Selasa, 18 Desember 2012

Rumah Jepang: Rumah Modern dan Apartemen Jepang



Selamat Siang... Konnichiwa...  こんにちわ...
Apa kabar KIKOSer? wah pasti lagi persiapan UAS ya? Atau sekarang malah lagi masuk minggu tenang ujian? Udah... udah... jangan galau ya KIKOSer! Serahin semua pada Allah S.W.T ajah (tapi jangan lupa belajar loh ya~)... Nah dari pada galau-galau'an ngga jelas, mending sekarang baca info dari Epik aja ya~

Info Epik kali ini adalah lanjutan dari info mengenai rumah Jepang yang udah Epik tulis sebelumnya. Sebelumnya Epik menulis mengenai rumah Jepang yang Tradisional, sekarang giliran rumah modern dan apartemen yang ada di Jepang... tanpa buang-buang waktu lagi, yuk langsung aja baca info dari Epik...

Rumah modern dan Apartemen Jepang sebetulnya memiliki komposisi yang hampir sama dengan rumah modern dan Apartemen pada umumnya. Yang membedakan adalah rumah modern dan apartemen Jepang tetap memiliki Genkan, kamar mandi dengan bak untuk berendam, dan kadang beberapa rumah memiliki washitsu. Bahkan terkadang ada apartemen yang hanya memiliki 1 ruang kecil washitsu sebagai ruang utama.

Bahan baku rumah modern Jepang biasanya dari beton atau dinding tembok dan biasanya memiliki 2 lantai (tingkat). Atapnya pun terbuat dari tanah liat atau genting. Sedangkan bahan baku apartemen rata-rata gabungan kayu dan tembok biasa atau beton. Tapi sebenernya konsep apartemen Jepang berbeda dengan apartemen di Indonesia. Apartemen Jepang cenderung biasa saja dan murah. Berbeda dengan apartemen Indonesia yang memiliki kesan mewah, ekslusif, dan megah. Konsep apartemen Indonesia lebih mirip dengan bangunan mansion di Jepang. Karena Mansion lebih kuat dan mewah dibanding apartemen.
Back to rumah modern dan apartemen Jepang juga memiliki beberapa ruang utama, yaitu:
1.     Genkan (玄関)
2.    Kamar tidur (部屋)
3.    Ruang Keluarga
4.    Dapur/ Daidokoro (台所)
5.    Toilet (トイレ)
6.    Kamar Mandi

-Genkan
Genkan rumah modern Jepang kurang lebih hampir sama fungsinya seperti pada rumah tradisional. Juga memiliki getabako dimana sepatu atau sandal luar harus dilepas dan diganti sandal khusus rumah. Apartemen juga punya genkan, namun bisanya ukurannya sangat sempit karena ruangan yang terbatas.
Genkan Rumah Modern Jepang
Genkan Apartemen Jepang
-Kamar Tidur
Kamar tidur pada beberapa rumah modern tidak menggunakan futon, melainkan sudah menggunakan springbed. Ada juga yang menggunakan AC (Air Conditioner) untuk mendinginkan ruang. Ingat rumah Shizuka dan Suneo dari anime Doraemon kan? Nah kamar mereka termasuk kamar modern karena sudah memakai bed dan bukan futon. Untuk tempat tidur apartemen sendiri ada yang sudah pakai bed (jika apatemennya modern) tapi juga ada yang pakai futon. Bisanya apartemen murah tidurnya masih menggunakan futon karena ruangan tidurnya berupa tatami. Ruang tidurnya kadang multifungsi sebagai ruang menonton tv (living room) dan menjadi ruang makan.
Kamar dengan Bed
-Ruang Keluarga
Ruang keluarga ini biasanya berbentuk washiki. Di dalam ruangan ini umumnya terdapat televisi, kotatsu, dan beberapa lemari kecil untuk menyimpan barang. Di kala malam hari, satu keluarga akan menghabiskan waktu mereka bersama menonton televisi dan makan malam di ruangan ini. Untuk apartemen yang modern dan agak mahal ruangan ini tentu saja tersedia berbeda dengan apartemen murah yang ruang keluarga-nya digabung dengan ruang tidur.
Ruang Keluarga
-Dapur/ Daidokoro (台所)
Rumah modern Jepang memiliki dapur yang bersih dan bagus. Didalam dapur terdapat meja makan, kulkas, beberapa buffet / lemari gantung, dan tempat mencuci piring. Meja makan biasanya digunakan untuk sarapan saja sedangkan untuk makan siang di lakukan di kantor atau sekolah dan makan malam biasanya dilakukan diruang keluarga. Ibu setiap pagi menyediakan sarapan biasanya berupa roti isi dan menyiapkan bekal untuk ayah dan anak-anaknya makan siang nanti.

Apartemen juga punya dapur. Namun dapurnya kecil sekali. Apartemen yang bagus tentu saja dapat memiliki meja makan, namun apartemen murah hanya memiliki meja kecil di lantai tatami sebagai meja makan.

-Toilet (トイレ)
Biasanya toilet dan kamar mandi di Jepang letaknya terpisah. Jadi kamar mandi (untuk mandi) tidak menjadi satu dengan toilet (untuk buang air). Toilet di rumah modern Jepang umumnya berupa toilet duduk, namun ada beberapa rumah yang masih menggunakan washiki. Sebelum masuk kamar mandi, harus melepas sandal rumah dan menggantinya dengan sandal khusus ke toilet. Umumnya toilet ini toilet kering jadi lantai toilet tidak basah, kadang ada lantai toilet yang beralaskan semacam karpet atau keset.
(kiri) toilet washiki dan toilet duduk
Di sisi samping toilet ada tombol-tombol. Tombol-tombol tersebut memiliki berbagai fungsi seperti menyiram, menyemprotkan air untuk membersihkan kotoran setelah buang air besar, juga untuk menghangatkan dudukan toilet di musim dingin. Toilet Apartemen sama saja dengan toilet rumah modern. Umumnya berupa toilet duduk.

Jadi teringat cerita Senpai (せんぱい: senior) Epik yang baru pulang dari Jepang. Dia bercerita kalau toilet Jepang emang punya banyak tombol-tombol. Selain itu pintunya otomatis. Jadi pengguna toilet ngga perlu nutup pintunya, tingga pencet tombol tutup pintu aja. Trus mereka (orang Jepang) kan hemat banget tuh, jadi lampu toilet dibuat pake sensor gerak. Kalau ngga ada gerakan di toilet maka  otomatis lampu akan mati. Keren kan KIKOSer :D

-Kamar Mandi
Orang Jepang masa kini terkenal senang sekali mandi berendam air hangat setelah pulang bekerja guna untuk melepas penat dan lelah. Maka dari itu tak heran rumah orang-orang Jepang kini wajib memiliki bak untuk berendam atau disebut juga ofuro (御風呂). Sebelum dan sesudah digunakan biasanya ofuro akan dikosongkan lalu di lap hingga bersih. Air hangat untuk berendam biasanya digunakan oleh seluruh keluarga dengan urutan laki-laki yang paling tua terlebih dahulu dan yang terakhir adalah ibu.
Ofuro~ (tapi kok kotor ya?)
Misal sebuah keluarga terdiri dari kakek, ayah, ibu, kakak perempuan, kakak laki-laki, lalu adik perempuan, maka urutan mandi adalah kakek, ayah, kakak laki-laki, kakak perempuan, adik perempuan, kemudian baru si ibu. Ibu bertugas mengisi dan menguras bak. Jika si adik belum cukup besar untuk mandi sendiri biasanya akan mandi bersama kakek, ibu, atau ayah (dan itu hal yang lumrah). Namun jika ada tamu yang menginap, tuan rumah akan mempersilahkan tamunya untuk memakai air untuk berendam terlebih dahulu baru kemudian anggota keluarga si tuan rumah.
Sesuai urutan ya~
Tata cara menggunakan ofuro adalah pertama melepas pakaian kemudian membersihkan badan seperti mandi pada umumnya. Di sebelah ofuro tersedia shower, bak, dan kursi kecil (dingklik) untuk mandi. Setelah itu baru boleh masuk ke dalam ofuro. Berendam dalam ofuro tidak boleh terlalu lama. Karena terlalu lama berendam dapat membuat kepala pening karena tubuh mengalami dehidrasi.
Alat mandi
Untuk rumah-rumah biasa, air panas didapat dari kran air panas yang dipanaskan dengan heater. Namun rumah-rumah yang sangat modern dan beberapa apartemen mewah sudah menggunakan alat canggih untuk memanaskan air. Jadi tidak ada kran melainkan penyaring air panas yang otomatis.
dari bulatan di bak itu nanti keluar air panasnya~
Nah, untuk mengatur temperatur air terdapat panel elektrik di dinding. Setelah mengatur panel tersebut air panas akan otomatis keluar dari penyaring air. Kemudian sambil menunggu bak air terisi, bak ditutup dengan penutup khusus. Saat air penuh akan ada nada dan suara wanita yang mengatakan bahwa air panasnya sudah siap.
Panel Elektrik di dinding
Tinggal memasukan garam mandi dengan berbagai aroma. Di atas bak terdapat penutup yang dapat di geser atau dilepas. Beberapa orang ada yang suka membaca novel atau majalah saat mandi, bertelepon, atau makan cemilan misal buah-buahan.
Contoh garam mandi
Nah jika air dalam bak dirasa tidak terlalu kotor tinggal ditutup saja untuk digunakan kembali. Kemudian jika ingin menggunakannya lagi tinggal mengatur temperatur untuk memanaskan air dalam bak. Kamar mandi yang canggih dapat diatur suhu ruangannya dengan menekan panel di dinding. Suhu ruangan kamar mandi dapat diubah menjadi dingin, panas, atau kering. Misal diluar sedang hujan menjemur pakaian dapat dilakukan di dalam kamar mandi, tinggal menyalakan suhu kamar mandi menjadi kering (dry) maka esok pagi baju akan kering dengan sendirinya.
Bathtub yang udah dikasih garam mandi beraroma
 Kamar mandi apartemen agak mahal tentu saja memiliki ofuro dan shower tetapi apartemen murah hanya memiliki shower saja karena keterbatasan fasilitas dan tempat.

N.B:
Diambil dari tugas presentasi mata kuliah Nihon Jijo

referensi:
-http://www.id.emb-japan.go.jp/expljp_03.html
-http://www.as.ua.edu/nihongo/genkan.htm

-http://www.japanesebath.com/
-http://nanarabu.blogspot.com/2012/03/modern-japanese-ofuro-bath.html

dan masih banyak lagi :)

Yak bagaimana? Infonya cukup menarik kan???
hehehe… Semoga bermanfaat ya KIKOSer (^___^)V
jangan lupa juga baca info mengenai Rumah Tradisional Jepang (klik disini) ya...
bye~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar