Jumat, 23 Agustus 2013

The Great Gatsby Novel “Seluk Beluk Kehidupan Sosial Orang-Orang Elit”

Selamat Sore KIKOSer…
Epik hari ini lagi-lagi akan mem-posting review’an novel. Nah KIKOSer pasti ngga asing dengan novel yang satu ini kan? Soal-nya novel ini emang udah difilmkan pake judul yang sama yaitu “The Great Gatsby”. Tahun 2013 ini kan rilis-nya??? Yang main ada Tobey Maguire (as Peter Parker in Spiderman), Leonardo Di Caprio (as Jack Dowson in Titanic), Isla Fisher (as Rebecca Bloomwood in Confession of Shopaholic), dan lain-lain. Cukup bertabur bintang…

Epik ngga sedang ingin membahas film-nya tapi novel-nya hohoho… Sejujurnya Epik masih ngga mudeng dengan cerita The Great Gatsby ini, jadi Epik bakalan MENCOBA menafsirkan maksud dari buku ini ya… Kalau salah Epik jangan dimarahi…
Dari pada lama, langsung baca ya~


Judul
The Great Gatsby
Penulis
F. Scott Fitzgerald
Genre
Novel Drama
Penerbit
Serambi
Jumlah Halaman
286
Tahun Terbit
Oktober 2010 (Cetakan pertama)

F. Scott Firzgerald
Novel The Great Gatsby bercerita mengenai seorang pria kaya bernama Nick Carraway yang baru menyewa sebuah rumah di daerah West Egg. Kebetulan saudara-nya yang bernama Daisy yang tinggal di seberang pulau bernama East Egg. Nick berkunjung ke rumah Daisy yang sudah menikah dengan bangsawan kaya bernama Tom Buchanan dan memiliki seorang bayi cantik berusia 2 tahun.

Daisy adalah sosok yang tak hanya cantik tetapi juga “cukup” baik, sedangkan Tom adalah sesosok pria yang gagah dan cukup tampan tapi sifat-nya keras juga sedikit sombong. Bukan hanya itu Tom juga kabarnya punya wanita simpanan. Nick sendiri sedikit mbatin bisa-bisanya Tom menyelingkuhi Daisy yang cantik dan menggoda sedangkan orang lain saja bakal jatuh cinta melihat Daisy.

Selain Tom, Daisy, anak mereka, dan beberapa pembantu, tinggal juga seorang atlet tenis wanita bernama Jordan yang merupakan sahabat Daisy. Jordan juga cantik tapi judes-nya minta ampun. Meski begitu Jordan menjadi sedikit akrab dengan Nick lantaran Nick bercerita bahwa ia tinggal di daerah West Egg. Salah seorang kenalan Jordan tinggal di daerah tersebut, namanya adalah Jay Gatsby. Tentu saja Nick mengenal Gatsby karena Gatsby adalah tetangga sebelah rumah-nya.

Dari Jordan, Nick mengetahui gosip-gosip yang beredar di lingkungan itu. Mulai dari desas-desus perselingkuhan Tom hingga mengenai gosip Jay Gatsby. Menurut sepengetahuan Nick, Gatsby adalah sosok yang hobi-nya ngada’in party-party di rumah mewah-nya. Padahal Gatsby belum tentu ikut berada di tengah pesta-nya sendiri. Gosip tentang Gatsby sendiri bermacam-macam dan yang paling parah Gatsby digosipkan pernah membunuh orang.

Suatu hari Nick diajak Tom ke sebuah bengkel. Tom berkata bahwa ia ingin memperkenalkan “gadis-nya". Nick sudah menduga bahwa Tom akan diperkenalkan dengan selingkuhan-nya Saat tiba di bengkel, Mereka disambut pemilik bengkel yang bernama Mr. Wilson, pria muram tanpa gairah hidup. Ternyata selingkuhan Tom adalah istri dari Mr. Wilson. Hubungan itu dijalin diam-diam tanpa sepengetahuan Mr. Wilson. Nick tak habis pikir, meski Mrs. Wilson mempunyai bentuk tubuh molek namun masih tidak bisa dibandingkan kecantikannya dengan Daisy. Apa-apa’an sih kumpulan orang-orang kaya ini! Apakah Nick juga akan terhanyut dalam buaian sosialita-sosialita yang penuh rahasia dan kebusukan itu?. Baca sendiri ya~

Sejujurnya… Epik ngga mudeng pas baca novel ini. Selain gaya bahasa-nya jadul dan agak mbulet, jalan cerita-nya itu agak susah dicerna. Epik ngga bilang novel ini jelek, tapi emang susah diartiin. Padahal kalau di resapi dalam-dalam justru dibalik cerita itu ada semacam petuah dan nasehat. Nasehat yang Epik dapatkan antara lain adalah yang nama-nya selingkuh itu ngga pernah ada yang berakhir bahagia.

Melihat sosok Nick yang awalnya termasuk orang baik dan mau ngga mau terseret dengan lingkungan West Egg dan East Egg, Epik jadi mikir ternyata ngga ada guna-nya berteman dengan orang-orang yang membawa pengaruh buruk untukmu. Trus melalui prasangka orang-orang mengenai Jay Gatsby bikin Epik sadar kalau yang nama-nya bergunjing itu emang enak dan ngga ada habis-nya tapi sayang-nya bergunjing tuh wasting time ditambah dosa lagi… Apalagi yang digunjing itu sebenernya innocent alias sama sekali ngga melakukan apa yang kita gunjingkan lha jatuhnya malah jadi fitnah…

Back to novel, sisi bagus-nya novel ini itu di halaman belakang-nya ada catatan berisi penjelasan lebih rinci mengenai berbagai hal di dalam novel. Trus, novel ini pakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan. Jadi si Nick ini yang menceritakan segala kejadian. Kalau merujuk pada judul, si Gatsby lah yang jadi bintang-nya maka dari itu kehidupan Nick sendiri kurang tersorot detil karena Epik rasa memang novel ini berusaha menonjolkan kehidupan sosial (yang katanya emang kayak gitu dijaman itu).

Nah… gimana? Epik saran’in sih mending KIKOSer baca sendiri ya novel-nya biar bisa menilai novel ini. Soal-nya kadang yang nge-review novel punya perbedaan selera, tingkat pemahaman, dan tingkat pengetahuan dengan pembaca lain. Kadang ada reviewer yang bilang suatu karya itu jelek tapi bisa aja orang lain bilang karya itu bagus. Jadi coba baca sendiri ya KIKOSer~

Makasih ya sudah baca review’an-nya Epik… bye~


For Your Information :
1.   Selain The Great Gatsby, novel F. Scott Firzgerald yang terkenal adalah Curious Case of Benjamin Button. Kebetulan novel itu juga udah difilmkan dengan judul yang sama dan diperankan oleh Brad Pitt sebagai pemeran utama-nya.



Special Thanks :
Buat Ko Wha (Tante kesayangan Epik) yang mau nraktir Epik belin novel :D


2 komentar:

  1. Terima kasih untuk inspirasinya. Salam kenal -- http://rybbani.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih Rizal... Salam kenal juga...
      InsyaAllah Epik dan admin-admin lain bakal main ke blog mu ya~

      jangan lupa sering mampir ke KIKOS juga~

      -Epik-

      Hapus

Welcome To KIKOS World

Foto Saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Hallo,Hello,Annyeong,Konnichiwa!! Welcome To KIKOS World

Share It