Selasa, 05 Maret 2013

Hi5teria "5 Film Pendek Horor yang Ngagetin"



Halo-halo KIKOSer... Epik muncul kali ini dengan review'an film horor Indonesia neh... Film yang Epik angkat kali ini punya kemiripan dengan film berjudul Takut yang pernah Epik review sebelumnya (klik disini untuk melihat review'an film Takut). Kemiripannya adalah sama-sama berisi film pendek yang temanya horor, tapi beda loh ya... karena film ini punya keunikan tersendiri. Untuk jelasnya langsung baca ya~



Judul
Hi5teria
Genre
Film Pendek: Horor
Tanggal Rilis
29 Maret 2012 (Indonesia)
Bahasa
Indonesia
Sutradara
Adriyanto Dewo (Pasar Setan)
Chairun Nissa (Wajang Koelit)
Billy Chirstian (Kotak Musik)
Nicholas Yudifar (Palasik)
Harvan Agustriansyah ( (Loket)
Durasi
94 menit
Nama Pemain
Pasar Setan
Tara Baskoro
Sebagai
Sari
Dion Wiyoko
Sebagai
Zul
Egy Fredly
Sebagai
Jaka
Wajang Koelit
Maya Otos
Sebagai
Nichole
Muni
Sebagai
Muni/ Sinden
Kotak Musik
Luna Maya
Sebagai
Farah
Kriss Hatta
Sebagai
Teddy
Jennye Awuy
Sebagai
Hantu Gadis Cilik
Palasik
Imelda Therinne
Sebagai
Vita
Poppy Sovia
Sebagai
Novi
Loket
Ichi Nuraini
Sebagai
Gadis Penjaga Loket
Bella Esperance
Sebagai
Hantu Wanita



Film ini terbagi menjadi 5 film pendek. Masing-masing berisi cerita horor dengan tema berbeda. Beda dengan Takut, film ini murni film horor tanpa bumbu komedi horor atau fiksi ilmiah seperti dalam film takut. Nah film-film pendek itu pun punya judul simple seperti Pasar Setan, Wajang Koelit, Kotak Musik, Palasik, dan Loket.

1. Pasar Setan
Aduh... Baru film pertama, tapi judulnya aja udah bikin merinding kaya gini... Pasar setan ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sari yang tersesat di hutan. Ia mencari-cari Jaka, pacarnya yang terpisah di hutan. Siang-siang bolong dia masuk ke hutan yang lebat dan cukup gelap. Nah... Ketika terus masuk ke hutan, ia mendengar suara ramai-ramai seperti pasar. Ia pun tertarik untuk mencari asal suara tadi. Entah kenapa tiba-tiba ia semacam menembus dunia gaib. Suasana sekitar hutan tadi berubah seketika menjadi malam dan penuh dengan cahaya obor. Beberapa menit kemudian Sari terbangun dan hari sudah siang. Ia kembali mencari Jaka sambil berkeliling.
Disisi lain, ada seorang pria bernama Zul yang mendaki gunung dengan temannya. Namun ia ketinggalan jejak teman-temannya ketika beristirahat sejenak. Saat berusaha mengejar temannya Zul bertemu dengan Sari yang duduk dibalik pohon sendirian. Zul pun dengan baik menawarkan diri untuk membantu Sari. Sari pun meminta Zul untuk menemaninya mencari Jaka. Zul menyarankan agar Sari turun ke lereng saja, karena barangkali si Jaka sudah menunggu di lereng gunung. Sari tetap ngotot mencari Jaka di hutan. Sampailah Sari dan Zul di hutan tempat Sari mendengar suara ramai-ramai kemarin. Sari berkata pada Zul bahwa sebaiknya mereka menghidari hutan itu. Namun seolah tersihir, Zul tidak menggubris kata-kata Sari. Zul semakin mendekat ke arah suara ramai-ramai itu dan Zul pun menembus ruang gaib menuju dunia lain. Sebenarnya apa yang sedang terjadi?

2. Wajang Koelit
Seorang turis asing bernama Nichole mendatangi acara wayang kulit di sebuah desa terpencil untuk artikelnya. Nichole berencana untuk mewawancarai salah satu sinden pertunjukan wayang itu. Nah anehnya si mbak-mbak sinden tadi tuh mukannya pucet banget dan ketika ditanyai si mbak-mbak sinden ini malah ngeloyor pergi. Nichole menemukan tusuk konde milik sinden yang sudah pergi tadi terjatuh di tanah. Ia pun berencana mengembalikan tusuk konde itu besok sementara itu ia menyimpannya di rumah. Sejak membawa tusuk konde itu, Nichole jadi mendengar suara-suara aneh. Ia juga mengalami kecelakaan kecil, secara tiba-tiba tusuk konde tadi menancap ke tangannya. Sayangnya kesialan dari tusuk konde itu belum seberapa bila dibandingkan dengan kejadian yang akan menimpa Nichole kelak gara-gara kelancangannya...

3. Kotak Musik
Farah, seorang dosen muda yang sama sekali tidak percaya dengan adanya hantu ini sering melakukan penelitian-penelitian di tempat angker untuk mengungkap bahwa hantu itu tidak ada yang ada hanyalah imajinasi atau proyeksi dari rasa takut manusia.
Pada penelitannya yang terakhir ia membawa pulang sebuah kotak musik dan semenjak itu pula Farah sering mengalami kejadian yang gaib. Mulai tiba-tiba berpindah tempat tidur hingga penampakan gadis cilik dengan wajah pucat. Apakah sebenarnya rahasia dari kotak musik itu?.

4. Palasik
KIKOSer tau tentang ilmu palasik?. Katanya para pengguna ilmu ini jadi panjang umur dan kaya raya. Namun syaratnya orang-orang yang ngelmu (mempelajari ilmu) ini setiap beberapa malam sekali akan melepaskan kepala dari tubuhnya dan mencari mangsa ibu-ibu yang sedang hamil. Yang menyeramkan adalah tidak hanya kepalanya saja yang terlepas dan bergentayangan mencari mangsa. Tapi seluruh organ dalamnya pun ikut terbang bersama kepala tadi.
Sebuah keluarga terdiri dari istrinya yang sedang hamil, suaminya dan Novi, anak tiri-nya yang sudah remaja sedang berlibur ke sebuah vila di gunung. Si Uda (nama panggilan si istri ke suami-nya) mengatakan pada istrinya kalau ini adalah vila milik bos-nya yang dipinjamkan padanya secara cuma-cuma. Tentu saja si istri sangat senang sekali.
Kebahagian si istri tidak berlangsung lama karena ia di hantui oleh kepala melayang. Si istri mulai curiga ada yang tidak beres dengan vila itu. Apa lagi di vila itu ada seorang penjaga vila yang mencurigakan ditambah lagi ada sebuah ruangan yang tidak pernah dibuka. Mampukah si istri lolos dari kejaran hantu palasik itu?.

5. Loket
Seorang gadis penjaga loket parkir di sebuah mall sedang kebagian shift malam. Namun entah mengapa ia merasa seperti melihat hantu wanita yang bergentayangan di sekitar loket. Wanita itu mengemudikan mobil namun tidak pernah melewati loketnya. Mobil itu hanya berputar. Terkadang hantu wanita itu mendekat padanya. Apa yang sebenarnya terjadi?. Siapa hantu wanita itu?

Komen.... Jujur film ini tidak seperti bayangan Epik. Dari segi cerita itu ngaget'in dan mengutip kata-kata Reyko, kalau film ini itu bikin penonton bilang "Loh? Kok gini? Oalah... Gitu..." ketika lihat ending dari setiap film pendek yang disajikan. Bukan menekankan pada ketakutan penonton dari awal hingga akhir tapi lebih menekankan ending yang nge-twist dan itu ngga buruk. Justru menghadirkan nuansa yang berbeda dari horor-horor lain.

Kekurangannya adalah efeknya yang ngga bisa dibilang bagus. Malah terlalu kacangan untuk film yang release di tahun 2012. Meski ada efek komputer tapi efeknya juga tidak bagus. Terutama untuk film pendek berjudul Palasik. Hm... tuh film efeknya malah bikin ketawa. Kalau soal efek, jujur film Takut jauh lebih baik dan bagus dibanding Hi5teria. Tapi kalau soal isi film, dua-duanya punya kelebihan sendiri-sendiri yang memang boleh dikasih jempol-lah. Dari 5 film pendek yang terkandung di film ini Epik paling suka yang berjudul Kotak Musik. Alasannya ending dari film ini bikin shock banget dan agak bikin confuse.

Over all boleh juga kok nih film... Jadi tonton yaaaa... Hehehe...

Referensi:
-http://www.imdb.com/title/tt2251820/

Nih Epik kasih cuplikan filmnya:







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Welcome To KIKOS World

Foto Saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Hallo,Hello,Annyeong,Konnichiwa!! Welcome To KIKOS World

Share It