Kamis, 12 Juli 2012

Bunraku (文楽),Teater Boneka khas Jepang


Negara Jepang sama seperti nagara Indonesia, mereka memiliki banyak kesenian rakyat yang terkenal seperti tarian, nyanyian, dan teater. Nah kali ini Epik akan memberi info mengenai kesenian teater rakyat yang ada di Jepang, khususnya Bunraku. Let’s check it out apa itu bunraku…


Sebenarnya teater rakyat di Jepang terdiri dari 5 genre besar, yakni:
·         Bugaku,
·         No,
·         Kyogen,
·         Bunraku, dan
·         Kabuki.
          Kelimanya merupakan teater total. Karena menyatukan unsur-unsur tari, musik, dan seni bercerita. Tiga unsur tersebut dianggap sebagai perpanjangan  dari ketentuan-ketentuan seni puisi sansekerta klasik yang diterapkan dalam tari dan drama.
          Mari kita lihat dari segi bahasa. Bunraku memiliki kanji 文楽 (ぶんらく). Kanji 文 (ぶん) memiliki arti seni, dekorasi, atau figure. Dan kanji 楽 (らく) memiliki arti musik. Jadi bunraku adalah kesenian musik.
 Bunraku adalah teater boneka khas Jepang. Teater Bunraku atau ningyo joururi (boneka narasi) dapat disebut juga dengan oyatsuri joururi berasal dari seni pertunjukan rakyat ciptaan rakyat biasa (dari periode Edo 1600-1868). Pertunjukan merupakan hasil kreasi tayū bernama  Takemoto Gida dari kelompok boneka Takemoto-za. Kata bunraku mengarah pada pementasan ningyo joururi yang ada di Osaka. Kesenian ini bermula dari pementasan ningyo johruri oleh seniman Uemura Bunrakuken I di Osaka.
           Bunraku adalah pertunjukan yang hanya dibawakan oleh laki-laki. Tiga unsur pertunjukan teater bunraku disebut sangyō (さんぎょう) yang terdiri dari tayū (太夫) a.k.a narator pertunjukan, pemain shamisen, dan 3 ningyō tsukai (人形遣い)a.k.a dalang.
          Di sisi kanan penonton, terdapat pangung yang disebut yuka (床). Di atas yuka terdapat panggung berputar yang menjadi tempat duduk tayū dan pemain shamisen. Bagian tubuh dalang dari pinggang ke bawah dihalangi dari pandangan penonton memakai penghalang dari papan kayu yang disebut tesuri (手摺り).
musican's stage itu adalah yuka
 
                   Kepala, badan, dan tangan kanan boneka digerakkan oleh dalang utama yang disebut dengan omozukai (おもずかい). Tangan kiri digerakan oleh asisten dalang yang senior atau disebut Hidarizukai (左図解)dan kaki-kaki boneka digerakan asisten dalang yang lebih junior atau disebut ashizukai (足図解). Di karenakan boneka wanita tidak memiliki kaki, asisten dalang bertugas menggerakkan kimono dan membuat gerakan bayangan seakan boneka tersebut memiliki kaki. Gerak-gerik boneka harus disinkronisasikan dengan narasi dan musik pengiringnya. 
mekanisme Omozukai, Hidarizukai, dan Ashizukai
sandal geta yang super TINGGI..... ()__()
           Umumnya dalang dan asisten dalang menggunakan pakaian hitam agar seolah-olah tidak terlihat. Dalang utama wajahnya terlihat karena biasanya adalah seniman tersohor, sedangkan asisten dalang wajahnya ditutupi kain hitam. Dalang mengenakan geta, sandal khas jepang, berhak tinggi dari kayu untuk mengimbangi posisi asisten dalang yang menggerakkan bagian kaki boneka. Nyanyian dan suara boneka dilantunkan oleh tayū, sehingga tayū harus bisa menyuarakan suara pria ataupun wanita.


Sekedar tambahan:
·         Pada dasarnya Bunraku ini mirip dengan kesenian wayang golek. Yaitu sama-sama mengunakan boneka sebagai alat pertunjukan. Bedanya wayang golek hanya memiliki 1 dalang dan dalang tersebut menyuarakan setiap karakter boneka yang ia mainkan. Sedangkan bunraku memiliki banyak dalang.
·         Sebenarnya di Thailand ada pertunjukan yang hampir sama dengan bunraku Jepang. Satu boneka sama-sama di mainkan oleh 3 orang dalang. Teater di Thailand tersebut bernama teater “Nang” atau teater boneka bayangan. berasal dari Thailan bagian Selatan.
"Nang" teater boneka tradisional Thailand
          Mengingat postingan ini adalah tugas Epik di semester satu dan kebetulan Epik cuma kebagian membahas Bunraku, ya… Epik akan membahas bunraku dulu lalu postingan mengenai teater jepang yang lain menyusul yah… (^__^)v

Ini Epik kasih gambar-gambar bunraku lebih banyak:






referensi:
http://www.travelinthailand.org/thai-theater/
http://factsanddetails.com/japan.php?itemid=713&catid=20&subcatid=131
http://www.corbisimages.com/Search#p=1&q=bunraku
http://wikipedia.com (yah walau kadang HOAX tapi web ini sangat membantu)
dan beberapa web yang aku lupa nyantumin namanya, saya ucapkan terima kasih...
ngga lupa buat KIKOSer yang mau baca postingan ini, Epik juga mau bilang terima kasih...
どうも ありがとうございました...

Postingan Terkait:
Bagian Boneka Bunraku  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar