Rabu, 16 Januari 2013

IPK: Serba-Serbi Riau



 Ayooo Merapat KIKOSer yang pengen Keliling Indonesia!!!!
Seperti Biasa  Reyko dateng dengan IPK
(Yang belum tau singkatannya apa Kepo’in KIKOS lebih sering). 
Kali ini kita jalan2 Ke Riau.
Cemilan and Koper uda siap??
Keyy…langsung Ke Riau

Melayu merupakan penduduk asli di propisi Riau. Di antara keseluruhan penduduk asli Riau, ada orang Melayu Riau yang menyebar hampir seluruh wilayah Riau. KIKOSer, hobi rantau gitu laahhh
Pola perkampungan di sini pada umumnya berada di sepanjang aliran sungai atau piggir jalan desa. Prinsip keturunan orang Melayu Riau cenderung bersifat bilateral dan menarik garis keturunan secara patrilineal (Garis keturunan laki-laki). Adat menetap sesudah menikah menentukan bahwa pasangan suami-istri dapat menumpang di kediaman kerabat istri sampai membangun rumah sendiri.

Ciri khas budaya Riau
Orang Melayu Riau menyenangi keindahan bahasa, seperti pantun, peribahasa, dan kesenian bahsa lainnya. Adanya pantun adat contohnya member pedoman dalam tata pemerintahan. Kemudian ada mantra untuk menyembuhkan penyakit atau tolak bala. Lalu ada Ratib Sonan untuk mengusir setan pembawa wabah penyakit. Walaupun sebagian besar penduduk beragama islam, mereka tetap menjalankan berbagai kebudayaan dari leluhur dan melestarikannya KIKOSer.
Nilai budaya yang menonjol
Adanya upacara Bakar Tongkong, ini merupakan wisata budaya yang merupakan upacara tradisional masyarakat Tionghoa di ibukota kabupaten Rokan Hilir. Ini merupakan kisah pelayaran masyarakat keturunan Tionghoa yang melarikan diri dari penguasa Siam dan untuk menghormati dan mensyukuri kemakmuran dan keselamatan yang mereka peroleh dari hasil laut sebagai mata pencaharian utama masyarakat Tionghoa.

Ini Gambar2 keindahan Riau:
Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Putih 

Sekian Darii Reyko..
PS:  berhubung ini sebenernya “sisa” tugas..jadi bahasanya rada baku-geje gituu yaa,mohon dimaklumi. IPK mengenai INDONESIA bisa baca juga Serba-Serbi FloresSerba-Serbi TORAJA


Sumber:

Google. 2011. ‘Riau’. http://www.wikipedia.com, diakses tgl. 1 Desember 2011
              .2013.“KeindahanRiau.http://www.riaudailyphoto.com/2012/01/eksotisme-gunung-djadi-gunung-pertama.html, diakses 6/1/2013.
             .2013. http://pekanbaru.tribunnews.com. diakses pada  16/01/2013
Melalatoa, M. Junus.1995. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar