Jumat, 16 Agustus 2013

CERITA SERU DI KOTA ANGIN (Nganjuk)


Selamat sore KIKOSer,
Assalammua’alaikum

Maaf yaa Reyko jarang ngisi KIKOS (SiapaPeduliii~~)
Sekarang spesial pakek Ayam, Aq mau bahas kota Angin.
Hayoo wilayah mana yang di namain kota angin?? Ada KIKOSer yang tau? (LiatJudulnyaAjahhh)
Apa ini kota angin yang ada di Doraemon?
 Daripada penasaran langsung aja kita jalan-jalan ke Kota Angin.
          

               Nganjuk Jawa Timur. Yup, kota ini dinamain kota angin. Awalnya Aq juga nggak mudeng/nggak paham Nganjuk itu tempat yang gimana. Ceritanya Aq terdampar di sini karena magang, setelah pertama kali turun dari bus angin uda nyapa heboh banget.(TaburKembang7Rupa).


            Hari pertama di Nganjuk uda macem siksaan fisik yaa, secara Aq biasa hidup di  air, eh di iklim panas tiba2 kena udara Nganjuk yang dingin and berangin.

          Buat KIKOSer yang mau ke Nganjuk sebaiknya siapin baju-baju anget, tebel, atau pakek syal sekalian. Tapi yang betah ama udara dingin yaa pakai kaos aja cukup lahh.
          Nganjuk ini bisa Aq bilang kota yang tenang n nggak terlalu luas, terutama yang kotanya (deket Alun-alun) soalnya Aq tinggal di daerah sini. Deket banget ama mana-mana, dari toko baju, toko buku, toko kelontong, and toko2 yang lain. Kalau KIKOSer pernah ke Blitar, nahh..Nganjuk ini hampir sama kayak Blitar kota, mau apa-apa deket. Sayangnyaa buat yang hobi nge-mall/ anak Gawhull Mall, nggak ada Mall di Nganjuk. Adanya beberapa toko2, kalau Aq perhatiin toko baju itu lebih banyak daripada SPBU (NahhApaHubungannya).

Tapi nggak perlu khawatir kekurangan bahan sandang/pangan, cz kebutuhan lengkappp di sini.
          Walaupun nggak ada Mall, tapi ada museum yang bisa KIKOSer kunjungi. Museum Anjuk Ladang adalah museum yang cukup lama berdiri,

 tapi lokasinya agak terselubung gitu. museum ini nggak jauh dari terminal baru Nganjuk, posisinya juga di pinggir jalan (Lahh Napa Dibilang Terselubung??) emang di pinggir jalan sii, tapi ada pemisah jalanan gitu, and bangunan ketutupan pohon, teruss lokasi museum yang ada di daerah perkantoran. Ciyuss deh kalau nggak dikasi tau Reza (Temen Q) ini udah Aq kira bangunan Kantor pada umumnya. Ahahah. 
          Tapi Aq suka ma museum ini, walaupun nggak terlalu besar tapi koleksinya cukup banyak dan lokasinya terawat dengan baik. Taman dan arca-arca tampak tertata rapi, ada beberapa arca yang ditempatkan sepanjang pintu masuk sampai mengelilingi museum.




       




Di bagian depan museum terdapat dua kereta kuda yang dipamerkan, kereta kuda ini dipakai untuk kendaraan Bupati ketika ada kirab dirgahayu kota Nganjuk. Jam operasional museum mulai dari pukul 07.30 – 15.00 WIB, untuk masuk pengunjung tidak dikenakan biaya masuk KIKOSer, museum ini pun terbuka untuk umum setiap harinya.



