurusan analis medis. Tes nya itu lewat sbmptn atau Gimana kak? Tolong jawaban nya, ku tunggu kak ^_^

    BalasHapus
  24. analis medis itu jalur daftarnya itu pake jalur yang mana kak ? dan biaya persemeternya itu ekitar berapa ? dan apa sekarang daya saingnya tambah ketat kah

    BalasHapus
  25. wah senangnya kalo tulisanku bermanfaat, selamat berjuang untuk jadi mahasiswa analis medis. saingan selalu ketatlah karena analis medis masuk universitas airlangga terbaik di Indonesia timur. dan lulusannya selalu dicari rumah sakit maupun laboratorium klinik swasta.
    ohya analis medis sekarang sudah masuk fakultas vokasi bukan fakultas kedokteran. dan berlokasi di jalan srikana sebelah kampus B.
    pake jalur khusus diploma, diploma 3. biaya persmesternya beda tiap semesternya. untuk info lebih lanjut bisa buka web ppmb unair. http://ppmb.unair.ac.id/web/site/d3

    BalasHapus
  26. Kak mau tanya, setelah D3 kalo transfer ke S1 bisa atau tidak? Kalau bisa jurusan apa yang bisa dimasuki? Terima kasih

    BalasHapus
  27. Kok lucu ya... buat ap ad analis kesehtn klu analis medis jg ad.. pdhl analis kesehatan am analis medis mata kulihx sm, kok bisa gitu.. teus dlm bidng profesi ap nanti mreka g saling nabrak

    BalasHapus
  28. kalo mau transfer dari D3 ke S1 bisa ke kesehatan masyarakat Unair, bisa ke biologi adi buana, biologi universitas terbuka.

    Lulusan analis kesehatan dan analis medis gak pernah nabrak, malah kami saling diskusi di bidang pekerjaan. tapi ada pekerjaan yang memang hanya diperuntukkan analis medis yaitu analis laborat patologi anatomi karena memang mata pelajaran Patologi Anatomi hanya ada di analis medis.

    BalasHapus
  29. ass.. kak persyaratan untuk daftar analis medis harus dari smk analis kah?soalnya saya dari smk keperawatan...

    BalasHapus
  30. Apakah ada ketentuan batas minimal tinggi badan di analis medis?

    BalasHapus
  31. @leni marbetha: enggak kok dek, sma umum pun bisa masuk asal lulus uji masuknya..

    @febrianti firda: tidak ada batas minimal tinggi asal tidak buta warna dan tidak tuli kok..

    BalasHapus
  32. @leni marbetha: enggak kok dek, sma umum pun bisa masuk asal lulus uji masuknya..

    @febrianti firda: tidak ada batas minimal tinggi asal tidak buta warna dan tidak tuli kok..

    BalasHapus
  33. Apakah di analis medis unair pelajaran Kimia lebih dominan? Tolong dong infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analis Medis itu terapan dr beberapa disiplin ilmu sih.. menurutku 50% ilmu Kedokteran Laboraorium, 25% ilmu kimia, 20% biologi dan 5% nya ilmu penunjang seperti ilmu kesehatan masyarakat dan sosial humaniora 😅 mata kuliah utamanya (krn lebih sering kepakai pas kerja) itu Mikrobiologi, Kimia Klinik, Hematologi, Parasitologi, Imunologi, Patologi Anatomi, Toksikologi, dan Virologi

      Hapus
    2. Analis Medis itu terapan dr beberapa disiplin ilmu sih.. menurutku 50% ilmu Kedokteran Laboraorium, 25% ilmu kimia, 20% biologi dan 5% nya ilmu penunjang seperti ilmu kesehatan masyarakat dan sosial humaniora 😅 mata kuliah utamanya (krn lebih sering kepakai pas kerja) itu Mikrobiologi, Kimia Klinik, Hematologi, Parasitologi, Imunologi, Patologi Anatomi, Toksikologi, dan Virologi

      Hapus
    3. Hai kak Yolanda..makasi sudah membantu tambahin Infonya^^

      Hapus
  34. Hai kak, aku boleh minta Nama twitternya nggak, aku mau tnya2 lebih detail Nih soal Analis medis di unair... ☺

    BalasHapus
  35. assalamualikum Kak mau nanya nih, untuk Uks analis medis di unair ini setiap tahunnya beda atau tetap yaa??
    Terimakasih

    BalasHapus
  36. ka boleh minta emailnya? ingin tanya seputar analis medis lebih lanjut..

    BalasHapus
  37. Terima kasih mbak infonya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  38. @siti qomariyah : di analis medis ada kimia farmasi, kimia dasar sama kimia klinik. Kimia farmasi dan kimia dasar matkulnya hampir sama kayak jaman sma. Masih berhubungan dengan nama nama kimia ituu . Tapi gak dominan sih 2 matkul ini, karena cuma ada di 1 smester aja.
    Kalo yang kimia klinik ini matkulnya isinya tentang pemeriksaan pemeriksaan kimia ke darah dan beda banget sama yg di sma. Lebih banyak an kimia klinik yang dipelajari di kuliah analis medis..

    @ekabela : dek kalo tentang biaya kuliah, hehe maaf admin dulu kuliahnya dapet beasiswa bidikmisi jadi tidak tahu menahu tentang biaya kuliah. Info lebih lengkap bisa di liat di http://ppmb.unair.ac.id/web/site/d3
    Semoga membantu.

    @selvi : add aja id line nya kikos @resyalifiyanti (pakai @)

    BalasHapus
  39. @siti qomariyah : di analis medis ada kimia farmasi, kimia dasar sama kimia klinik. Kimia farmasi dan kimia dasar matkulnya hampir sama kayak jaman sma. Masih berhubungan dengan nama nama kimia ituu . Tapi gak dominan sih 2 matkul ini, karena cuma ada di 1 smester aja.
    Kalo yang kimia klinik ini matkulnya isinya tentang pemeriksaan pemeriksaan kimia ke darah dan beda banget sama yg di sma. Lebih banyak an kimia klinik yang dipelajari di kuliah analis medis..

    @ekabela : dek kalo tentang biaya kuliah, hehe maaf admin dulu kuliahnya dapet beasiswa bidikmisi jadi tidak tahu menahu tentang biaya kuliah. Info lebih lengkap bisa di liat di http://ppmb.unair.ac.id/web/site/d3
    Semoga membantu.

    @selvi : add aja id line nya kikos @resyalifiyanti (pakai @)

    BalasHapus
  40. kak mau nanya nihh kalau misalnya s1 analis medis itu bakal saama apa beda ya sama diploma? galau nih milih analis kesehatan apa medis. tapi bukan unair ini disekolah tinggi bhakti asih bandung. saraan nyaa yaa ka soalnya galauuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf yaa..
      admin belum bisa ngasih perbedaan antara d3 nalis medis dengan s1 analis kesehatan , karena admin belum ada temen dari anak s1 analis kesehatan bandung jadi belum bisa sharing pengalaman. mohon maaf

      Hapus
  41. Kak mau tanya dong, kalau di unair, untuk masuk analisis media itu, harus tes kesehatan dulu ta?. Kalau iya,itu melewati apa aja


    Terus kalau langsung ambil s1 bisa nggak kak?

    BalasHapus
  42. Kak mau tanya dong, kalau di unair, untuk masuk analisis media itu, harus tes kesehatan dulu ta?. Kalau iya,itu melewati apa aja


    Terus kalau langsung ambil s1 bisa nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru membalas..

      setelah dinyatakan lulus tes masuk diploma unair, akan diadakan tes kesehatan dari pihak unair yang meliputi tes buta warna dan tes pendengaran di rsud sutomo..

      unair belum membuka D4 untuk analis medis, baru ada D3 nya saja. kalo mau ambil langsung S1 ya ke S1 analis keshatan bandung..

      Hapus
  43. Kak aku mau tanya analis medis itu akreditas yg sebenernya b atau c soalny d ppmb ditulis b tp di websitenya c

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru membalas..

      akreditasi analis medis dari BAN-PT adalah C sedangkan dari LAM-PTKes adalah B..

      sekian terima kasih

      Hapus
  44. Berarti analisis medis ini lebih cenderung ke ipa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru membalas..

      analis medis di ppmb unair dikelompokkan ke kelompok IPA..
      dan memang mata kuliahnya lebih cenderung ke IPA

      Hapus
  45. kak aku mau tanya, jalur masuk analis medis unair itu apa cuman lewat test ? kalau lewat nilai rapor ada apa enggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau admin kikos..

      jalur masuk analis medis hanya melalui program diploma yang dibagi menjadi 2 gelombang dan hanya melalui tes tulis dan tes wawancara. info lebih lanjut bisa dilihat di http://ppmb.unair.ac.id/web/site/d3

      tapi dulu admin masuk analis medis hanya melalui tes tulis saja, hehehe

      Hapus
  46. Assalamualaikum kak, mau nanya nih bidikmisi apa bisa dipakai untuk jalur diploma 3? Makasih

    BalasHapus
  47. Saya analis kesehatan lulusan September 2016. Semua mata kuliah yang admin sebutkan dipelajari di analis kesehatan. Prospek kerja kita juga sama, selain di bidang kesehatan analis kesehatan juga bisa kerja di industri karena kita belajar mikrobiologi. Belajar lingkungan hidup, toksikologi, kimia analitik dll. Dari biaya memang jauh lebih mahal analis kesehatan. Teman-teman saya tidak ada yang menganggur. Cepat dapat kerja. Malah sebelum wisuda sudah banyak yg bekerja. Organisasi kita sama patelki. Skrg analis kesehatan berubah nama jadi Ahli Teknologi Laboratorium Medik, kalau di US Medical Laboratory Scientist, ada juga Medical Laboratory Technology. Sebenarnya saya kurang tahu perbedaannya dimana, yg jelas yang disebutkan admin semua kami pelajari dan memang cepat kerja. Mungkin letaknya di umumnya itu. Kami hanya mempelajari mengenai lingkungan dll sedikit sisanya kebanyakan ttg manusia karena objek utama kami memang manusia.

    BalasHapus
  48. Untuk S1 analis kesehatan banyak pro kontra. Yang di Bandung katanya yang saya dengar kurang diakui maaf kalau ada yang tersinggung. Salah satu dosen besar saya yang juga anggot patelki bilang bahwa silit sekali S1 ankes di indonesia karena bertentangan dg dokter padahal sudah banyak upaya yg dilakukan. Kalau ambil S1 otomatis gak nisa jadi pemeriksa di lab karena harus D3 yg hampir semua praktek sdgkan s1 lbh ke teori. Kita praktek sehari bisa bbrapa mata kuliah. Yang saya rasa memang sangat capek ketambah jurnal laporan dll yang tiap hari bisa lbh dri satu mata kuliah, belum prakteknya sangat beresiko. Tapi memang ke kerjanya sangat cepat yg saya amati dari rekan2 saya dan senior2 saya.

    BalasHapus
  49. Kak, bisa dapat beasiswa bidikmisi gimana ya? Apa daftar setelah masuk unair? Karna sy pendaftar bidik misi jg. Tp dilaman bidik misi sy tdk ada pilihan kap dan pin untuk mendaftar d3. Mohon penjelasannya ya, terimakasih:)

    BalasHapus
  50. Kak peminat AM untuk taun lalu gmn ? Apakah dr taun ke taun selalu naik ?

    BalasHapus
  51. Kak peminat AM untuk taun lalu gmn ? Apakah dr taun ke taun selalu naik ?

    BalasHapus
  52. kak apa anak SMA ipa kalo masuk AM kesusahan dibanding SMK analis sebelumnya?

    BalasHapus
  53. Kalo analis medis apa juga ambil sample darah langsung ya ke pasiennya? Kira2 untuk sekarang ini peminat masuk AM unair sedikit gk ya?

    BalasHapus
  54. Haiii buat semua KIKOSer yang tanyaa.
    Maaf ini Reyko posting jawaban sellsella jadi 1 yaa.ehehehehe..

    @Mia nurtresna : terima Kasih ya sudah mampir di blog kami dan memberikan tanggapannya dari sisi analis kesehatannya :-)

    @Bella Ayu : dulu waktu sellsella jadi maba, bidikmisi baru ada di tahun 2010 (kalo gak salah, hehe). Jadi ya masih baru baru nya bidikmisi. Dulu memang dikasih tau nya kalo bidik misi hanya untuk S1. Karna keberuntungan belum berpihak pada sellsella makanya mulai dari jalur prestasi sampe snmptn sellsella gak lolos sama sekali. Waktu sellsella mau daftar buat diploma unair, sellsella ditelpon sama pihak unairnya (panjang critanya kok bisa sampe pihak unair tau kontak sellsella) kalo bidikmisi di unair masih kurang penerimanya makanya sellsella ada jaminan untuk sellsella keterima D3 ini pun masih bakal dapet bidikmisi. Tapi perjalanannya gak semudah yg dibayangkan kok dek untuk dapet beasiswa bidikmisi di D3 unair. Dan memang sepertinya hanya taun ku aja yg bisa sampe D3 yg dapet.

    @mei hidaningrum : admin kurang tau dek berapa persentase persisnya jumlah peminat untuk analis medis taun lalu. Tapi yg admin tau, analis medis peminatnya banyak peminatnya kok dari taun ke taun.

    @Angeline tirza : kesusahan apa enggak dari sma ipa ke analis medis? Kebetulan admin dulu SMA nya jurusan IPA kok dek sebelum masuk analis medis unair. Ditanya kesusahan apa enggak, secara pribadi admin jawab ia kesusahan. Karena pelajaran analis medis itu lebih ke hafalan ketimbang eksakta dan ditambah pula ada beberapa matkul yg pake bahasa latin makanya admin jawab kesusahan. Tapi kalo uda ada niat belajar, pasti bisa kok dilewatin. Lha adminnya aja bisa lulus 3tahun dan IPK nya kepala 3 kok (sombong sekali adminnya hehe)

    @Nilla aeyu : Ambil sampel darah langsung ke pasien?? Maksutnya plebotomi dek?? Kalo praktikumnya iya dek admin dulu saling sampling sama temen kuliah, waktu praktek di sutomo pun juga sampling ke pasien juga. Kalo di dunia kerja, ada beberapa instansi yg mengharuskan kalo plebotomist nya dari perawat atau bisa juga analis tapi yg sudah punya sertifikat plebotomi. Tapi ada juga kok instansi lain yg memang analis nya melakukan sampling dengan atau tanpa sertifikat plebotomi dek. Peminat analis medis unair banyak kok dek dari taun ke taun

    BalasHapus
  55. Kak analis medis unair satu" nya cara mendaftar harus ikut tes kah? Kalau mau ajukan bidikmisi apakah masih diterima?

    BalasHapus