Selasa, 17 Juli 2012

Ortu Cerai?? No Galau Lahhh


Kalau malem gini, waktunya ReyKo Curcol and ngasi sedikit tips, saran, atau wejangan (Hahhaa,sok Tua banget). Aq share ini sebatas ngasi saran yaa KIKOSer nggak maksud mengumbar kesedihan atau ngebuka luka lama(Whhahaha). Yang merasa Trauma atau masalah sama kasus Perceraian WAJIB BACA
Kali ini ngebahas “PERCERAIAN”, topik ini emang nggak ada matinya...apalagi pelakunya Seleb / artis, 1 hari bisa 3-6X liat beritanya di TV ~_~. Tapi gimana kalau KIKOSer sendiri yang ngerasain, atau punya pengalaman seputar Perceraian? Pasti ngerasa beda banget, ngerasa sedih? Frustasi? Kecewa? Atau biasa aja? . Yaaa tiap orang pasti beda2 ngerasainnya. Begitu juga dengan Aq...dan...ceritaaa dimulai!

Yaa perceraian memang nggak jauh dari hidup Q, tapi bukan aq yaa yang cerai.hehehe. tapi orang tua Q. (Eitss jagan kira Aq ngetik ini dengan mengharu-biru, minta dikasiani dengan nambah2 kata2 hiperbola (Moga2BenerNulisnya), and sambil dengerin lagu melooo. #AbaikanKembaliKeTopik#~Harap baca dengan gembira yaa^^~)