          Selain museum ada juga monumen Dr. Soetomo yang letaknya di daerah Ngepeh, ternyata di bawah Monumen adalah tempat disimpannya ari-ari Dr.Soetomo KIKOSer. Di kawasan monumen ini ada juga museum kecil yang menyimpan alat-alat medis dan artikel-artikel mengenai Dr. Soetomo. Sayangnya museum tidak terlalu besar, dan tertutup. Waktu kesini aja Aq minta kuncennya buat bukain.
          Setelah puas ama wisata sejarah, sekarang ganti ke belanja-belanja. Di sini ada 1 toko yang sering Aq datengin, yaitu toko Prima. Tokonya sih sejenis kayak mini/supermart (?) and ngejual barang-barang keperluan pokok, kosmetik, and makanan. Kenapa Aq doyan kesini...soalnya...harganya miring, kalau di SBY itu kayak toko*disamarkan* SakinahMawadah gitu. Buat KIKOSer yang doyan belanja/jalan2 baru belanja, toko ini wajib dikunjungi deh.
          Kalau uda capek muter-muter, waktunya isi perut. Buat KIKOSer yang hobi jajan, ngemil, atau wisata kuliner nggak perlu takut buat nyobain makanan enak2 di Nganjuk cz rata-rata makanan di sini harganyaa terjangkau (Aq patokan ama harga di SBY yaakk), nanti di post/segmen yang lain Aq bakalan ulas tuntas makanan2 enaknya. So doa'in Aq nggak males nulis #PLAK.

        Key~~lanjut Aq mau ngasi info kendaraan/transportassi and sekalian curhat dikit KIKOSer. Waktu ke Nganjuk Aq naik bus *Disamarkan* Mirna (pakek AC) dari terminal Bungur (Sidoarjo). Lebih enak kalau KIKOSer naik dari terminal biar bisa dapet duduk soalnya. Ongkosnya 12rb kalau nggak salah, nahh kenapa bisa murah?? Soalnya kakak sepupu Aq bayarnya pakek KL a.k.a Kartu Langganan jadi harga lebih irit.
          Kalau mau jalan-jalan di kota Nganjuk Aq saranin naik becak motor aja, soalnya lebih enak and semilir. Ada juga bemo/bus mini, tapi nggak banyak and hanya ke tujuan-tujuan tertentu. Walaupun magang, kayaknya Aq hura-hura mulu yaa?? Ini soalnya ada jam istirahat and jam kantor yang sampai jam 3, jadi bisa jalan lagipula Nganjuk nggak terlalu luas, jadi puter-puter bentar cukup lah.
          Tiap minggu Aq nggak terkungkung/mbulet aja di Nganjuk, tapi jalan-jalan ke rumah Mbah di Saradan (Daerah mau ke Madiun). Kalau KIKOSer mau jalan-jalan ke Madiun, Yogya, Solo, atau Ponorogo juga bisa. Kita bisa naik bus dari Terminal Baru Nganjuk, tinggal pilih bus...langsung cuz deh. Aq sendiri kalau ke Saradan selalu nyoba bus yg beda, and yang paling pas itu naik bus *disamarkan* RestuPanda. Tarif dari Nganjuk-Saradan 3.500 aja, tanpa bonus tiket ke akhirat (nggak ugal-ugalan kayak bus kebanyakan), ada juga bus lain sihh tapii..harga RestuPanda lebih cocok ama kantong Aq. Waktu balik ke Sidoarjo buat mudik, Aq putusin naik travel sigma. Travel ini jurusan Madiun-Surabaya, travelnya nyaman, kaki juga bisa selonjoran, supir ramah and gak ugal-ugalan. Kalau ada KIKOSer yang rumahnya di sepanjang jalan Madiun-SBY, travel ini wajib di coba.
Yahh, di Nganjuk Aq dapet banyak pelajaran+plus pengalaman kerja lah. Untungnya Bagian tempat aq magang orangnya baik-baik. Selain itu tempat kos yang superr nyaman, rumah gaya jadul gitu. Makanan2 enak n murah bertebaran. Walaupun sempet pengen pulang, soalnya ngerasa kangen rumah, tapii akhirnya Aq Sanggupp selesai'in magangnya.ahaha
          Setelah magang ini, Aq mbolang lagi ke Blitar. (Kerumah Ko-Wha.bude Epik), uda terlanjur di Nganjuk kan sekalian aja gitu kan kemana-mana. Ahaha. Dari Nganjuk Aq naik bus mini yang tujuan Kediri-Blitar. Berhubung selama mbolang Aq sendirian nggak ada kejadian2 WOW sepanjang jalan cz Aq sibuk ngelamun/tidur. Kecuali ada fenomena aneh di sepanjang jalan Kediri, yaitu banyaknya penjual soto ayam, orang jual soto ayam uda kayak angkot2 di SBY ada di tiap sudut ada gitu.#Abaikan
          *Yaa kembali ke info yang benar*: Ongkos Nganjuk-Blitar 20rb, tau deh ini termasuk ongkos lebaran buat kenek n supir juga~soalnyaa mahal~~. Naik bus ini penuh kesabaran lahh, soalnya sering banget berhenti, tiap berhenti jugaa lama banget. Abis itu enak-enak ngelamun, Aq di suruh oper ke bus lain~~ Astagaa~~setelah pindah pun ternyata busnya uda rada penuh, untung aja dapet duduk. Pertama kalinya naik bus Nganjuk-Blitar rasanya nggak pengen ngulang lagi, enakan naik travel (Yaellhaa~DiTimpukGenteng~). Jalanan uda gelap and rada bimbang juga mau turun mana, akhirnya ngobrol deh ama kernet/kenek busnya (Ecieee) ~ini ngobrol, rundingan turun di mana gitu yaa. Untung aja uda di kasi pedoman ama Epik, ahhaa. Lah yang bikin sebel, ternyata kernet busnya malah asik android’tan...alhasill orangnya lupa Aq di turunin dimana. Walhasil Aq ke Bablabasan KIKOSer, turun dari bus uda jadi anak ilang-gak tentu arah, mau telfon Epik tapi Aq sendiri nggak tau lagi dimana soalnya nggak ada nama jalan yang keliatan. Untungnya ada bapak tukang becak yang ngebawa Aq kejalan yang benar. Rumah Epik.
Sekian dari Aq semogaa ada manfaatnya, baca ocehan panjang beginian. Ahahah.

PS: Kalau KIKOSer mbolang/pergi sendiri’an naik kendaraan umum pastikan nggak tidur terlalu lelap, sampek kebablasan atau malah nyasar.*CurhatCeritanya*, and kalau KIKOSer PKL, magang, KKN, Survei, atau kegiatan lain di luar kampus. tips dari Reyko. JANGAN DIANGGEP BEBAN, anggep aja liburan terselubung. walaupun Aq sendiri kadang susah nerimanya. tapi Sangupinn aja.

Tebar-tebar Foto:


Kamar Reyko di tempat kos



halam rumah kos, bisaa main sepak bola niee 


         


#ABAIKAN


sambang ke rumah Dr. Soetomo

Thanx To: (bisa di skip, cz bakalan panjang)
1. keluarga besar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kab. Nganjuk, Pak Pi dan Bu Lis. Terutama Bagian kebudayaa. Makasi buat Ibu Fatimah, Bu Kas, Mbak Dina, Mz Widodo, Pak Win, Pak Agung (yg pendek+yg tinggi), Pak Dar, and anak2 SMK yang lagi kerja lapangan.
2. Reza and Keluarga. Sudah ngebantu proses magang, makan, and keperluan-keperluan selama di Nganjuk. Maaf Aq ngerepotin (BANGET)
3. Tante Erni and Mbah, yang mau nampung Aq di rumahnya.Hehehe, rumah yang nyaman banget;
4. Epik and Ko Wha yang sekarang ngebolehin Aq liburan di Blitar. Makasii Epikk~~ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar