Senin, 07 Januari 2013

Lolita "Cahaya Hidup-ku, Api Sulbi-ku"



yak... yak...
Epik kali ini datang lagi menyebar review'an film yaaa~
Film yang pingin Epik review hari ini adalah film yang diangkat dari novel berjudul sama sekaligus versi remake dari film dengan judul yang sama pula, yaitu Lolita (1997). Hahaha bingung? Jadi sebenernya Lolita adalah sebuah novel karangan Vladimir Nabokov dan sempat dibuat movie-nya tahun 1962. Kini di-remake lagi oleh Adrian Lyne dengan Dominique Swain sebagai pemeran Lolita. Nah… untuk bagaimana kisah dari film ini monggo dibaca ya~
Judul
Lolita
Genre
Drama Romantis
Tanggal Rilis
27 September 1997 (Italia)
Bahasa
Inggris
Sutradara
Adria Lyne
Durasi
137 Menit
Nama Pemain
Dominique Swain
Sebagai
Dolores Haze, Lolita
Jeremy Irons
Sebagai
Humbert Humbert
Melanie Griffith
Sebagai
Charlotte Haze
Frank Langella
Sebagai
Clare Quilty
Emma G. Malin
Sebagai
Annabel Leigh















Seperti didalam novel, film ini berkisah mengenai Humbert Humbert seorang pria Eropa yang tidak bisa melupakan cinta pertamanya dikala ia masih remaja dulu, Annabel. Namun sayangnya, Annabel meninggal diusia 14 tahun karena tipes.  Entah kematian Annabel membekukan cinta masa mudanya dan membuat Humbert terpaku terhadap sosok anak kecil dalam urusan cinta.

Annabel dan Humbert
Suatu hari Humbert diminta untuk pergi ke Amerika guna mengajar sebuah keluarga. Ketika sampai di Amerika, ternyata rumah keluarga yang harus ia ajar terbakar. Sambil menunggu kesempatan untuk bisa kembali lagi ke Eropa, Humbert diberi tumpangan tinggal (tapi mbayar lho!) di rumah seorang janda anak satu yaitu Charlotte Haze. Humbert terlihat enggan tinggal di rumah Nyonya Haze. Tapi begitu bertemu dengan Lo (Dolores Haze), anak gadis Nyonya Haze di taman belakang rumah, gejolak rasa tertarik tidak dapat dibendung Humbert. Ia pun akhirnya memutuskan tinggal di rumah Nyonya Haze untuk beberapa lama.
Humbert and his new Family
Rasa suka Humbert terhadap Lo kian hari kian bertambah. Ditambah lagi Lo sangat manja dan centil sering ngglibet (berada di sekitar Humbert). Namun keadaan menjadi rumit ketika Nyonya Haze menyatakan cintanya melalui sepucuk surat. Ia meminta Humbert untuk pergi dari rumahnya apabila Humbert tidak mencintainya atau menikahinya jika mencintainya. Humbert memilih menikahi Nyonya Haze demi bisa tetap tinggal di dekat Lo.
Lo yang Manja
Dominique Swain sangat baik sekali dalam memerankan Dolores Haze a.k.a Lolita yang saat itu berusia 12 tahun. Tentu saja saat  itu Dominique tidak berusia 12 tahun, ia berusia sekitar 17 tahun. Karena ngga mungkin sebuah film yang mengeksploitasi unsur seksual dapat melibatkan anak di bawah umur. Wajah Dominique saat itu masih menyiratkan unsur kekanak-kanakan yang masih pas untuk memerankan Dolores. Dominique pun bersikap profesional dalam berakting dengan Jeremy Irons yang saat itu usianya menginjak 49 tahun. Tak terkecuali adegan kissing dan manja-manja’an loh… (WOW)> (O___O)
Beberapa hal yang ada didalam novel namun ngga tercantum pada film adalah kisah bahwa Humbert pernah menikah, lalu kebiasaan Humbert yang kelihatan mesum ketika melihat anak gadis yang masih kecil, juga Humbert yang mencuri uang Lolita secara diam-diam.
Meskipun banyak unsur cerita yang berbeda dari novelnya tapi sejauh ini menurut Epik film ini cukup baik kok. Casting pemerannya bagus, lebih menarik dan tampan atau cantik dari apa yang Epik bayangkan. Sedangkan Epik membayangkan Lolita sebagai gadis usia 12 tahun yang super iseng, imut, dan kadang centil. Menurut Epik tokoh Lolita-nya sudah mendekati sempurna. Mulai dari sikap genit dan kadang menyebalkan. Epik membayangkan si Humbert itu pria hampir botak dengan kaca mata kedodoran yang tebal. Nyatanya di dalam film tokoh Humbertnya terhitung tampan. Tapi menurut Epik si Humbert versi film ini kurang sakit jiwa dan kurang disgusting. Soalnya di dalam novel (karena sudut pandangnya dari Humbert) jadi setiap detil dari yang dipikirkan Humbert tertuang dalam novel tersebut dan sayangnyq tidak tertuang sempurna didalam film. Juga si Humbert kalau tidak salah berasal dari Inggris atau Perancis gitu, tapi di film ini logat Eropa-nya ngga dapet.
Over all ni film bagus banget!. Tapi bukan film buat anak-anak loh… Karena banyak adegan ciuman dan ada juga adegan 18+. Untuk KIKOSer Jangan lupa nonton film ini ya~

Referensi:
-http://www.imdb.com/title/tt0119558/
- http://www.tumblr.com/tagged/dominique+swain
-google.com (untuk gambar-gambarnya)

Jangan lupa baca juga postingan tentang novel-nya Lolita (klik disini) ya~

Nih Epik kasih cuplikan film-nya:

Dancing Lo:

 Lolita si anak usil:



Behind the Scene:



1 komentar:

  1. sist minta sub indo film ini please....kirim k winglessangela@gmail.com :)

    BalasHapus