Selasa, 30 Oktober 2012

WINK: Cara Merawat Pakaian Agar Awet


Selamat Siang KIKOSer...sekarang WINK (Waktu INfo KIKOSer)!!!!
Pakaian merupakan hal penting buat manusia yaa KIKOSer
Tetapi terkadang kita nggak tau bagaimana harus “memperlakukan” dan merawat pakaian kita dengan benar.
Apalagi yang anak Kos,
Kadang kita lebih sering nge-laundry atau cuci sendiri di kos tanpa memperhatiin gimana merawat pakaian kita.
Kali ini Reyko mau kasih tips seputar pakaian, dari cara perawatan dan pemakaian pakaian baru.

A.   Memperlakukan Pakaian Baru
Nah KIKOSer pasti seneng kan punya baju baru. Tapi apa KIKOSer tau gimana cara penggunaan pertamanya??. Nah Reyko kasi tipsnya nie:
1.     JANGAN langsung memakai baju/pakaian baru SEBELUM MENCUCINYA. Kenapa? Karena saat pembuatan pakaian para pembuat menggunkan obat-obatan kimia (Ex: pewarna tekstil), ini biasa digunakan agar warna baju lebih kinclong KIKOSer. Jadi kalau KIKOSer nyium bau kayak minyak-minyak gitu pada baju baru, itu merupakan aroma dari obat-obat kimia yang dipakai. Jika baju baru tidak dicuci dulu bisa berdampak buruk bagi kesehatan juga loo, seperti infeksi kulit (Apalagi yang kulitnya sensitive), batuk, radang pada mata.
2.     Waktu awal mencuci baju baru JANGAN mencampurnya dengan baju lama terutama baju berwarna putih atau terang. Karena baju baru cenderung luntur apabila pertama di cuci. Jadi buat jaga-jaga baju lama kelunturan mending di pisah aja KIKOSer. Dan hindari merendam terlalu lama. Kalau Bapak Aq biasanya akan mencuci baju baru dengan air hangat atau merendamnya dengan air panas terlebih dahulu.
B. Merawat Pakaian Lama
     Buat pakaian lama perawatannya susah-susah gampang sih. Lebih baik cucilah pakaian dengan tangan, kalau pakai mesin cuci sih nggak papa. Tapi KIKOSer harus tau mana pakaian yang bisa dicuci di mesin atau tidak. Biasanya ada keterangan di leher pakaian.

Berikut Tips mencuci dengan memperhatikan label pada pakaian:
1.     Temperatur

-Kalau nggak ada tanda bertuliskan temperatur, itu artinya KIKOSer bebas mencuci dengan cara apapun di bawah suhu 40 derajat celcius.
-Tapi kalau KIKOSer menemukan ada tanda di bawah tulisan temperatur pada pakaian, itu artinya KIKOSer butuh perlakuan khusus untuk bahan sintetik pakaian kamu.
-Kalau KIKOSer menemukan dua tanda di bawah tulisan temperatur, itu artinya pakaian butuh perlakuan wool-wash, yang gak bisa dicuci d sembarang mesin cuci. Mungkin hanya mesin cuci yang berteknologi tinggi. Sekarang sudah banyak mesin cuci yang aman buat pakaian jadi pilih mesin cuci yang bijak yaa.
            2. Mencuci Dengan Tangan
     Kalau ini gampang KIKOSer, ada gambar tangan gitu. Ini artinya pakaian harus dicuci dengan tangan. Jadi jangan coba-coba KIKOSer nyucinya di mesin cuci.
3.Mengeringkan

-Kalau KIKOSer menemukan gambar sebuah kotak dengan lingkaran di dalamnya, itu merupkan panduan untuk mengeringkan pakaian.
-Bila terdapat satu titik di dalam gambar, itu artinya pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah.
-Bila terdapat dua titik, itu artinya pakaian bisa dikeringkan mengguakan suhu tinggi.
-Tapi kalau ada tanda silang pada logo, itu artinya pakaian KIKOSer gak boleh dikeringkan menggunakan mesin.
4. Dry cleaning

Dry cleaning merupakan cara untuk menghilangkan noda yang membandel seperti cat, atau bahan lain yang tumpah dan menempel pada pakaian. Caranya bisa menggunakan sedikit air atau tanpa bantuan air sama sekali. Sekalipun ampuh, metode dry cleaning ini bisa membuat pakaian KIKOSer mengerut atau memudarkan warnanya. Karena itu, KIKOSer harus perhatikan label di pakaian.
Kalau KIKOSer melihat gambar lingkaran di label pakaian, itu artinya pakaian kamu bisa dicuci dengan metode dry cleaning. Namun, jika tanda yang bergambar lingkaran yang dicoret, itu tandanya pakaian kamu gak bisa menggunakan metode ini. Jika kamu menemukan logo P/W/F di dalam lingkaran, itu artinya dry cleaning harus dilakukan oleh professional nggak boleh asal KIKOSer.

            Nah setelah cara mencuci sekarang giliran menyetrika KIKOSer. Berikut tips menyetrika pakaian agar awet:

1.     Lindungi Kancing/pengait pakaian
Jadi waktu KIKOSer menyetrika baju lebih baik buka dulu kancing bajunya atau resleting bisa ditutup, jangan langsung disetrika gitu. Karena itu bisa membuat kancing atau pengait plastic meleleh/retak.
2.     Memperbaiki kain bernoda/gosong.
Kalau KIKOSer pengen mengurangi efek mengkilat/noda karena tekanan setrika yang terlalu panas, KIKOSer bisa meletakkan kain pelapis yang sudah dibasahi di atas bagian pakaian yang mengkilat lalu tekan setrika sampai kain hampir kering.
3.     Memakai papan strika
Untuk tipe setrika lama/nggak beruap, lebih baik KIKOSer menggunakan papan setrika yang berlapis kain (berbahan Teflon/silicon) halus. Tapi kalau setrika KIKOSer beruap, gunakan pelapis dari bahan katun.
4.     Memperlakukan pakaian yang telah disetrika
Setelah disetrika biarkan pakaian tergantung selama ±5-30 menit sebelum digunakan atau dilipat dan disimpan dilemari.
5.     label pada pakaian

Sebelum menyetrika perhatikan label pada pakaian, apakah pakaian boleh disetrika atau tidak. Terutama untuk pakaian yang berbahan Beludru, rajutan, tirai, kelambu, pelapis duvet, dasi sutra, bahan campuran spandex (ini cukup di steam)
-Kalau KIKOSer menemukan gambar setrika pada label pakaian, itu artinya cara penyetrikaan untuk pakaian.
-Bila menemukan gambar setrika dengan satu titik, itu artinya pakaian harus disetrika menggunakan suhu yang rendah.
-Gambar setrika dengan dua titik, itu artinya pakaian kamu bisa kamu setrika menggunakan suhu sedang.
-Gambar setrika dengan tiga titik, itu artinya pakaian kamu bisa disetrika dengan menggunakan suhu tinggi.

Sekian WINK dan tips dari Reyko semogaa bermanfaat!!!

Referensi:
3Menit Belajar Pengetahuan Umum. Oleh Kim Seok-Ho/ Kim Seok-Cheon.
Femina No.42/XL.27 Oktober- 2 November 2012/Tips Seputar MENYETRIKA Pakaian/




8 komentar: