Senin, 16 Juli 2012

Ghosts Made In Japan Part 1


Selamat Malam… こんばんわ
Kapan hari si Reyko kan udah nge-review tentang hantu-hantu made in Indonesia. Nah sekarang Epik akan membahas mengenai hantu-hantu yang ada di Jepang. Pertama Epik mau kasih info nih… di Jepang itu ada dua tipe hantu. Yang pertama adalah Yuurei : 幽霊 yaitu hantu jelamaan orang mati yang belum naik ke nirwana (biasanya mati penasaran atau jiwanya masih memiliki ikatan dengan hal keduniawian) dan Youkai : 妖怪 yaitu hantu yang berupa monster kadang menyerupai gabungan manusia dan hewan-hewan.

Secuplik Intermezzo:
Percaya atau engga, negara Jepang itu negera yang aneh loh… Mereka sebenarnya paling malas kalau di tanya soal agama, apalagi anak mudanya. Mereka cenderung akan menjawab tidak memiliki agama. Sebagian anak mudanya menganggap bahwa agama itu kuno dan hanya untuk orang-orang tua. Tapi lucunya mereka sangat percaya bahwa surga dan neraka itu ada. Mereka mirip seperti warga Indonesia yang sangat percaya hal-hal tahayul semacam setan dan iblis. (=__=) aneh…? ngga percaya keberadaan Tuhan tapi percaya keberadaan hantu… Ternyata hantu lebih eksis di mata orang-orang Jepang dibanding Tuhan… Tapi tenang, ngga semua orang Jepang Atheis a.k.a ngga beragama kok.

Back to Yuurei and Youkai. Di Jepang banyak sekali jenis Yuurei dan Youkai. Epik cuma akan mengupas masing-masing 3 yuurei dan 3 youkai terkenal dari Jepang setiap kali nge-posting. Baiklah Epik mulai sekarang:

Yuurei : 幽霊:Hantu
1.       Kuchisake Onna : 口裂け女(Wanita Mulut Robek)
     Kuchisake Onna adalah hantu wanita  yang mulutnya robek dari telinga kanan ke telinga kiri. Hantu ini sering digambarkan sebagai wanita bertubuh tinggi semampai dengan rambut hitam, lurus, dan panjang. Lalu memakai mantel panjang ala detektif dan selalu menutup wajahnya dengan masker operasi.  Kemana-mana Kuchisake Onna selalu membawa gunting super besar atau pisau yang biasa dia gunakan untuk menusuk korbannya.
     Jika bertemu manusia, biasanya mereka akan bertanya “watashi Kirei? : 私きれい?” yang artinya “apakah saya cantik?” dan jika si manusia bilang tidak biasanya langsung dibunuh. Tapi kalau bilang iya, biasanya dia akan tanya lagi “bahkan sepeti ini” katanya sambil membuka maskernya dan memperlihatkan mulutnya yang robek. Ada yang bilang kalau orang tersebut terkejut atau bilang tidak, maka si Kuchisake Onna itu akan menusuknya dengan gunting atau pisau yang dia pegang. Intinya sama-sama mati (=__=) soon or later… Jika orang tersebut mengatakan iya alias si Kuchisake Onna cantik, maka orang tersebut akan dilepaskan. Namun ada juga yang bilang kalau orang tersebut dilepaskan tapi dikuntit sampai rumah dan begitu sampai di depan rumah orang tersebut akan ditusuk oleh Kuchisake Onna. Yah… lagi-lagi mati… (=_=)
      Kisah Kuchisake Onna katanya sih berawal dari sebuah kisah jaman dahulu ada seorang wanita cantik yang dipersunting semacam gubernur, tapi juga ada yang bilang samurai. Yang jelas wanita ini sangat sombong dan selalu membangga-banggakan kecantikannya. Dia senang dipuja pria atas dasar kecantikannya. Sehingga akhirnya dia berselingkuh dengan pria lain. Namun hubungan gelap si wanita diketahui suaminya yang kemudian naik pitam dan menebaskan pedang ke arah mulut si wanita. Suaminya berkata pada istrinya bahwa dengan wajah buruknya sekarang, laki-laki mana yang mau dengannya. Si wanita pun menjadi depresi. Pada akhirnya si wanita mati dan menjadi arwah penasaran.
     Versi lain yang terkesan modern dari kisah ini adalah ada seorang wanita yang ingin melakukan operasi plastik. Namun si dokter bedah melakukan malpraktek dan akhirnya tidak sengaja merobek mulut si wanita. Depresi membuat wanita tersebut bunuh diri. Dan fualah… si wanita menjadi hantu Kuchisake Onna.
     Ada yang bilang kalau bertemu Kuchisake onna ketika ditanya cantik atau tidak jawablah dengan “mungkin” dan ketika si Kuchisake Onna bingung menentukan kata “mungkin” itu termasuk ya atau tidak, larilah sekencang-kencangnya… Jiah… ini sih saran yang konyol… emang si Kuchisake Onna itu sebodoh itu ya??? (=__=)

2.       Teke-teke: テケ-テケ(Hantu Teke-teke)
     Hantu ini cukup mengerikan. Bentuknya hanya seorang wanita dengan setengah badan, dari pinggang sampai kepala saja. Ususnya terburai, darah tercecer dari lukanya, dan jalannya merangkak.
     Jika mendatangi manusia, ia selalu menanyakan dimana kakinya. Jika tidak tahu dimana kakinya (ya jelas ngga tau lah (=___=)?), si Teke-teke akan mengambil kakinya korbannya.
     Sejarah kisah Teke-teke berawal dari cerita dari mulut ke mulut. Dahulu kala di musim salju yang benar-benar dingin, seorang masinis dan kondekturnya sedang mengemudikan kepala kereta. Tiba-tiba di tengah rel kereta ada seorang gadis yang berdiri. Masinis mencoba mengerem, tapi terlambat. Gadis itu terlindas kereta menjadi dua bagian. Bagian pinggangnya putus dan sebagian terburai. Melihat kejadian itu masinis dan kondektur jadi panik dan memutuskan untuk pergi ke stasiun terdekat karena di jaman itu belum ada telpon tanpa kabel. Kalau tidak salah yang pergi ke stasiun adalah si masinis dan si kondektur ditinggal untuk menjaga kepala kereta dan mayat gadis itu. Setelah sekian lama si masinis pergi, tiba-tiba si kondektur mendengar suara seperti karung diseret. Ketika di cari asal suara itu, kondektur tidak menemukan apa-apa. Tapi anehnya suara itu terus muncul. Si kondektur pun menjadi semakin takut. Ia akhirnya mencoba mencari asal suara tersebut di bawah kolong kereta. Si kondektur menyorotkan senternya dan alangkah terkejutnya dia. Si gadis yang seharusnya sudah tewas terbelah dua tadi hidup dan merangkak-rangkak dengan setengah bagian atas tubuhnya yang mengenaskan. Kontan saja si kondektur ketakutan dan panik.
     Beberapa jam kemudian si masinis datang dengan petugas keamanan. Ia pun mencari si kondektur. Anehnya ia tidak dapat menemukan dimana si kondektur berada, begitu juga tubuh bagian atas si gadis yang tertabrak. Akhirnya mereka menemukan jejak seperti sesuatu yang terseret mengarah ke salah satu tiang listrik terdekat. Masinis dan petugas keamanan mendongak ke atas dan mereka menemukan si kondektur berada di puncak tiang. Mati beku dan yang lebih mengerikan adalah di punggungnya tergantung bagian atas gadis yang tertabrak tadi. Sungguh mengerikan.
cuplikan dari filmnya nih...
     Ada yang bilang sesungguhnya gadis yang tertabrak tadi sesungguhnya tidak langsung mati ketika tertabrak kereta. Karena musim dingin yang dahsyat membuat luka di bagian pinggang gadis itu tidak mengeluarkan banyak darah tapi langsung membeku. Jadi gadis itu sebenarnya sempat hidup sebelum mati karena beku. Banyak yang memperkirakan mengapa gadis itu berada di rel kereta api adalah karena bunuh diri di kereta api, namun ada spekulasi lain bahwa gadis itu memang murni korban kecelakaan bukannya bunuh diri. Semanjak itu rumor mengenai Teke-teke beredar luas.
     Ada mitos yang mengatakan bahwa tiga hari setelah mendengar kisah ini, Teke-teke akan mendatangimu dan menanyakan keberadaan kakinya. Di manga NUBE sih katanya ada mantra pengusir Teke-teke yang katanya manjur, tapi kata Epik sih ngga usah percaya yang gituan. Jika bertemu Teke-teke doakan saja semoga arwahnya tenang. Sebenarnya Teke-teke bukanlah hantu jahat. Ia hanya hantu penasaran yang mencari keberadaan kakinya. Kalau di manga NUBE diceritakan bahwa keluarga dari wanita yang mati tertabrak kereta tersebut sudah mengadakan upacara agar arwah sang putri dapat naik ke Nirwana. Namun karena banyak rumornya menyebar membuat sang wanita jadi terikat dengan hal keduniawian yang akhirnya membuatnya tak dapat naik ke Nirwana. Yah apapun keyakinan yang kita percaya, mari kita doakan semoga saja arwah hantu Teke-teke ini dapat tenang diterima di sisi Tuhan yang maha Esa. Amin… (  -__-)”)”)

