Kamis, 09 Mei 2013

Spirited Away “Petualangan Gadis Cilik di Pemandian Para Dewa ”



Yak Konnichiwa minna~
Epik ingin me-review sebuah anime Jepang yang menembus pasaran Amerika nih… Sampai membuat perusahaan animasi terkenal Amerika, Walt Disney Studio, tertarik. Dari pada lama-lama mending langsung aja bara review anime Spirited Away ya~ 
 
Judul

Spirited Away/ Sen to Chihiro no kamikakushi

Genre
Anime
Tanggal Rilis
20 Juli 2001 (Jepang)
Bahasa
Jepang
Director
Hayao Miyazaki
Durasi
125 menit
Nama Pemain
Rumi Hiiragi
Sebagai
Chihiro/ Sen
Miyu Irino
Sebagai
Haku
Mari Natsuki
Sebagai
Yubaba dan Zeniba
Takashi Naitou
Sebagai
Ayah Chihiro
Yasuko Sawaguchi
Sebagai
Ibu Chihiro
Tsunehiko Kamijo
Sebagai
Chichiyaku
Ryuunosuke Kamiki
Sebagai
Boo
Yumi Tamai
Sebagai
Rin
Bunta Sugawara
Sebagai
Kamaji


Spirited Away bercerita tentang Chihiro seorang gadis cilik yang sedang pindahan dengan ayah dan ibunya. Nah ketika dalam perjalanan ke rumah barunya, ayah Chihiro sepertinya salah jalan. Setelah melewati hutan-hutan dan jalan berbatu, mereka sampai di gerbang besar yang menurut ayah dan ibu Chihiro tidak ada saat mereka lewat sini. Mereka akhirnya turun dari mobil dan melewati gerbang tadi hingga menembus ke sebuah padang rumput yang luas. Di ujung padang rumput tadi ada sebuah perkampungan yang sepi. Dalam keadaan perut lapar ayah dan ibu Chihiro tiba-tiba mencium wangi harum masakan. Ayah Chihiro pun segera mencari sumber bau harum tersebut.


Sampailah mereka bertiga di sebuah kedai makanan yang sepi namun di mejanya sudah tersedia berbagai makanan lezat yang menggugah selera. Ayah dan Ibu Chihiro berusaha memanggil-manggil pemilik kedai, namun tak ada jawaban. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk makan dulu baru bayar nanti. Makanan tersebut sungguh lezat hingga ayah dan ibu Chihiro makan dengan lahapnya. Chihiro yang diajak makan oleh kedua orang tuanya menolak ikut makan. Karena ia sangat takut dan curiga dengan tempat ini.
 
Suspicious~
Chihiro pun memutuskan untuk berkeliling perkampungan tersebut. Chihiro kemudian bertemu dengan seorang anak laki-laki seusianya di atas jembatan yang menuju ke sebuah sento (pemandian umum ala Jepang). Anak laki-laki tadi tiba-tiba meriaki Chihiro. Ia berkata bahwa seharusnya Chihiro tidak boleh kesini. Apalagi saat ini sudah menjelang malam hari dan buru-buru mengusir Chihiro. Benar saja saat hari mulai gelap kehidupan di perkampungan tadi mulai hidup. Lampu-lampu toko dan kedai mulai menyala. Tubuh-tubuh berupa bayang-bayang hitam bermunculan samar-samar. Chihiro mulai merasa ketakutan, ia segera kembali ketempat orang tuanya makan tadi. Sayangnya orang tuanya tadi sudah berubah menjadi babi raksasa.

Kaget!
Chihiro pun semakin ketakutan. Ia bergegas lari ke arah gerbang besar yang menjadi pintu masuk ke perkampungan itu. Sayangnya padang rumput yang seharusnya ada sebelum mencapai pintu gerbang tadi tiba-tiba hilang digantikan genangan air yang banyak menyerupai laut dan daratannya terlihat sangat jauh di seberang. Chihiro memukul-mukul kepalanya dan berharap ia bisa bangun tapi itu bukan mimpi.
Kabur!
Beberapa saat kemudian tubuh Chihiro mulai memudar menjadi tembus pandang. Ketika mulai menangis anak lelaki yang menyuruhnya pergi tadi tiba-tiba muncul dan menyuruh Chihiro makan semacam pil. Chihiro menolak karena takut. Si anak lelaki memaksa Chihiro untuk makan pil tersebut karena jika Chihiro tidak makan sesuatu dari “dunia” itu Chihiro akan lenyap. Akhirnya Chihiro mau memakan pil tersebut. Tubuh Chihiropun berangsur-angsur memadat kembali. Segera setelah Chihiro memadat, si anak lelaki tadi membawanya menuju sento.

Sebelum masuk sento mereka berdua harus melewati jembatan yang kini sudah penuh makhluk aneh berlalu lalang. Chihiro diminta anak lelaki itu untuk tidak bernapas sedikitpun ketika melewati jembatan. Sesungguhnya Chihiro sangat takut karena banyak makhluk aneh berada disekitarnya. Bahkan ada satu makhluk berwarna hitam dengan wajah putih yang menatapnya tanpa henti. Saat hampir sampai diujung jembatan, ada makhluk berbentuk seekor katak kecil yang  tiba-tiba mengejutkan Chihiro. Chihiro tidak sengaja menarik nafas karena terkejut. Katak kecil tadi menyadari bahwa Chihiro adalah manusia. Untung saja anak lelaki yang ternyata bernama Haku tadi segera menolong Chihiro dan menariknya pergi menjauhi jembatan.

Dibalik semak-semak, Haku memberitahukan Chihiro agar menemui seseorang bernama Kamaji dan memberitahukan cara bertemu Kamaji. Chihiro yang awalnya tidak mau akhirnya pergi menemui Kamaji sendirian setelah diberi penjelasan bahwa cara satu-satunya untuk keluar dari sini serta bisa menyelamatkan orang tuanya adalah dengan menemui Kamaji agar bisa masuk ke dalam sento dan bekerja di sento untuk sementara sambil mencari cara keluar dari sini.

Kamaji
Kamaji sendiri bekerja sebagai menyediakan air panas mandi untuk sento. Kamaji menyarankan Chihiro pergi menemui Yubaba. Yubaba adalah pemilik sento jadi jika ingin mendapat pekerjaan harus menemui Yubaba. Chihiro kemudian diantar salah seorang pelayan yang bernama Rin (atau kalau versi inggrisnya dipanggil Lin) untuk menemui Yubaba.

Yubaba si nenek tua galak
Setelah bertemu Yubaba, Chihiro segera meminta Yubaba untuk mempekerjakannya. Yubaba awalnya tidak mau, tapi kemudian Chihiro diberi kesempatan untuk bekerja dan namanya diganti jadi Sen. Mulai saat itulah Chihiro atau Sen memulai kehidupaanya sebagai pelayan di dunia gaib… Gimana kisahnya? Nonton sendiri ya KIKOSer~

Cerita “Spirited Away” atau kalau di Jepang berjudul “Sen to Chihiro no kamikakushi” ini sebetulnya berasal dari cerita karangan Hayao Miyazaki dengan judul yang sama dan pernah memenangkan academy award untuk kategori best animated feature.

Hayao Miyazaki

Epik suka banget sama anime ini, jatuh cinta pada pandangan pertama. Hahaha… Serius! Soalnya dari segi kualitas gambar dan komposisi warnanya bagus banget. Warna-warni tapi ngga norak, malah kesannya seger banget. Yang paling sesuatu banget adalah ceritanya yang full fantasy, kreatif, ada unsur drama-nya, sekaligus mengharukan. Untuk sound-nya juga bagus dan yang dubbing juga pas.

Pokoknya dijamin deh KIKOSer bakal jatuh cinta sama Chihiro dan Haku yang so sweet banget… Juga karakter lucu bernama Bo yang nantinya berubah jadi hamster imut yang ditemani burung kecil. Apa lagi ada makhluk makhluk kecil berwarna hitam yang mirip bola bulu (di film sih disebut abu jelaga nama Jepangnya: Susuwatari). Makhluk itu imut banget…
 
Bo yang jadi hamster dan Susuwatari
FYI, anime ini adalah film anime dengan durasi terlama (125 menit) yang dinominasikan sekaligus menang dalam academy award. Chihiro ternyata dulu sewaktu kecil pernah diselamatkan oleh Haku dan kisah ini terinspirasi dari kisah si Hayao Miyazaki yang waktu kecil dulu pernah tenggelam di sungai.  Ada adegan dimana ibu Chihiro sedang makan sambil bicara, nah demi mendapat efek suara yang sama pengisi suaranya (Yasuko Sawaguchi) men-dubbing adegan itu sambil makan ayam goreng Kentucky. Film ini juga di-dubbing dengan bahasa Inggris lho~ (sumber: imdb.com)

Dari pada penasaran terus mending KIKOSer lihat sendiri ya~
Dijamin suka deh~

Referensi:
-http://www.imdb.com/title/tt0245429/

Epik kasih gambarnya ya:
Rin dan Sen
Dewa Pitik?
Sen dan si Tanpa Wajah
Berkunjung ke rumah Zeniba (kembaran Yubaba)
Sen/ Chihiro dan Haku

2 komentar:

  1. DAEBAKK!!! BUAT ANIME ini ><, aq ama SellSella nonton sampek ketawa ngakak deh.And yang paling bikin Gemes itu Dewa Pitik itu?? kalau mereka jadi ayam goreng pastii kenyang deh.Ahahah, anaknya Yubaba juga Kawaii suaranya.Moe2 gimana gitu, tapi lebih suka waktu dia jadi tikus cz gak bawel^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya... emang imut tuh pitik.... hahaha

      Masih inget waktu dia niru'in si Chihiro? hahaha imutttt...

      -Epik-

      Hapus