Minggu, 03 Maret 2013

Mengapa Titanic Tenggelam?


Yaa waktunya WINK
Kali ini Reyko mau ngulas/membahas bencana2 yang pernah  ada di dunia, pastinya yang TERPAMPANG NYATA aja.
Mungkin ini bakal ada beberapa kali berhubung materinya lumayan banayak.Hahaha
Yaakk enggak banyak omong lagi info kali ini mengenai Tenggelamnya Titanic...masih banyak pendapat2 mengenai hal ini...KIKOSer penasaran kenapa kapal yang WOW and yang ngangkut Jack ama Rose Ini bisa tenggelam. Padahal dikabarkan RMS Titanic ini tidak bisa tenggelam.
Mari Berlayar


Titanic tenggelam saat pelayaran perdananya pada 15 April 1912 di Atlantik Utara karena menghantam gunung es (sebagian besar emang sama kayak movienya) . Sebenarnya hasil tabrakan itu tidak menimbulkan kerusakan yang parah, luas total area kerusakan ±12-13 kaki atau seukuran tubuh manusia dan lemari es KIKOSer. Tetapi yang membuat “goresan” itu menjandi bencana adalah ketimpangan dalam desain Titanic, yaitu tidak dibangunnya sebuah dinding pemisah antara kompartemen* (Bangunan) kedap air, hingga ke bagian atas kompartemen.
Jika tembok ini kokoh atau ada dan tidak ada tempat yang terbuka di bagian atasnya (tertutup) , maka air yang datang dari celah ini akan mengisi kompartemen dan nggak bakal mengalir kemana-mana KIKOSer.
Namun yang terjadi adalah sebaliknya, di mana air tercurah dari bagian atas dinding dan mulai membanjiri kompartemen yang bersebelahan. Sehingga efeknya kompartemen2 terisi secara terus-menerus membuat bagian depan kapal menjadi berat sehingga mulai tenggelam, 

lalu mengangkat separuh bagian belakang kapal naik/ terangkat  dan secara perlahan-lahan kapal terbelah kemudian tenggelam. Menurut penulis buku The Complete Titanic  tahun 1998 mengatakan bahwa seandainya waktu itu perancang Titanic memperluas tembok kompartemen kedap air, tidak menjadi masalah karena air bisa dihentikan pada dua kompartemen pertama. Karena Titanic dirancang tetap mengapung jika untuk beberapa kasus, empat dari keenambelas geladak bawah, kompartemen kedap air telah dibanjiri. Tapi kapal ini tidak dirancang untuk menanggung enam kompartemennya yang dipenuhi air.
Nahhh kalau menurut Reyko, Kompartemen yang di maksud dari tadi itu contohnya kayak bagian atau perlantai di Titanic. KIKOSer coba deh perhatiin filmnya ada bagian mesin dimana pekerja memasok batu bara sebagai bahan bakar, di lantai selanjutnya ada penyimpanan barang (Tempat mobil “itu” disimpan.Hahha)

dan yang lainnya ada kamar penumpang kelas ekonomi kelas menengah sampai yang penumpang kehormatan. Bisa KIKOSer lihat memang ada banyak lantai kann. Waktu air masuk (setelah tabrakan) beberapa pintu di bagian mesin ditutup kan, waktu di film rempong banget pekerja yang harus keluar dari ruang mesin itu ada yang mau kejepit malahan. Kurangnya sekoci (perahu penyelamat) juga memperburuk suasana, karena memang Titanic diprediksi Tidak akan tenggelam. Yang buat makin nyesek itu mungkin kapal ini tenggelam waktu Debut awal a.ka Pelayaran perdana.

Sekian darii Reyko..tunggu ulasan Bencana2 lainnya yaa

PERHATIAN: Semua info ini berasal dari sumber bacaan, yang uda Aq parafrase dan kutip dengan baik. Kecuali yang menurut pendapat Q sendiri.
Imbuhan...
AIRR MENYERANG!!!

Titanic terbelah...Bagian depan dulu yang tenggelam

OK!! Tunggu Aq Abang....


SUMBER BACAAN:

Sumber Gambar:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Welcome To KIKOS World

Foto Saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Hallo,Hello,Annyeong,Konnichiwa!! Welcome To KIKOS World

Share It