Senin, 06 Januari 2014

Liburan Ke Pantai? hati-hati dengan hewan2 ini

Siang KIKOSer.

Siapa yang mau liburan?
Oyaa yang rencana liburan ke pantai atau laut, Reyko datang bawa info soal hewan-hewan laut/pantai yang patut KIKOSer waspadai.
Mereka-mereka ini keliatan lucu2 tapi awas berbahaya!!


1. Ubur-Ubur Kotak (Chironex)

          Ubur-ubur ini walaupun keliatan lucu tapi KIKOSer harus waspada. Ubur-ubur ini punya tentakel yang dilengkapi sel penyengat menjulur samapai 3 m di air loo, dan beberapa spesies malah dilengkapi dengan bisa yang dapat membunuh seseorang dengan mudah. Ubur-ubur kotak ini hobi banget jalan-jalan bergerombol KIKOSer dan gerakannya bisa di katakan cepat daripada orang yang renang. Nah kenapa ubur-ubur kotak ini harus di waspadai, terutama kalau KIKOSer lagi main-main di air? Soalnya warna ubur2 yang transparan, sewarna kayak air malah. Jadi KIKOSer bisa aja nggak sadar kalau ternyata lagi ikutan nimbrung di antara gerombolan ubur2 kotak.

Lalu gimana cara kerja Ubur2 kotak ini: 
-  1. Ubur2 akan berenang perlahan di perairan pantai dangkal. Tentakel panjangnya mulai menjulur dan tidak lupa juga sel yang melepaskan racun (nematocyst) 

-      2. Setelah tentakel menyentuh kaki telanjang KIKOSer (misalnya aja niee yaa.heheh), tentakel akan membelit kaki KIKOSer. Kalau KIKOSer kaget dan reflek menghentakkan kaki, otomatis tentakel akan membelit makin kuat. Rasa terbakar pun mulai menjalar karena “sentuhan” tentakel ubur2. Panas itu disebabkan oleh racun dari benang panjang berujung runcing, benang2 ini akan otomatis terlontar oleh sentuhan paling ringan sekalipun. Benang2 yang menancap di kulit apabila KIKOSer garuk, ini malah membuat semakin banyak sel dari ubur2 yang masuk ke kulit KIKOSer.


Terkadang beberapa penjaga pantai di luar negeri, menggunakan pakaian berbahan nilon sebelum memakai pakaian pelindung khusus. Karena terkadang ubur2 kotak tidak dapat menembus pakaian nilon.

KIKOSer juga harus waspada jika bermain di pantai pada malam hari. Ubur2 kotak ini sangat tertarik dengan cahaya dan sudah banyak orang yang disengat pada malam hari, karena mereka berenang di dekat perahu atau pelabuhan, yang pastinya ada cayaha lampu yang cukup terang.

Selain ubur2 kotak ada beberapa ubur2 yang berbahaya KIKOSer yaitu, jelatang laut, dan Surai singa.



Untuk ubur2 surai singa ini, ia masih dapat menyengat walaupun sudah mati, jadi buat KIKOSer yang liat surai singa yang uda terkapar di pinggiran pantai jangan di buat mainan yaa.

2. Bulu Babi
          Awalnya di pantai Reyko rada aneh ama bulu babi ini, ini hewan atau apaan, untungnya cuma Aq liatin aja.ahahaha. Bulu babi apabila di air akan terlihat cantik dan berkilauan KIKOSer, tapi jangan sampai menginjak hewan ini yaa, karena durinya beracun. Duri yang menancap di kulit, akan menancap ke daging dan kemudian lepas, tapi duri itu sudah mengolesi luka di kulit dengan racun. Ini menimbulkan sakit luar biasa selama berjam-jam. Kalau ada duri yang masih tertancap, bisa dicabut dengan tang, namun butuh waktu ±6 hari sampai korban bisa sembuh. Apalagi yang menancap di kaki KIKOSer, buat jalan pasti susah.

          
Sekian infonya, ini Reyko ambil hewan2 yang cukup sering Aq temuin di pantai Indonesia KIKOSer. Semoga KIKOSer tetap berhati-hati selama liburan. KIKOSer juga selalu perhatikan sekitar yaa kalau lagi main-main di pantai.



          

Sumber:



4 komentar:

  1. pantai yang ada di daerah aku mah.. ga ada ubur-uburnya..hahaha
    mungkin yang berbahaya dari pantai yang ada di daerah aku yaitu sampah, banyak banget soalnya.
    ternyata ubur2 tak seindah di film spongebob..thank infonya reyko :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi abis liburan yaa, sampah di pantai nambah numpuk pasti.
      Di sepongebob ubur2 tetep nyengat tapi.hehee
      ^_^ yuhu~~ sama2 moga2 infonya manfaat.

      ~Reyko~

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aahhaha iya Hoshi kadang yang lucu-lucu itu mematikan.>0<
      ~Reyko~

      Hapus