Rabu, 11 Februari 2015

DIY Cara Membuat Jam Roulette



Selamat Siang KIKOSer… ^^
Halo KIKOSer~
Epik kapan hari iseng-iseng bikin jam berbentuk roulette nih… Habis nganggur banget neh… *sok nganggur*. Eh kebetulan bapak baru beli’in mesin jam titipannya Epik ya udah garap dah!. gimana cara buatnya? Yuk bikin sendiri!


Alat dan Bahan:
-1 potong Kertas karton tebel 2mm (harga ukuran 1,5x1,5 meter sekitar 5.000 rupiah)
-Mesin Jam (harga kurang lebih 7.000 rupiah)
-Cat air warna merah, hitam, hijau, dan coklat (sekotak sekitar 13.000 rupiah)
-secuil HVS
-Baterai ukuran sedang *baterai remote TV* (satu buah sekitar 1.500 rupiah)
-pita perekat
-Pensil
-Raffia/ benang kasur
-paku/ pines
-Stipo
-penggaris
-cutter
-gunting
-busur (kalau ada)

Cara membuat:
1.    Ikat pensil ke paku/ pines menggunakan raffia/ benang kasur. Fungsinya nanti adalah sebagai pengganti jangka. Panjang pines ke pensil sekitar 15 cm.
2.   Tancapkan pines ke kertas karton lalu buat pola lingkaran. (Bikin lingkaran menggunakan jangka ‘abal-abal’ gini emang susah jadi harap bersabar ya)
3.   Kemudian potong kertas sesuai pola. Pakai cutter/ gunting yang kuat ya~ Nanti jadinya kayak gini…
4.   Kemudian bolongin bagian tengahnya pakai cutter trus buat pola seperti roulette menggunakan penggaris dan pensil, kalau bisa pakai busur ya untuk menentukan sudutnya… Epik ngga pake busur jadinya miring-miring. Angka roulette itu ada 38 tapi Epik cuma bikin 36 hehehe akibat salah perhitungan.

 


Contoh pola roulette:
 5.   Kalau udah warnai pakai merah dan hitam di selang seling ya… jangan lupa ada warna ijonya juga lo. Bagian tengahnya bisa diwarnai coklat ya. Lalu tunggu kering.
6.   Kalau udah kering, tulis angka-angka roulette-nya pakai stipo. Jangan lupa roulette-nya dikasih detil ya… Detil lingkaran putih, lingkaran hitam, dan garis-garis coklat seperti di gambar itu lho.
 7.   Kalau sudah kering pasang mesin jam dibelakang ya. Rekatkan mesin ke roulette menggunakan lem UHU atau pita perekat.



8.   Jangan lupa bagian ujung jarum penunjuk menit dan jam diberi warna putih (pakai stipo) biar kelihatan jelas dari jauh.

 9.   Sedang bagian detiknya tempeli dengan secuil kertas hvs yang dibentuk lingkaran (nanti jadi bola roulette-nya). BTW, contoh digambar itu terlalu besar coba dikurangi sedikit deh agar kerja jarum detik bisa maksimal. Coba bikin dengan diameter 3 cm udah cukup kok :D
10.  Kalau sudah pasang kembali jarum detik, menit, dan jam ke mesin.
11.  Pasang baterai, dan FUALAH! Bisa gerak! Yeah!

Sipkan! Jadinya KIKOSer punya hiasan jam yang anti-mainstream kan…^^ Selamat mengasah kreativitas ya KIKOSer

2 komentar: