Kamis, 10 Juli 2014

James and the Giant Peach “Petualangan Ajaib Bersama Buah Peach Raksasa dan Serangga yang Bicara”

Whoaaa... masi puasa kan KIKOSer?
Nah, puasa-puasa sambil ngabuburit mending baca novel. Epik kasih referensi novel anak yang dijamin kagak bikin puasa batal hahaha... baca yaaa...

Judul
James and the Giant Peach
Penulis
Roald Dahl
Genre
Novel Sastra Anak
Penerbit
Puffin
Jumlah Halaman
156
Tahun Terbit
1995 (cetakan ke-3)

Roald Dahl (saat masih muda)
James Henry Trotter pada awalnya adalah bocah yang berbahagia. Ia tinggal bersama kedua orang tuanya di pinggir pantai dimana James biasa bermain bersama teman-teman sebayanya. Saat usianya 4 tahun, James harus kehilangan ayah dan ibunya karena dimakan badak raksasa yang kabur dari kebun binatang. Semenjak itu ia tinggal di rumah tua di puncak bukit bersama kedua Bibinya, bernama Bibi Sponge yang tambun dan Bibi Spike yang kurus kering. James tidak pernah sekalipun diperlakukan layak saat tinggal bersama Bibi Sponge dan Bibi Spike. Ia tidak pernah diijinkan pergi ke pantai atau sekedar bermain bersama anak-anak lain, James justru dipaksa bekerja tanpa henti.
James Henry Trotter
Suatu hari yang panas, James diperintahkan kedua bibinya untuk membelah kayu, sedang kedua bibinya hanya bersantai-santai. James teringat saat ia bisa bermain bersama teman-temannya di pantai dulu dan ingatan itu membuatnya menanggis tersedu-sedu. Bibinya marah melihat James menangis dan menghardiknya pergi sambil terus meracau tak keruan. James pun berlari ke pekarangan yang luas dan tandus. Disana ia menangis dan menangis hingga ia melihat seorang pria tua yang menatapnya dari balik semak-semak.

Pria tua itu terlihat eksentrik dengan jas hijau yang tidak biasa, sejujurnya nampak sedikit mencurigakan dengan kepala botak dan janggut lebat. Pria tua itu berkata pada James untuk mendekat dengan suara serak. James tentu saja ketakutan. Namun pria itu sebetulnya berniat baik, ia memberi James sekantung biji yang terlihat dapat bergerak-gerak. Pria itu berpesan agar menaruh biji-biji tersebut ke dalam gelas kemudan tuang air ke dalam gelas tersebut lalu diminum. Biji-biji itu bisa membuat James bahagia (semacam dapat mengabulkan keingingan). Tapi si pria tua mewanti-wanti agar jangan sampai biji-biji itu hilang satupun, karena jika lepas maka si biji akan 'melepas' kekuatan sihirnya kepada makhluk pertama yang ia jumpai termasuk tanaman, serangga, atau hewan. James pun berterima kasih dan bergegas lari ke rumah untuk menjalankan saran si pria tua.

Sayangnya, James justru terantuk dan menjatuhkan kantong berisi biji tersebut. Maka tumpahlah seluruh isinya ke tanah tandus dan serta merta tersedot ke dalam tanah. James berusaha mengais-ngais tanah tempat biji-biji itu jatuh, namun sia-sia karena biji-biji itu telah lenyap tak bersisa. Menyadari bajwa impiannya agar bisa merasakan kebahagiaan lenyap, James kembali menanggis tersedu-sedu. Tiba-tiba kedua bibinya muncul dan memarahi James. Saat memarahi James itulah tiba-tiba keajaiban terjadi. Bibi Sponge mengatakan bahwa ia melihat sebuah peach yang semakin membesar dipuncak pohon. Bibi Spike awalnya tidak percaya, namun kemudian ia dapat melihat sebuah peach yang terus membengkak hingga seukuran rumah.

Bibi Sponge dan Bibi Spike kegirangan
Bibi Sponge dan Bibi Spike merasa beruntung memiliki peach raksasa. Mereka memiliki ide untuk memamerkannya keseluruh negeri dan menarik bayaran bagi orang-orang yang ingin menonton peach raksasa tersebut. Lalu bagaimana dengan James? Tentu saja James kembali diacuhkan bahkan ia tidak mendapat makan malam karena kedua bibinya sibuk menghitung uang hasil memamerkan buah peach. James yang kesepian pun mendekati peach raksasa kemudian ia melihat lubang cukup besar pada buah itu. James yang penasaran pun masuk melalui lubang tersebut dan bertemu serangga-serangga ajaib yang bisa bicara. Bagaimana kisah selanjutnya? Baca sendiri ya KIKOSer…

Mungkin ada satu kata yang menggambarkan novel ini dan kata itu adalah 'weird'. Hahaha... Kenapa bisa gitu? Entah menurutku novel ini agak mengerikan jika dibaca anak-anak. Entah apa yang dipikirkan Roald Dahl saat bikin novel ini (=___=)?. Selain penuh dengan kata-kata cacian, novel ini juga menggambarkan hal-hal yang bikin ngeri. Misal ada kata-kata 'they explode and they blow off your head'. Kalau lihat sekilas sih ngga serem, tapi begitu resapi... agak creepy. Terus ada percakapan creepy antara Bibi Sponge dan Bibi Spiker saat mencari-cari James karena semalam dia dihardik pergi. Nah karena ngga muncul-muncul si Bibi Spiker berspekulasi mengenai keadaan James dan bilang 'Mungkin dia jatuh saat gelap dan mematahkan kakinya' dan Bibi Sponge menimpali dengan nada yang sedikit berharap "atau mungkin lehernya?". Seolah-olah mematahkan leher bukan hal mengerikan. Bisa aja kan kata-kata di atas menyebabkan anak mimpi buruk *Alay detected*. Apalagi Bibi Sponge dan Bibi Spiker suka memukuli James sejak kecil serta selalu merendahkan James dengan julukan-julukan sadis (manurutku cukup sadis untuk level novel anak). Oh men... Epik rasa novel yang ini ngga cocok dibaca anak-anak dibawah usia 14 tahun deh. Celotehan-celotehan di novel ini kayak dark humour gitu. Humor tapi gloomy (macam humornya Happytree Friend versi soft).

Hal yang patut dipuji adalah imajinasi dari si penulis. Sebagai pembaca, Epik sama sekali ngga kepikiran petualangan semacam novel ini. Menurut Epik ngga membosankan meski dibaca oleh orang dewasa soalnya ceritanya tuh unpredictable (anak-anak yang terlalu kecil jangan baca ya...). Oh iya, dalam novel ini ada beberapa part yang memuculkan karya-karya Roald Dahl sebelumnya. Disini sekilas dimunculkan pabrik coklat Willy Wonka yang ada dalam novel Charlie and The Chocolate Factory.

Untuk download James and The Giant Peach (versi Inggris) silahkan klik DISINI

Referensi:
-link PDF diatas terhubung dengan http://english4success.ru/Upload/books/449.pdf


For Your Information:
-Entah mengapa Epik lebih suka gambar ilustrasinya dibuat oleh Quentin Blake, karena lebih lucu... Sedang ilustrasi dari novel PDF di atas itu dibuat oleh Nancy Ekholm Burkert lebih realis sih tapi agak sedikit creepy hehehe



1 komentar:

  1. Epik chan minhaeee-_-,bukunya masii aq tahan.ahahaha
    Maaf yaaa Aq jarang ngasuh KIKOS,ckck,
    Tapii aq bakal comeback bulan ini, ahahahaa,jadi tunggu ne~~
    ^3^

    BalasHapus