Jumat, 20 Maret 2015

Esio Trot “Tips Mr. Hoppy Mengambil Hati Wanita Pengemar Kura-kura”



Yes, akhirnya dapet lagi buku karangan Roald Dahl… Yah KIKOSer tau sendirikan kalau  Epik lagi berusaha ngoleksi karya Roald Dahl. Nah, buku ini Epik dapat pas lagi berburu novel di Kampung Ilmu dan ini buku kedua Roald Dahl yang Epik beli di Kampung Ilmu. Ahhh senangnya… (>V<)/. Baca ya~


Judul
Esio Trot/ Aruk-aruk
Penulis
Roald Dahl
Genre
Cerita Anak
Penerbit
Gramedia
Jumlah Halaman
65
Tahun Terbit
April 2006 (cetakan pertama)


Roald Dahl
Apa yang KIKOSer rasakan saat bertemu orang yang KIKOSer sukai? Deg-deg’an? Jelas. Nervous? Pasti. Lidah kelu? Bisa jadi. Mungkin itulah yang dirasakan oleh Mr. Hoppy terhadap Mrs. Silver, tetangganya yang tinggal di bawah apartemen tempatnya tinggal. Mr. Hoppy benar-benar menyukai Mrs. Silver, namun sayangnya dia terlalu pemalu untuk sekedar mengajak Mrs. Silver ngobrol panjang. Percakapan mereka hanya sebatas saling menyapa di pagi hari saja.

Mrs. Silver mempunyai peliharaan kesayangan yaitu seekor kura-kura yang diberi nama Alfie. Saking sayangnya terhadap Alfie, setiap hari Mrs. Silver membisikan kata-kata sayang sambil membelai-belai batok kura-kura tersebut, bahkan Mrs. Silver membuatkan Alfie rumah mungil agar Alfie merasa hangat. Perlakuan spesial Mrs. Silver terhadap Alfie terkadang membuat Mr. Hoppy sangat iri. Terlintas dalam benak Mr. Hoppy andai saja ia bisa menggantikan posisi Alfie maka ia akan rela meski menjadi seekor kura-kura sekalipun.

Suatu hari saat Mrs. Silver member makan Alfie, Mr. Hoppy memberanikan diri untuk menyapanya. Mereka pun sedikit mengobrol itupun berkenaan dengan Alfie. Mrs. Silver merasa sedikit khawatir dengan Alfie, karena berat badan Alfie nyaris tidak bertambah dari hari ke hari. Mrs. Silver berharap paling tidak Alfie bisa menjadi sedikit lebih besar dari sekarang ini. Tiba-tiba terlintas ide dari kepala Mr. Hoppy agar bisa PDKT alias pendekatan dengan Mrs. Silver. Ia mengatakan pada Mrs. Silver bahwa ia tahu sebuah mantra untuk membuat kura-kura tumbuh besar lebih cepat. Mampukan mantra itu berhasil membuat Alfie tumbuh besar? Atau justru karena mantra itu Mrs. Silver jadi jatuh hati pada Mr. Hoppy?. Baca yaaa…

Mungkin tema besar dari buku ini adalah dengan menjadi berani dan kreatif seseorang dijamin akan meraih apa yang diimpikan. Yah, seperti lagu JKT 48 bahwa “usaha keras pasti tak akan menghianati” hahaha… Sejurus dengan The Twits, buku Esio Trot ini termasuk cerita yang tidak terlalu panjang tidak seperti Charlie and the Chocolate Factory. Ceritanya singkat dan padat. Oh iya… Meski ada cinta-cintaannya tapi ngga terlalu dewasa-dewasa banget kok. Epik rasa masih bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Seperti dalam karya-karyanya yang lain, Roald Dahl pun menggunakan permainan kata-kata dalam Esio Trot ini. Epik awalnya bingung waktu baca judul buku ini ‘Esio Trot’ hm… apa ini bahasa Perancis ya? Lalu yang bikin Epik lebih bingung adalah terjemahan dari ‘Esio Trot’ adalah ‘Aruk-aruk’… walah apa’an tuh ‘Aruk-aruk’?. Eh ternyata Esio Trot itu berasal dari kata ‘Tortoise’ yang dibaca dari belakang. Sedang terjemahannya Tortoise adalah kura-kura jadi judulnya pun dibalik jadi ‘Aruk-aruk’. Hahaha… pinter banget… kreatif… semacam bahasa Malangan*.

Over all, Epik tetep suka karya Roald Dahl yang satu ini. ^^ KIKOSer baca juga ya~

Web Resmi:
-https://roalddahl.com/


Referensi:
-http://www.imdb.com/title/tt3205394/

 
Penjelasan:
*)Bahasa Malangan: boso Kiwalan/ osob Kiwalan/ boso Malangan (arti: bahasa Malang) adalah bahasa yang diciptakan orang dari daerah Malang, Jawa Timur, yakni dengan mengucapkan kata-kata dari belakang. Misal kata ‘kecil’ jadi ‘licek atau kata ‘slow’ (dibaca: selow) jadi kata ‘woles’. Tidak semua kata diucapkan dari belakang, ada ‘rumusnya’ sendiri. Bahasa semacam ini konon awalnya dijadikan bahasa sandi saat bercakap-cakap hal penting guna mencegah mata-mata pribumi yang bekerja untuk Belanda memahami isi percakapan tersebut.

For Your Information:
-Esio Trot sudah dibuat versi TV Movie-nya yang release bulan Januari 2015 di UK dengan genre komedi romantis. Diperankan oleh Dustin Hoffman (as Bernie Focker in Meet the Focker) sebagaai Mr. Hoppy dan Judi Dench (as 'M' in Skyfall) sebagai Mrs. Silver.
Romantisnya Mr. Hoppy dan Mrs. Silver
 
Spesial Thank’s :
-Ichu, temen Epik, yang mau Epik ajak jalan ke Kampung Ilmu... makasih Ichu <3 br="">

Nih Epik kasih gambarnya:




Postingan Terkait:

-James and the Giant Peach "Petualangan Ajaib Bersama Buah Peach Raksasa dan Serangga yang Bicara"
-TheTwits "Balasan Untuk Pasangan Twits yang Kejam"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar