Selasa, 13 Agustus 2013

The Conjuring “Another Haunted House Movie, tema sama atmosfer beda”



Konnichiwa KIKOSer…
Setelah lebaran pun Epik bakal bagi-bagi info kok… Kapan hari Epik diajak saudara-saudara sepupu ke Kediri. Epik diajak nonton di bioskop… Karena hari itu pilihan film-nya antara The Conjuring atau Smurf 2, Mengingat Epik suka film horor jadi Epik milih The Conjuring aja…

Lagi pula pas lihat movie poster-nya The Conjuring, Epik jadi semakin penasaran soalnya ada tulisan “from the director of Saw and Insidius”. Kebetulan Epik udah pernah nonton kedua film itu dan tanggapan Epik terhadap kedua film itu adalah bagus. Terutama Saw…

Nah daripada lama-lama sekarang Epik mau nge-review film The Conjuring, jadi baca ya~

Judul
The Conjuring
Genre
Horor Thriller
Tanggal Rilis
19 Juli 2013 (Amerika Serikat)
Bahasa
Inggris
Sutradara
James Wan
Durasi
112 menit
Nama Pemain
Patrick Wilson
Sebagai
Ed Warren
Vera Farmiga
Sebagai
Lorraine Warren
Lili Taylor
Sebagai
Carolyn Perron
Ron Livingston
Sebagai
Roger Perron
Shanley Caswell
Sebagai
Andrea Perron
Hayley McFarland
Sebagai
Nancy Perron
Joey King
Sebagai
Christine Perron
Mackenzie Foy
Sebagai
Cindy Perron
Kyla Deaver
Sebagai
April Perron
Sterling Jerins
Sebagai
Judy Warren
Joseph Bishara
Sebagai
Bathsheba Sherman


Film Conjuring bercerita tentang sepasang suami istri yang bekerja di bidang supranatural, mereka adalah Ed dan Lorraine Warren. Di awal film diceritakan Ed dan Lorraine menanggani sebuah kasus boneka kerasukan. Ada dua orang perawat wanita dan seorang teman lelaki-nya yang menemui Ed dan Lorraine karena mereka terganggu dengan sebuah boneka porselen yang mirip dengan boneka ventriloquist. Awalnya perawat-perawat muda tadi mengalami gangguan roh halus dan mereka memanggil paranormal untuk mengajak roh tersebut berkomunikasi. Roh tadi mengaku bernama Annabelle dan ia merasa kesepian, ia hanya ingin memiliki sahabat. Annabelle meminta ijin agar ia bisa merasuki boneka porselen milik salah seorang perawat karena ia suka dengan boneka itu. Karena kedua perawat tadi merasa kasihan mereka mengijinkan Annabelle untuk masuk ke dalam boneka.
 
Annabelle Doll (ini cuma boneka versi film aja kok)
Sayangnya, Annabelle semaakin lama semakin bertingkah mengganggu. Sampai berbuat hal-hal yang mengerikan seperti tiba-tiba posisi tubuh-nya berubah atau tiba-tiba pindah tempat. Puncaknya mereka Annabelle mencorat-coret rumah dan meneninggaalkan kesan mengerikan, karena itu kedua perawat tadi membawa Annabelle ke Ed dan Lorraine.

Ed dan Lorraine mengatakan bahwa yang merasuki boneka tersebut bukanlah roh tetapi sesuatu yang lebih kuat dan lebih mengerikan yang sifatnya destruktif. Bahkan sosok roh anak kecil Annabelle tadi hanya kedok dari iblis. Iblis tersebut bukan ingin merasuki boneka tetapi sebenarnya ingin merasuki manusia. Karena itu Ed dan Lorraine menyita boneka Annabelle itu.

Scene pindah ke sebuah keluarga yang baru pindah ke rumah tua. Keluarga tersebut terdiri dari sepasang suami istri dan 5 orang anak perempuan. Pasangan Roger dan Carolyn Perron ini baru saja memulai hidup baru dengan membeli sebuah rumah tua yang luas. Mereka merasaa sangat senang dengan rumah baru-nya, semua senang kecuali anjing peliharaan mereka, Sadie, yang enggan masuk ke rumah.Disaat seluruh orang di rumah itu sibuk dengan membereskan rumah dan barang-barang, anak terkecil keluarga Parron, Cindy, malah asyik main di bawah pohon tua dekat danau. Cindy menemukan kotak musik berbentuk tenda sirkus yang masih bisa berfungsi jadi ia membawanya ke rumah.
 
Keluarga Perron
Esok paginya mereka mulai menjalani kehidupan baru di rumah baru, hanya saja mereka tidak sadar bahwa mereka mulai diganggu penghuni halus rumah tersebut. Carolyn bangun tidur dengan kaki sedikit lebam, ia mengira itu hanya karena ia kekurangan zat besi. Ia mencoba mengabaikan lebam tersebut dan menjalani pagi dengan biasa. Namun tak lama setelah Carolyn berkegiatan di dapur, ia mendengar anak-nya menjerit di luar rumah. Roger dan Carolyn segera keluar dan melihat anjing peliharaan mereka sudah mati.

Semakin hari semakin banyak hal aneh terjadi. Seperti bau busuk yang menyengat, lalu Christine yang merasa kaki-nya ditarik-tarik saat tidur, Suatu hari April mengajak ibu-nya bermain hide and clap(1) bersama. Nah si Carolyn jadi si pencari dan April yang bersembunyi. Saat Carolyn mencari April, ia masuk ke kamar anak tertua-nya, Andrea. Ia mendengar tepukan dari arah lemari. Namun ketika ia membuka mata April tidak ada disana, April justru muncul dari luar kamar Andrea dan mengatakan sama sekali tidak masuk kamar Andrea. Lalu siapa yang bertepuk tangan di dalam lemari?.
 
tangan siapa hayo?
Gangguan di rumah itu semakin parah. Foto-foto yang digantung di dinding sepanjang tangga tiba-tiba terlepas sendiri hingga hancur berantakan. Tubuh Carolyn semakin sering mengalami lebam-lebam. Perasaan seperti dilihati seseorang dan juga ada suara seseorang sliweran di rumah juga sering dialami keluarga Perron. Mereka sudah tidak tahan laagi hingga akhirnya meminta bantuan dari Ed dan Lorraine Warren untuk menyelidiki apa yang terjadi.

Lorraine dan Ed Warren

Segala dugaan Ed dan Lorraine mengarah pada adanya aktivitas iblis yang parah di rumah itu. Mereka bahkan setelah sedikit melakukan penyedikan, pasangan tersebut mendiskusikan pada keluarga Perron untuk melakukan eksorsis rumah tersebut. Namun sebelum melakukan eksorsis mereka harus mendapat ijin dari Vatikan. Karena itu mereka segera melakukan investigasi agar mendapat ijin Vatikan.

Ed dan Lorraine menemukan bahwa rumah keluarga Perron tersebut berdiri di atas tanah milik seseorang yang diduga penyihir bernama Bathsheba Sherman. Bathsheba menikah dengan orang kaya dan ketika ia melahirkan anak pertama-nya, ia melempar bayi-nya ke api sebagai tanda kesetiaannya kepada iblis. Ia mati gantung diri dan sebelum mati ia mengutuk siapapun yang mengambil tanah-nya. Jadi mampukan Ed dan Lorraine Warren mengusir arwah Bathsheba?. Bagaimana nasib keluarga Perron? Nonton sendiri ya KIKOSer~

Wih... The Conjuring ini menurut Epik bagus banget!. Ya mungkin tema-nya emang udah biasa misalnya aja tema besarnya tentang pengusiran roh (film-film macam The Exorcist juga mengangkat tema ini kan :P), trus trik-trik si hantu mengganggu juga udah biasa (kayak bau-bau busuk, bayangan-bayangan hitam, barang-barang pecah, dll), setting-nya di rumah berhantu atau di tanah yang dikutuk (Amityville House juga pake tema ini). Tema-nya udah mainstream banget kan?. Tapi tunggu dulu... Mungkin hal yang spesial dari filmber embel-embel "terinspirasi dari kisah nyata" adalah efek dan atmosfir horor-nya.

Tingkat serem-nya boleh juga lo! Lebih ke arah ngagetin. Bagi Epik yang paling serem dan misterius tuh pas ada anak kecil yang ikut main hide and clap. Ngagetin… Make up-nya bagus meski yang jadi hantu sebenernya ngga terlalu serem sih. Properti yang digunakan misal seperti boneka Annabelle, serem…

Mungkin kekurangan dari film ini tuh terlalu banyak lubang dari segi cerita. Contohnya di awal film itu ada 2 perawat yang diganggu boneka Annabelle tapi habis  gitu ngga dijelaskan lebih rinci apa yang dilakukan terhadap mereka. Trus ada scene si boneka Annabelle digerakan oleh Bathsheba, habis gitu udah ngga ada penjelasan lagi… Apa hubungan Bathsheba dan boneka Annabelle coba? Apa lagi di cover lain film ini ada gambar Bathsheba duduk di atas kursi goyang sambil membawa boneka Annabelle. Selain itu kisah-kisah korban Bathsheba yang tinggal sebelum keluarga Perron pindah juga ngga dijelasin secara gamblang. Jadi sebenernya masih banyak cerita yang bisa digali lebih dalam.
 
lha itu Annabelle noleh...
Overall, bagus kok… Epik kebetulan nonton sama sepupu-sepupu-nya Epik dan mereka bilang film ini bagus… Rating The Conjuring di web imdb.com juga bagus kok!. Epik saran’in nonton ya! (mumpung masih ada di bioskop)
 
Referensi:
- http://www.imdb.com/title/tt1457767/
-http://www.imdb.com/title/tt1457767/trivia?ref_=tt_trv_trv
-http://cdn.bloody-disgusting.com/wp-content/uploads/2013/06/4-the-conjuring.jpg

For Your Information:
1.    Ed dan Lorraine Warren yang asli menginvestigasi rumah keluarga Perron selama kurang lebih setahun dari tahun 1973-1974
2.   Boneka Annabelle yang asli sebenernya bukan boneka porselen yang mirip dengan boneka ventriloquist tetapi boneka kain perca
3.   Bathsheba Sherman memang dicurigai sebagai penyihir dan membunuh bayi, namun nama-nya secara legal sudah dibersihkan melalui jalur hukum dan dinyatakan tidak bersalah. Bathsheba yang asli sendiri meninggal tahun 1885 secara normal tidak gantung diri seperti yang ada di film.
4.   Di akhir cerita saat Lorraine mengatakan pada Ed bahwa mereka mendapat telpon dari Romo yang ingin berdiskusi mengenai sebuah kasus di Long Island. Nah kasus yang akan ditanggani itu maksudnya adalah kasus “Amityville House”. Rumah berhantu yang juga sudah dibuat film-nya. Tapi setting film itu tahun 1971 dan kasus Amityville House itu sendiri bari terjadi beberapa tahun setelah itu (sumber: Goofs).
5.   Sebelum bermain difilm ini, Patrick Wilson pernah bekerja sama dengan James Wan difilm Insidius ().
6.   Pemeran Cindy (Mackenzie Foy) pernah berperan jadi Renesmee Cullen di film Twilight Saga part 1 dan part 2 (2012) Sedang pemeran Christine (Joey King) pernah bermain jadi cameo dan pengisi suara di film Oz the Great and Powerfull (2012).

Penjelasan:
(1) Hide and Clap : sembunyi dan tepuk, semacam permainan petak umpet. Satu orang sebagai pencari dan sisa-nya bersembunyi. Tapi si pencari ini dikasih penutup mata dan disuru mencari lokasi teman-teman-nya. Si pencari boleh minta pemain yang lain bertepuk tangan sebanyak 3 kali untuk mempermudah pencarian.

Special Thanks:
Makasih buat Po Yan (adik dari nenek-nya Epik) yang udah nraktir Epik buat nonton… Makasih buat Ega, Djaya, dan Endy yang udah mau nemenin Epik nonton The Conjuring (padahal kayak-nya mereka lebih milih nonton Smurf 2). Makasih buat Tante Sri (mama-nya Ega dan Endy) yang udah ngajak Epik dan Ko Wha (tante kesayangan-nya Epik) buat jalan-jalan di Kediri… Thanks for all, guys :D

Epik kasih beberapa gambar ya… :D
Carolyn dan April lagi main Hide and Clap

Lorraine dan ruang penyimpanan (yg rambut merah itu boneka Annabelle Asli)
Lorraine dan Ed Warren asli





3 komentar:

  1. ahhh emang film ini bagus plus bikin deg2 an aq n SellSella nonton ini malem2 and baru pulang tengah malam,, malah bikin males kan Epik~_~. emang sii banyak yg kurang jelas,and setting2 gelap (yaelahh..film hantu juga). cuz nanti insidious 2 Epikkita nonton bareng2.
    PS: Efek embel2 ini film dari kisah nyata emang berhasil banget aq kepikiran ama 2 passangan ini (Ecieee)

    BalasHapus
  2. bagus buaanget film nya inimah harus nonton lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang bagus banget!
      makasih ya Davin udah mampir...

      sering main-main ke KIKOS ya~

      -Epik-

      Hapus