Rabu, 15 Mei 2013

Face Off “Polisi dan Penjahat Tukeran Wajah”



Selamat Malam KIKOSer
beberapa bulan lalu waktu Epik lagi asyik ndengerin radio, penyiarnya lagi ngasih info tentang beberapa film-nya Nicolas Cage dan salah satunya adalah Face/Off. Film ini cukup unik dengan plot yang sesuatu ya~ Epik pun langsung penasaran pingin nonton. Beberapa hari kemudian Reyko cerita kalau temen-nya kebetulan punya film itu. Epik pun berguling-guling minta tolong Reyko buat ngopy'in film itu ke temennya. Alhamdulillah ya dapet~

Nah dari pada penasaran mending langsung aja baca review'annya ya


Judul
Face Off
Genre
Action
Tanggal Rilis
27 Juni 1997 (Amerika Serikat)
Bahasa
Inggris
Sutradara
John Woo
Durasi
138 menit
Nama Pemain
John Travolta
Sebagai
Sean Archer/ Castor Troy
Nicolas Cage
Sebagai
Castor Troy/ Sean Acher
Joan Allen
Sebagai
Eve Archer
Dominique Swain
Sebagai
Jamie Archer
Gina Gershon
Sebagai
Sasha Hassler
Alessandro Nivola
Sebagai
Pollux Troy


Sean Archer
Face/Off bercerita tentang Sean Archer, seorang agen FBI yang super dendam dengan penjahat bernama Castor Troy yang pernah mencoba membunuhnya. Sayangnya dalam percobaan pembunuhan tersebut anak laki-laki Sean terbunuh dan kejadian itu benar-benar merubah kehidupan Sean dan keluarganya. Suatu hari, Sean dan tim-nya berhasil menangkap Castor dan adik lelakinya, Pollux Troy. Sean dan tim sangat diliputi kebahagiaan, sayangnya dari penangkapan tersebut ditemukan rancangan bom yang rencananya akan digunakan meneror kota. Dicurigai bahwa bom tersebut telah dipasang di sebuah tempat namun tidak ada yang tahu kecuali Troy bersaudara dan yang tau cara mematikan bom tersebut adalah Pollux seorang. Saat di introgasi Pollux tidak ingin mengatakan apapun kecuali ia bertemu kakaknya. Hal ini sangat menyulitkan agen FBI karena mereka mulai kehabisan waktu.
Castor dan Pollux Troy
Special Ops mendatangi Sean untuk memberitahukan bahwa ada cara lain untuk membuat Pollux membeberkan dimana bom tersebut berada yaitu dengan mendatangi Pollux dalam wujud Castor Troy. Hah? Maksudnya? Sean sendiri bingung apa maksudnya. Special Ops memiliki teknologi canggih yang terbaru yaitu Face Off (penggantian wajah). Dengan penemuan-penemuan dokter, wajah Castor bisa di operasi dan dipasangkan ke wajah Sean. Masalah bekas operasi, perbedaan proporsi tubuh, bahkan perbedaan golongan darah bisa di atasi. Meski awalnya galau karena selain ia harus memakai wajah orang yang membunuh anaknya serta ia harus merahasiakan tentang operasi rahasia ini dari siapapun dan orang FBI sendiri hanya orang terbatas yang tahu, tapi akhirnya Sean pun menerima tugas tersebut.

 
Saat akan operasi
 
prosedur face off


Sementara ia pergi ke penjara, Castor dibiarkan dalam keadaan terbius di rumah sakit tanpa wajah (wajah milik Sean di simpan dalam wadah). Dipenjara Sean memainkan peran-nya dengan baik dan berhasil mengorek informasi dimana bom tersebut diletakkan dari Pollux. Sayangnya disaat seharusnya Sean dijemput oleh rekan-rekannya, eh... Malah ia dikunjungi seseorang yang memiliki wajah seperti dirinya!. Yak... Siapa lagi kalau bukan Castor yang sedang mengenakan wajah Sean. Tentu saja Sean terkejut karena seharusnya Castor sedang koma di rumah sakit.
 
udah tukeran peran
Dengan nada mengejek Castor berwajah Sean ini mengatakan bahwa ia telah membunuh semua orang yang tau misi face off ini termasuk dokter yang menangani face off dan Tito (sahabat Sean di FBI yang dititipi cincin pernikahan Sean). Ditambah lagi Castor berkata ia akan pulang ke rumah Sean dan akan menjalankan kehidupan Sean yang terbengkalai. Mampukah Sean yang berwajah Castor bebas dan mengalahkan Castor berwajah Sean? Atau justru rumah tangga dan karir Sean direbut Castor selamanya?. Lihat sendiri ya KIKOSer~
 
Castor Troy VS Sean Archer
Saat-nya Epik komentar, Film Face Off memiliki cerita yang unik dan fresh setidaknya itu menurut Epik. Gimana ngga, ketika operasi wajah sudah dilakukan pemeran Sean dan Castor harus bertukar peran. Jadi si John Travolta yang awalnya berperan sebagai Sean yang ambisius, emosional, dan cenderung tertutup harus memerankan karakter Castor yang selengek'an, gila, dan aneh. Sedangkan Nicolas Cage yang awalnya berperan sebagai Castor berubah peran menjadi Sean dan sejujurnya mereka memainkan perannya dengan SANGAT baik.

Tapi mungkin ketika nonton film ini KIKOSer bakal merasa banyak hal janggal yang terjadi. Misalnya golongan darah Sean dan Castor berbeda tapi kenapa kulit Castor bisa di pasangkan ke wajah Sean (begitu juga sebaliknya). Penjelasannya mungkin memang benar obat anti penolakan darah telah ditemukan (tapi tetep aja kerasa aneh). Lalu juga pemulihan pasca operasi yang super cepat padahal kalau dipikir-pikir itu bukan operasi kecil yang bahkan ada resiko kegagalan yang cukup besar. Setelah operasipun syaraf-syaraf di wajah dapat digerakan dengan mudah (terlalu aneh). Masalahnya film ini kan bukan film fiksi jadi terasa aneh.
 
John Woo, sutradara (pria yang diajak bicara John Travolta)
Setelah Epik cari-cari info soal film ini ternyata jawaban dari berbagai pertanyaan di atas adalah memang film ini terasa aneh apa bila di cerna logika, tapi si sutradara berkata bahwa ia ingin menekankan cerita pada dramtik dan psikologi-nya jadi agak mengesampingkan keanehan-keanehan yang terjadi untuk film di tahun itu.

Hm… mari Epik ulas mengenai efek. Efek film ini cukup bagus meski pada beberapa scene properti, kru, dan stuntman masih kelihatan di berbagai sudut film. Seperti saat Sean (dengan wajah Castor) berayun lalu menabrak Pollux, tali pengaman dan kru terlihat di jelas loh… Lalu saat Castor melarikan diri menggunakan perahu suara tembakan pistol milik Sean terdengar terlalu cepat (sebelum Sean menekan pelatuk suara letusan pistol sudah bunyi duluan). Mungkin yang terlihat banget adalah saat adegan di kapal saat Sean dan Castor bertarung, ada adegan dimana Sean terjatuh ke sisi kapal yang sedang berjalan kencang, stuntman yang menggantikan kelihatan banget! Masalahnya model rambut si stuntman beda banget sama model rambut si aktor (Nicolas Cage). Ya sekali lagi yang bikin kan manusia jadi ngga mungkin sempurna… pasti ada kesalahan dan kekhilafan ya~

Overall film ini bagus kok! Ceritanya bener-bener kreatif (ngga kepikiran loh John Travolta yang awalnya berperan jadi orang baik ditengah cerita tiba-tiba jadi penjahat). Adegan-adegan action-nya juga bagus. Pemainnya juga keren-keren… Soalnya ada John Travolta-nya hahaha…

For Your Information:
·    Di film ini Sean punya anak perempuan yang gaya-nya kayak anak punk gitu, namanya Jamie. Nah pemeran si Jamie ini ternyata pernah berperan jadi Lolita di film Lolita tahun 1997 (untuk lihat review’an Lolita klik disini).
Dominique Swain as Jamie Archer
·     Awalnya Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone adalah kandidat pemeran film ini tetapi John Woo (sutradara) merasa John Travolta dan Nicolas Cage lebih cocok memerankan film ini.



Referensi:
- http://www.imdb.com/title/tt0119094/

Special Thank's:
-Untuk Reyko yang mau minta'in film ini ketemannya :D
-Untuk teman Reyko yang mau ngasih film ini :D

Epik kasih beberapa cuplikan filmnya ya… :D
Castor Troy
Wajahnya Sean
Sean Archer dan Eve Archer
Fighting
Behind the scene
Add caption

scene kapal
Nicolas as Sean
Behind the scene
Behind the scene



Tidak ada komentar:

Posting Komentar