3.       Hitodama : 人魂 (Bola Arwah)
     KIKOSer pernah mengamati kemunculan hantu-hantu Jepang ngga? Biasanya mereka (hantu-hantu Jepang) muncul dengan bola-bola arwah yang melayang di sekeliling mereka. Bola-bola arwah itu dikenal dengan sebutan Hitodama : 人魂. Hito : yang berarti orang atau manusia dan dama : yang berarti jiwa atau roh. Jadi Hitodama dapat di artikan sebagai jiwa manusia. Bentuk Hitodama biasanya seperti bola-bola api kecil berwarna hijau, putih kebiruan, atau ungu.
     Ada yang bilang jika Hitodama biasanya muncul di kuburan-kuburan angker, pohon-pohon sekitar sungai, atau di permukaan danau. Konon bola-bola arwah ini muncul dari kegelapan dan menghilang dengan cepat. Kadang Hitodama juga muncul disekitar orang sakit yang hampir meninggal a.k.a sekarat. Kata orang-orang sih Hitodama tidak berbahaya dan mudah tertarik dengan orang-orang yang memiliki kekuatan supranatural. Bisa dikatakan Hitodama adalah hantu level rendah yang tidak perlu ditakuti. Kalau di Indonesia sih ada hantu model begini. Kata Mak-nya Epik sih namanya “Kemamang” bedanya kalau kemamang ini adalah bola api dan biasanya perwujudan dari teluh yang dikirim dukun-dukun. Kalau di anime, biasanya tokoh-tokoh yang sedang putus asa seolah hidup sudah berakhir disekelilingnya terdapat bola-bola arwah yang melayang.  

Youkai : 妖怪:Monster/ Siluman
1.       Kappa : 河童 (Siluman Sunggai)
      Kappa adalah semacam Youkai penghuni sungai-sungai di Jepang. Katanya makhluk ini memang benar-benar pernah muncul loh… Bentuknya seperti anak kecil dengan kulit berwarna hijau kebiruan dan bersisik seperti ikan atau ular. ia memiliki tempurung kura-kura dipunggungnya. Mulutnya pun seperti paruh kura-kura. Rambutnya berwarna seperti kulitnya dan ada semacam pitak ditengah ubun-ubun. Di atas pitak tersebut ada mangkuk berisi air yang menjadi sumber kekuatan Kappa, kalau air itu tumpah maka tubauh Kappa akan melemah. Di tangan dan kakinya terdapat selaput seperti kaki bebek. Ada yang bilang dia suka sekali makan ketimun, namun sebagian percaya bahwa Kappa suka sekali menghisap darah manusia lewat (maaf) anus ketika sedang buang air besar di sunggai kemudian mengambil jerohan korbannya lalu memakannya. Oh iya... Cerita Kappa ini banyak berkembang di daereh Tono, Prefektur Iwate. Bahkan jadi maskot produk ketimun dari Tono lho...!
      Banyak korban Kappa yang ditemukan mati di sungai dengan kulit pucat seperti kehilangan banyak darah dan (maaf) anus yang terkoyak. Korban Kappa terbanyak adalah anak kecil karena anak kecil adalah target favorit dari Kappa. Tidak hanya anak kecil, tapi orang dewasa atau bahkan hewan ternak dapat menjadi sasaran Kappa. Kalau tidak salah ketika membaca buku “Folklor Jepang” milik James Danandjaya, dijelaskan bahwa sebenarnya Kappa mengambil Shirikodama : 尻小玉 a.k.a bola kehidupan dari (maaf) anus para korbannya dengan cara menghisapnya dari (maaf) anus. Maka dari itu banyak orang tua yang menakut-nakuti dan melarang anaknya agar tidak main dekat-dekat dengan sungai agar tidak dihisap darahnya oleh Kappa. Walaupun digambarkan sebagai makhluk menyebalkan namun dalam salah satu cerita buku “Folklor Jepang”, Kappa digambarkan sebagai makhluk yang sangat menepati janji.
     Kisahnya kalau tidak salah suatu hari ada seekor sapi yang diikat di pohon dekat sungai. Kemudian muncullah Kappa yang sedang kelaparan yang berusaha mengambil jerohan si sapi lewat “belakang”. Tentu saja si sapi terkejut melihat ada Kappa yang sedang memasukkan tangannya ke “bagian belakang tubuhnya”. Sapi pun berlari namun kerena diikat sapi pun hanya bisa lari mengitari pohon tempat ia terikat. Akhirnya malah si Kappa terbelit di pohon. Pemilik sapi yang tahu ada Kappa yang berusaha memangsa sapinya, memotong tangan Kappa yang masih melekat di “bagian belakang” sapi miliknya. Si Kappa pun menangis dan minta tangannya dikembalikan. Namun si pemilik sapi tidak mau. Si Kappa terus saja merengek dan memohon kepada pemilik sapi. Si pemilik sapi bertanya untuk apa potongan tangan tersebut. Kappa menjawab bahwa setelah putus, tangannya bisa disambung lagi dengan sebuah trik, namun jika sudah lewat tiga hari tangannya tidak dapat disambung kembali. Mendengar hal tersebut tidak membuat si pemilik sapi mengembalikan tangan Kappa. Si Kappa akhirnya pulang dengan sedih dan bertekat untuk datang ke pemilik sapi esok paginya. Hari kedua pun sama, pemilik sapi tidak ingin mengembalikan tangan si Kappa. Sampai hari ketiga, si pemilik sapi kasihan melihat Kappa yang merengek-rengek kesakitan agar tangannya di kembalikan. Si pemilik sapi pun akhirnya mau mengembalikan tangan si Kappa dengan satu syarat yaitu Si Kappa harus memberitahukan trik menyambung tulang tersebut kepada si pemilik sapi. Kappa pun setuju akan hal tersebut. Sesuai dengan janjinya si Kappa mengajarkan ilmu menyambung tulang pada si pemilik sapi. Akhirnya si pemilik sapi tersebut terkenal sebagai tabib penyambung tulang yang terkenal.
     Kalau menurut pandangan Epik secara logis, mungkin kisah ini digunakan oleh para robot gedek a.k.a tukang cabul di jaman itu untuk menutupi kejahatan yang telah mereka perbuat. Bahkan mungkin saja mereka yang menciptakan kisah ini agar tidak ketahuan warga desa. Atau mungkin kisah itu hanya karangan orang-orang tua jaman dahulu untuk melarang anak-anak mereka bermain di sungai agar tidak mati tenggelam.

Gambar-gambar Kappa:


2.       Futakuchi Onna : 二口女(Wanita yang punya Dua Mulut)
     Futakuchi Onna adalah youkai wanita dengan dua mulut. Wanita ini awalnya wanita biasa yang kerasukan arwah dan akhirnya membuatnya memiliki dua mulut. Umumnya dia digambarkan cantik di bagian depan namun memiliki mulut super besar yang berada di kepala bagian belakang.
     Dia sejatinya wanita biasa jadi dia tidak akan menyakiti orang lain. Ia hanya rakus karena mulut keduanya memang rakus. Mulut tersebut biasanya menggunakan rambut si wanita untuk dijadikan tangan. Jika tidak diberi makan biasanya si mulut besar ini kan mengatakan sumpah serapah yang bakal membuat induk semangnya malu atau bahkan pusing. Mulut belakang Futakuchi Onna ini memang selalu lapar dan minta untuk makan. Mulut itu bisa makan sebanyak apapun. Anehnya badan yang ditinggali tidak merasa lapar lagi. Jika mulut kedua ini tidak bisa lepas selamanya dari induk semangnya maka si induk semang akan berubah menjadi monster Futakuchi Onna.
     Versi dari kisah Futakuchi Onna ini ada banyak. Ada yang bilang mitos ini berawal dari wanita-wanita yang diet terlalu ketat sampai tidak mau makan. Keinginan besar mereka untuk makan namun mereka tahan menimbulkan semacam mulut kedua yang tersembunyi dibalik rambut mereka. Monster ini sebenarnya sangat membantu karena walaupun tidak makan, induk semangnya tidak mati. Induk semangnya tetap menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan oleh mulut kedua.
     Versi lain mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang istri pencari kayu bakar yang tidak sengaja membacok kepala bagian belakangnya sendiri dengan kapak. Namun luka tersebut tidak mau kering dan akhirnya malah  menjadi mulut kedua. Versi lainnya lagi Futakuchi Onna bermula dari istri seorang saudagar pelit yang tidak mau memberi makan yang cukup untuk istrinya. Akhirnya istrinya memiliki mulut kedua yang menjelma di belakang kepalanya.
     Kalau di anime, Futakuchi Onna banyak diceritakan jika jatuh cinta pada seorang pria maka pria itu akan di makan. hahaha… entah benar atau tidak nih… itu kan cuma anime… 
Gambar-gambar Futakuchi Onna:
 
3.       Tengu (dibaca:Ten-gu) : 天狗 (Goblin berhidung panjang)
(Dari kiri ke kanan) Kurasu Tengu dan Konoha Tengu
     Tengu adalah semacam roh alam penjaga hutan di gunung. Tengu dibedakan menjadi dua perwujudan yang pertama ada tengu berwajah manusia tapi berwarna merah dengan hidung runcing panjang yang bisa disebut Konoha Tengu : 木の葉 天狗 (tapi kadang juga disebut Yamabushi Tengu : 山伏天狗) dan Tengu yang berwajah seperti burung dan memiliki paruh yang biasa disebut Karasu Tengu : 天狗. Biasanya dia memakai jubah dari jerami dan selalu membawa kipas. Ada yang bilang kipas tersebut adalah kipas kulit, kipas bulu (hauchiwa : 羽団扇), atau kipas dari daun, tapi yang jelas kipas itu adalah kipas yang sakti. Tengu merupakan goblin yang berwujud setengah manusia setengah burung (ada yang bilang gagak, ada juga yang bilang elang) sehingga Tengu dapat terbang layaknya burung.
Topeng Tengu
     Tengu sering terlihat berubah menjadi pendeta gunung atau Yamabushi : 山伏, dan mengusili orang-orang yang lewat di hutan atau gunung. Tapi yang namanya goblin itu selalu usil dan iseng minta ampun, kadang Tengu berubah menjadi manusia hanya untuk membuat orang-orang yang naik gunung tersesat. Ada yang bilang bahwa Konoha Tengu lebih jahat dibanding Karasu Tengu, tapi tidak  sedikit orang-orang tersesat yang mengaku ditolong oleh Tengu. Beberapa mitos mengatakan bahwa Tengu dapat bicara tanpa membuka mulut tetapi langsung ke alam pikiran kita. Bahkan katanya Tengu bisa merasuki tubuh seseorang semacam membuat kesurupan serta menculik anak-anak kecil.
     Tengu sering ditemukan bertengger atau beristirahat cabang-cabang pohon. Ada yang bilang kalau seorang manusia dapat mencuri kipas Tengu maka ia akan sakti. Oh ya… Menurut beberapa cerita, hidung panjang Konoha Tengu perlambang dari rasa sombong dan sok tau. Itu sih katanya mitos…
Gambar-gambar Tengu:

Referensi:
http://hyakumonogatari.com/
http://yasirmaster.blogspot.com/2011/01/legenda-kuchisake-onna-setan-bermulut.html
http://alam-rahasia.blogspot.com/2009/09/hantu-kuchisake-onna.html
http://japside.blogspot.com/2012/04/futakuchi-onna.html
http://satsugai-fai.blogspot.com/2011_02_01_archive.html
http://orobasart.blogspot.com/2009/08/whats-kappa.html
http://businessguidess.blogspot.com/2010/12/mahluk-mitologi-yang-paling-sering.html
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=1548059&page=17
http://natsumi68.wordpress.com/2010/05/02/hantu-hantu-jepang-part-i/
http://hellyeahhorrormanga.tumblr.com/post/21754782309 

Makasih ya buat web-web yang udah bantu Epik nyusun postingan ini...
Benar-benar terima kasih ほんとう に ありがとうございます...
sampai jumpa di postingan berikutnya :D



4 komentar:

  1. iehh,,,cerita na seru nieh.....

    BalasHapus
  2. serem nih, tapi masih sereman hantu indonesia hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iyaa..di KIKOS juga uda nulis Hatu Indo jugaa Koq>_< bisa dibaca^_^

      Hapus