            Yakk, orang tua saya memilih buat berpisah waktu aq kelas 2SD (Sekarang saya sudah 19th,cukup lama lah), jujur awalnya aq nggak ngerti apa bedanya setelah ortu cerai and sebelum cerai. Soalnya aq tipe anak mandiri. Kedua Orang tua ku kerja, ibu Q sekolah plus kerja. And ngebuat ibu ninggalin aq sama Bapak buat sekolah di kota lain. So, ini ngebuat aq nggak terlalu deket sama ibu. jadi aq biasa idup yg nggak terlalu dimanja gitu yaa..
  Akhirnya mereka cerai karena “hal2” yang “Hanya Urusan Ortu”. Sidang memutuskan aq ikut Bapak, karena memang aq lebih nyaman tinggal sama orang yang lebih dekat dan nyaman^^.
            Awalnya semua berjalan lancar, sampai orang2 SD tempat aq sekolah and warga sekitar mulai tanya2, apa aq baik2 aja? Gimana perasaan Q? Sedih atau nggak?~_~ bener2 buat risih. Ini nih yang ngebuat beberapa anak yang Ortunya cerai jadi sedikit terganggu...lingkungan yang nggak mendukung. Tapi untung masih ada mama temen Q yang nggak pernah tanya2 kayak orang2 “iseng” lain, beliau (BiarSopanYak) lebih seperti mengasuh Q jadi aq dianggap anak sendiri, nggak ada tatapan kasian Qe aq (Ju2r Aq risi kalau orang kasian Cuma gara2 masalah keluarga Q)..biasa aja...dia bener2 jadi seperti pengganti ibu. Tapi nggak bisa bohong juga kalau aq sedih..wajar lah anak2.
            Kalau hari libur aq pergi ke rumah ibu, yah main2 berdua. Walaupun pisah hubungan kami masih baik aja.^^. Sekarang Ibu dan Bapak Q sudah menikah lagi, dan keluarga Q semakin besarr.
            Yaahh sekian cerita *YangAqSingkat* dari Aq. Tapi ini belum selesai KIKOSer...saran and tipsnya belum aq tulis.hhehehhe. Dan ini lanjutannya..: (Maaf yaa kalau judul rada aneh di baca dulu dah...nanti paham)
Tips Menghadapi Trauma Ortu Bercerai
1. Jangan STRESS
            Yaa buat beberapa anak perceraian memang nggak mudah, apalagi perceraian ortu yang “nggak wajar”. Sedih boleh...tapi jangan terlalu, nangis seharian, ngurung diri di kamar, and nggak mau makan. Kalau yang ngelakuin ini anak2 sih wajar...tapi buat yang uda Gede jangan sampai yaa. Di lain akan memperburuk suasana ini juga akan membuat ortu kalian tambah susah. Mending buat KIKOSer yang punya masalah kayak gini bicarain baik2 deh sama Ortu soal unek2 kalian. Dulu yaa waktu kelas 5 aq pernah nie ngambek gara2 selalu Bapak aq yang nggambil rapot...padahal temen2 yang lain ibunya yang nggambil, sempet iri sama temen2...tapi akhirnya aq tanya ke Bapak, dan aq dijelasin panjangggg lebar soal nggak ada bedannya siapa yang ambil, ibu sibuk jadi Bapak yang gantiin “yang penting ibu sama Bapak sayang adek”. Dulu manggut2 aja kalau Bapak ngomong gini...tapi kalau dipikir2 sekarang apa nyambungnya~_~hheheehh. Tapi paling enggak aq terbuka sama Bapak kalau ada masalah. Dengan ini bisa ngurangin Stress.
2. Cari Teman yang Banyakkk!!!
            Ortu cerai jangan jadiin alesan buat jadi anak pemurung and suram yaa. Ini bisa bikin sumpek. Cari teman yang banyak (dunia luar masih indah), biar kita selalu ada temen cerita atau curhat. Teman emang berpengaruh besar buat aq diwaktu-waktu sulit. Mungkin karena teman lebih dekat dan seumuran sama aq jadi nggak ada canggung waktu cerita.^^.
3. Lakukan Kegiatan2 Positif
             Yahhh kalau uda punya teman yang asik, pasti banyak kegiatan kan??, nah pilih kegiatan positif yang KIKOSer suka. Hal ini juga akan ngebantu KIKOSer pasca Ortu Cerai. Ini cara yang sering aq pakek. Dulu aq sama tetangga buka bisnis persewaan komik and novel, walaupun kita masih sama2 SD tapii bisnis kita larisss maniss (GajiQu1000/minggu>_<). Ini ngebuat aq lupa kalau ada yang “beda” di keluarga Q.
4. Dekatkan diri ke Tuhan
            Sebagai manusia kita nggak mungkin seneng terus, pasti ada masa-masa susah. Terutama saat dihadepin sama ortu yang bercerai. Kalau iman kita nggak kuat and kita kurang dekat sama Tuhan, pasti kita lebih gampang Stress, galau, and gelisah. Biasanya selesai Sholat aq kayak curhat gitu...cerita2...apa yang ngebuat aq senang atau kesel, Violaa hati jadi plong...lega gitu. Aq ngerasa ini semua dipermudah sama Allah^^. Dan jangan sekali-kali KIKOSer nyalahin Tuhan gara2 perceraian Ortu, ngerasa Tuhan nggak adil lah, nggak sayang sama kita lah (Ini tambah buat Stress kita numpuk loo “=3=)...bukannya sok atau gimana yaa..daripada mikir jelek gitu, aq lebih ngerasa Allah percaya sama Aq, Allah ngasi cobaan yang belum tentu anak2 lain bisa nanggung. Gara2 hal ini Allah kayak ngasi pelajaran tambahan, daripada anak2 lainnya pelajaran soal hidup pastinya^_^(Pikiran Positif lebih baik).
5. Ikhlas
            Yang terakhir ini rada susah emang yaa. Kita harus lapang dada, nerima segala cobaan, jangan salahkan siapapu. Terima Ortu kalian apa adanya, keputusan mereka bercerai pasti ada alasannya. KIKOSer juga harus berfikir bahwa kalau Ortu Bercerai bukan hanya anak saja yang sedih, orang tua pastinya lebih sedih. Jadi kita harus Ikhlas^^. mungkin KIKOSer dalem ati bilang ("Luu Enak ngomong doang"!!!) tapi Reyko kasi saran sebatas pengalam aq sendiri, namanya aq juga manusia juga kadang2 susah banget relain sesuatu...tapi coba deh..hasilnya bakalan lebih baik^___^

            Cukup 5 aja yaa tipsnya...ini yang pokok2 aja.hehehe
Oya..lupaa..bagi KIKOSer yang punya pengalaman sama kayak Aq (Ortu Cerai) jangan berkecil hati yaaa...jangan rendah diri juga, kayak merasa terlalu mengasihani diri sendiri ngebuat orang lain kasian and khawatir.

            Kemudian hapus pikiran bahwa anak hasil perceraian selalu jadi anak nakal. Jangan bikin Ortu kita susah, jangan cari gara2 buat dapet perhatian =_=. Buktikan sama orang2 bahwa kita bisa...kita sama kayak keluarga lainnya (Hidup!!). Jadi orang baik atau jahat itu pilihan kita, tapi tolong terima semua resikonya.hehehe
 Selingan:
        Menurut pengalaman Q melihat kehidupan Aq sendiri dan beberapa teman “sejenis” , perceraian ortu yang terjadi waktu anak mereka masih kecil tidak terlalu berdampak besar bagi anak. Mungkin karena anak masih kecil dan belum terlalu mengeti “kondisi” ortu mereka, jadi tingkat stress bisa ditekan dan ortu bisa memberikan penjelasan dengan lebih lama...dan semakin anak ini dewasa dan mengerti kondisi mereka, biasanya mereka juga akan menerima. Berbeda kalau yang Ortu cerai di saat anak mereka remaja, saat kondisi anak lagi masa pencarian jati diri.. agak ababil gitu.. pasti reaksinya bisa terbalik, bisa anak brontak dengan cara wajar atau ekstrime atau cara2 lain yang tak terbayangkan (Amit2*Ketok2Meja* Jangan sampek KIKOSer gini yaa)

            Selain itu pilihlah teman yang baik, nerima kalian apa adanya and nggak ngajak kalian ke hal2 negatif (Tapi kalau kalian yg mau atau yg balik ngajak ursan ama Tuhan masing2 yaa~_~). Karena memang anak yang Ortunya bercerai pengawasannya agak longgar gitu ya..(Heheheh pangalaman).

Yoss...sekian curcol dan Tips Geje Aq semoga bermanfaat. Apapun masalahnya pikir baiknya, and Ikhlas. Pengalaman religius Aq soal Ikhlas uda banyak banget, percaya tiap masalah pasti ada jalannya ^_^. Jadi serahkan keputusan akhir sama Tuhan, kita hanya berusaha keras dan berdoa.

Perhatian: Pengalaman pribadi bisa berbeda dampak di tiap orang...ini hanya Curcol and Tips Geje semata.

PS: DOMO Arigatou buat Epik yang mau ngehias2 and edit tulisan Q yg salah. hehhe (Aq Author yg rada males baca tulisan sendiri"=3=)
~ReyKo~

4 komentar:

  1. Hahaha makasih yah… namaQ ampe disebut2 gituh hahaha… >_<

    aku mau sedikit コメント(: komento : komen) hahahaha
    pertama, soal kalimat “aku anak yang mandiri” wkwkwk you must be kidding me hohoho kamu tu manja kak! tapi kamu itu anak manja yang BERANI, TEGAR, dan CERIA

    Kedua, soal lakukan kegiatan positif wkwkwkwk hm… nyekokin anak ayam tetangga pake ramuan dari sabun tu termasuk kegiatan positip yah? wkwkwkwk just kid… :D
    yah sekian kak… hanya sedikit komen hahaha….

    BalasHapus
  2. Ehmmmm gimanaa yaa..jadi anak2 kan gak harus lempeng muluuu!whhwhwhw

    Aq manidiri mamen..Bapak Q aja Yang kelewat "Keibuan"~_~ jadi saya kurang bebas..hehehh
    Selebihnya..saya Anak yang "mencoba" jadi anak baik2^^

    BalasHapus