Kamis, 19 Juli 2012

Hantu FAMOUS Indonesia (Part-2)


Yaaa waktunyaa yang Horor2 KIKOSer Malem2 Sama ReyKo *NgetiknyaWaktuMalemJumat*
Sebelumnnya ReyKo uda bahas beberapa hantu Famous Indonesia…and kali ini aq bakal ngelanjutin lagii…yang belum baca Part awal bisa baca: http://kisah-anak-kost-kikos.blogspot.com/2012/07/hantu-famous-indonesia.html
O-Key langsung Show Time buat Hantu2 nya:

1.   Pocong
Buat yang kemaren binggung Si Pochi ini belum di liput sekarang waktunyaaa. Maaf yaa Pochi nggak aq bahas banyak2…bentuknya nggak nyatai banget..apalagi mukanya..tiap ngetik kebayang-bayang mulu (EeeCieee)

Pocong adalah sejenis hantu yang berwujud pocong, yaitu badan terbungkus kain kafan. Di Malaysia, hantu semacam ini dikenal pula sebagai hantu bungkus (~_~ Nama yg Unyuu). Jika kita melihat dalam film ataupun televisi pocong di gambarkan melompat-lompat, di tipi2 malah ada yang ngesot lah(Kayak ulet), mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat (Whahaah alasan logis, coba dikasi sepatu roda lebih seru kayaknya).
Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocongk asli dan pocong palsu dimasyarakat. Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini (Yaa Tau lah yang beken and sering bikin Film(=3=)) Menurut kepercayaan masyarakat, ada cara untuk melepaskan diri bila dikejar oleh pocong. *Cara ini Bisa di coba KIKOSer…sapa tau kan…buat jaga2*
Cara pertama adalah tiarap sedangkan
Cara kedua  adalah jalan berkelok-kelok layaknya cacing (Biar Pochi pusing kali yaaa~_~) Sebetulnya penampakan hantu pocong itu dibedakan menjadi tiga:
 Yang pertama mungkin benar karena si mayat lupa dibukakan tali pocongnya atau si arwah tersebut masih banyak tanggungan selama hidupnya di dunia sehingga mencoba meminta maaf dengan wujudnya seperti pocong. Kedua, penampakan sosok hantu pocong bisa juga berasal dari jin yang menyerupai sosok pocong. Dan yang ketiga, penampakan hantu pocong juga bisa muncul karena guna-guna atau dimanfaatkan tubuhnya untuk menakut-nakuti oleh seorang dukun atau ahli santet dengan meminta tumbal untuk memperkuat ilmunya.  Percaya atau Enggak Pochi emang eksis. Aq pernah ketemu 1X and nggak harap pengen ketemu lagi~_~”

2.     Tuyul
Tuyul 3X hah..hah..hah

Siapa yg nggak tau Hantu imut ini~~Aq Taunya dari TV aja
Tuyul adalah mahluk ghaib dari golongan jin yang memiliki kemampuan khusus. Tuyul ini sangat kecil ukurannya, kira-kira tingginya 5 cm - 6 cm. Tuyul ini dapat dilihat oleh mata terbuka, dan dapat diajak bicara, tapi itu hanya dapat berlaku bagi majikannya. Tuyul biasanya memang diperkerjakan oleh manusia untuk alasan tertentu (biasanya mencuri uang atau perhiasan dan barang berharga lain yang dimiliki oleh incaran majikannya yang ingin mencuri kekayaan sang korban).
Konon tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang meninggal ketika dilahirkan (bisa juga merupakan janin berusia tujuh bulan lebih yang akhirnya diaborsi – dia ditangkap pemburu tuyul saat gentayangan mencari ibunya, dan kemudian dijual kepada orang yang ingin kaya tanpa usaha). Karena berasal dari bayi, karakter tuyul bersifat seperti anak-anak yaitu gemar bermain dan sangat sering berulah iseng. Karena berasal dari bayi pulalah, tuyul lebih memilih majikan wanita karena memedi ini konon masih menyusui dan si majikan harus rela menyiapkan makan berlebih bahkan harus bersedia menyusui tiap kali si tuyul ini lapar dan haus. *Kasian Gimana pun dia masi anak2*

Namun cara menangkal tuyul konon adalah dengan memasang yuyu (kepiting air tawar) di sudut-sudut rumah, karena tuyul menyukai hewan yang satu ini sehingga ia memilih bermain dengan yuyu daripada mengerjakan tugas mencuri dari tuannya. Selain itu ada dengan meletakkan cermin di atas uang yang anda simpan, menurut miros yang berkembangdi masyarakat tuyul tidak akan mengambil uang yang dilipat(contohnya seperti di dompet). Di wilayah lain ternyata kasus mengenai tuyul juga berkembang, contohnya di Kupang penangkalan terhadap tuyul sedikit berbeda dengan di Jawa. Penangkalan tuyul di daerah Kupang dengan meletakkan sisir dan garam dekat uang yang anda simpan.

3.     Genderuwo 

Genderuwo, gandaruwa, gendruwo atau Genderuwa atau nama Gaulnya si Wowo adalah memedi(Hantu) Jawa yang perwujudannya mirip seperti monyet raksasa. Tubuhnya sangat besar (jauh lebih besar dari manusia normal bahkan kadang ada yang sebesar pohon tinggi dan lebih besar dari rumah), seluruh tubuhnya di tutupi rambut-rambut lebat (seperti monyet) dan berkulit hitam kemerahan. Konon ia hobi tinggal di batu berair, rumah kosong, bangunan tua, pohon yang besar dan teduh (seperti pohon beringin, melinjo atau pohon besar lain) dan sudut-sudut rumah yang sepi dan lembab.

Yang menyeramkan dari Genderuwo selain perwujudannya adalah kemampuannya untuk merubah diri menyamar menjadi manusia dan sifatnya yang iseng serta cabul (Buat para wanita ati2 sama mz Wowo). Dalam wujud apapun, Genderuwo sangat senang menggoda kaum perempuan: mulai dari menepuk, mencolek, mengelus bahkan konon sampai berhubungan badan berkat kemampuannya menggendam (hipnotis) dan berubah wujud (biasanya menjadi pasangan si wanita yang ia incar) ~Iihh Mesum banget ini hantu~_~.

 Dalam mitos Jawa, ketika seseorang tidur dan terbangun dalam mimpi (bangun dalam keadaan sadar namun tak mampu menggerakkan tubuh) hal ini disebut tindihan, nah konon si Gendruwo inilah tukang tindihnya. Banyak kasus di Jawa berkaitan dengan kelahiran anak tanpa ayah dengan wujud menyeramkan yang dikaitkan dengan Genderuwo, salah satunya adalah kasus Tebo dari Jember yang tubuhnya sangat besar dan dipenuhi bulu yang heboh sekitar tahun 70an. Konon Genderuwo berasal dari arwah penasaran yang meninggal dengan tidak sempurna, seperti bunuh diri, kecelakaan atau proses penguburannya tidak sempurna.
Sekian dari saya semoga menambah pengetahuan KIKOSer soal dunia
 Per-Hantuan^^...

Perhatian: Ini adalah tugas kuliah aq yang udah nggak “dipakek” jadi mungkin ada yang sama dengan beberapa sumber. Sisanya paraphrase, inisiatif pribadi, and Wawancara.
PS: makasii sekali lagii buat Epik...yang nambahin gif..pochi imut2 ituu
Sumber:
Google
 2012. “Inilah nama nhantu hantu jawa”.  http://anam78.blogspot.com, diakses tgl  15-3-2012
2012. “7 mitos hantu lokal paling terkenal”. http://tujuhpedia.com, diakses 15-3-2012

~ReyKo~

1 komentar: