Selasa, 02 Oktober 2012

Hepatitis B (VHB)


 Yak inilah saatnya admin ngulas penyakit tentang virus sesuai janji sebelumnya. Kali ini tentang hepatitis B dan akan dibahas sampe akar-akarnya. yuk marik.
Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), anggota family Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun
Virus hepatitis B adalah virus DNA yang memiliki virion berupa partikel dane, virus ini ditularkan melalui transfusi, jarum suntik atau peralatan dialysis. Kemungkinan juga virus hepatitis B dapat ditularkan melalui udara atau juga melalui infeksi genital (penularan perseksual). 

Bagian tengah partikel dane dibentuk oleh inti hepatosit, sedangkan partikel tengah permukaan yang lebih kecil dihasilkan dalam sitoplasma.
Virus ini memiliki DNA yang sebagian berupa untaian tunggal (single stranded DNA) dan DNA polymerase endogen yang berfungsi menghasilkan DNA untaian ganda (double stranded DNA, dsDNA). Virion lengkap VHB terdiri atas suatu struktur berlapis ganda dengan diameter keseluruhan 42 nm. Bagian inti sebelah dalam (inner core) yang berdiameter 28 nm dan dilapisi selaput (envelope) yang tebalnya 7 nm mengandung dsDNA dengan berat molekul 1.6x106. Bagian envelop yang mengelilingi core terdiri atas kompleks dengan sifat biokimia heterogen, bagian ini mempunyai sifat antigen berbeda dengan antigen core (HBcAg) dan disebut antigen permukaan hepatitis B surface antigen (HBsAg). Selain kedua jenis antigen di atas, antigen lain yang diketahui adalah HBeAg yang merupakan bagian integral dari kapsid virion VHB. HBeAg dapat beredar bebas dalam darah atau membentuk kompleks dengan IgG. 
Ilustrasi Gak Jelas huahaha (=__=)V
VHB resisten terhadap keadaan-keadaan yag menginaktifkan kebanyakan virus dan bakteri, masih bertahan hidup pada penyimpanan dengan suhu 600C selama 4 jam, pada suhu kamar selama 6 bulan, atau selama 41/2 tahun pada suhu -10 sampai -200C. VHB diinaktifkan dengan disimpan pada suhu 600C selama 10 jam atau dididihkan. VHB  adalah resisten-fenol tetapi diinaktifkan oleh khlorin (10.000 ppm selama 10 menit) atau formalin dan oleh panas atau serilisasi uap. 


Baca juga postingan mengenai:
-Gejala Penderita Hepatitis B
-Manifestasi Klinis Hepatitis B

makasih :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar