Selasa, 23 Oktober 2012

Serba-Serbi Flores



    IPK~~~Yaaa kemarin sudah bahas Toraja, kali ini giliran Flores. Biar KIKOSer semakin mengenal budaya Indonesia. Key...langsung liputannya.


Flores
           
      Flores merupakan nama pulau yang merupakan pulau terbesar ke-2 di kawasan pulau-pulau Nusa Tenggara Timur. Flores yang dalam bahasa Portugis berarti bunga merupakan pulau yang indah. Suku bangsa Flores merupakan percampuran etnis Melayu, Melanesia, dan Portugis.
            Ciri khas budaya
          Orang Halmahera tinggal secara menyebar di beberapa tempat. Adat perkawian bisa dikatakan cukup unik karena wanita yang akan menikah terlebih dahulu harus dipinag atau wanita dihargai sebagai mas kawin. Mas kawin(mahar) berupa babi dan gading gajah. Katanya Mbak Kos a.k.a informan Reyko sih 2 benda ini udah mewahhh N mahal banget KIKOSer. Gading gajah diturunkan secara turun temurun, dan tidak diperkenankan bagi pria mengganti mahar gading gajah dengan uang kepada wanita. Selain itu ada pulau komodo yang merupakan kekhasan dari Flores, di pulau komodo ini hewan komodo dapat kita temui dengan mudah karena berkeliaran di manapun dan ini membantu dunia dalam melestariakan hewan komodo yang sudah hampir punah. Tapi buat KIKOSer yang mau ke pulau komodo harus hati-hati yaa karena memang komodonya masih liar dan ada di mana-mana>_<
            Nilai budaya yang menonjol
         Orang Flores memiliki kebiasaan berburu ikan paus di laut. Orang Flores biasa berburu ikan paus dengan peralatan yang sangat sederhana yaitu dengan tombak. Cara memburunya seorang laki-laki harus terjun langsung ke laut untuk menancapkan tombak di badan paus. Perburuan ikan paus ini terjadi dua kali dalam setahun. Dan ini membuktikan betapa berani dan kokohnya orang Flores dalam bekerja namun tetap memperhatikan kelestarian alam dan habitat laut.


Sekian dari Reyko~~Semoga bermanfaat
Perhatian: Ini merupakan tugas pribadi yang uda aq “Ubek2” sana sini

Sumber:
Google. 2011. ‘Flores’. http://www.wikipedia.com, diakses tgl. 1 Desember 2011

Melalatoa, M. Junus. 1995. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar