Minggu, 08 Maret 2015

The Twits “Balasan Untuk Pasangan Twits yang Kejam”



Satu lagi nih persembahan dari Roald Dahl. Epik berniat mengkoleksi beberapa novel pengarang tertentu nih... Yang udah Epik niatin buat ngoleksi adalah karya-karya Roald Dahl, Goosebumps karya R.L. Stine, dan Diary of Wimpy Kid karya Jeff Kinney. Sebenernya pingin ngoleksi novel Stephen King, Mitch Albom, dan Jodi Piccoult tapi belom bener-bener diniati dari hati buat ngumpulinnya hehehe. *duit problem*.

BTW, akhir tahun kemaren toko buku online Periplus ngasih diskon gede-gede'an untuk beberapa buku termasuk beberapa novel karya Roald Dahl dan Epik pun menjadi beringas karena pingin beli hahaha. Setelah pesen dan bayar, Epik nunggu seminggu'an buat dapetin novel ini. Yeah... Seneng akhirnya datang juga... ><. Nah sekarang tinggal nge-review-nya, langsung aja~


Judul
The Twits
Penulis
Roald Dahl (Ilustrator: Quentin Blake)
Genre
Novel Anak
Penerbit
Puffin
Jumlah Halaman
76
Tahun Terbit
2013 (cetakan ke-?)

 
getting uglier
"If a person has ugly thought, it begins to show on the face. And when that person has ugly face gets uglier and uglier until it gets so ugly you can hardly bear to look at it"

Roald Dahl
Mr. dan Mrs. Twits adalah sepasang suami istri yang jorok dan kejam. Mr. Twits yang memiliki wajah penuh rambut tidak pernah sekalipun mencuci rambut di wajahnya. Kamu dapat melihat serpihan-serpihan makanan di sekitar mulutnya. Rambutnya pun tumbuh semerawut seperti bulu sikat gigi yang rusak. Sedang Mrs. Twits memiliki tubuh yang gemuk dengan wajah yang mengerikan. Dulu Mrs. Twits tidak terlahir mengerikan seperti itu tetapi karena ia selalu berpikiran buruk wajahnya perlahan-lahan menjadi buruk rupa. Mrs. Twits memiliki mata pengganti yang terbuat dari kaca dan dia selalu membawa tongkat jalan. Tongkat itu bukan untuk membantunya berjalan tetapi untuk mengusir binatang atau anak kecil yang ia anggap mengganggu.

Pasangan Twits ini suka mengerjai satu sama lain. Pernah suatu hari Mrs. Twits dengan iseng memasukan bola mata palsunya ke dalam gelas bir yang sedang diminum Mr. Twits. Begitu sadar telah dikerjai Mrs. Twits, Mr. Twits langsung membalasnya dengan memasukan kodok besar ke dalam selimut Mrs. Twits. Dan begitulah mereka, terus menerus saling membalas.

Muggle-Wumps
Rumah pasangan Twits cukup besar dan seperti penjara tanpa jendela. Mereka memiliki sebuah kandang berisi keluarga kera yang bernama Muggle-Wumps. Kera-kera ini dipaksa untuk berdiri dengan posisi kepala di bawah karena Mr. Twits terobsesi membuat pertunjukan kera yang melakukan segalanya dengan terbalik. Namun nampaknya pasangan Twits tidak peduli bahwa keluarga Muggle-Wumps sangat tersiksa. Diam-diam keluarga Muggle-Wumps menunggu kesempatan untuk membalas perbuatan pasangan Twits.

Cerita The Twits mungkin ngga seimajinatif Charlie and The Chocolate Factory atau James and Giant Peach, tapi nih ya KIKOSer, ada pelajaran moral yang Epik dapat. Seperti yang tertulis dibagian awal review'an yang mendeskripsikan seseorang yg berpikiran negatif akan terpancar dari wajahnya dan perlahan wajahya jadi buruk rupa. Lanjutan kalimat itu adalah:

"a person who has good thoughts cannot ever be ugly. You can have a wonky nose and a crooked mouth and double chin and stick-out of your teeth, but if you have good thoughts the will shine out of your face like sunbeams and you will always look lovely".

Pasangan Twits
Sebetulnya jika diresapi, kata-kata ini mendorong anak untuk bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan pada dirinya dengan begitu mereka jadi tidak berkecil hati dengan fisiknya. Selain itu juga mendorong anak agar tidak mencemoooh orang lain agar tidak menjadi buruk rupa macam pasangan Twits dan tetap berkelakuan baik supaya wajah mereka bersinar. Is it good, right? :D. Sejauh Epik membaca beberapa novel Roald Dahl, Epik ngga menemukan nilai-nilai yang digambarkan secara eksplisit semacam ini selain di Charlie and the Chocolate Factory dan pada The Twits ini. Cerita simpel tapi sarat makna...

Seperti biasa, novel (atau mungkin lebih tepatnya adalah novel pendek) ini dihiasi dengan ilustrasi-ilustrasi unyu-unyu alias imut yang dibuat oleh Quentin Blake. Epik suka banget dengan ilustrasi Quentin Blake yang emang imut dan sesuai dengan karya Roald Dahl. Bahkan Roald Dahl juga 'jatuh cinta' dengan karya Quentin Blake dan menjalin kerja sama hingga lebih bertahun-tahun.

Hal yang spesial dari terbitan Puffin ini adalah adanya bonus di halaman belakang. Bonus ini berisi tentang biodata Roald Dahl, kisah masa kecil Roald Dahl, dan narasi singat mengenai Quentin Blake. Wah... jadi pembaca bisa lebih mengenal siapa itu Roald Dahl dan Quentin Blake. ^^

Kesimpulannya, Epik novel The Twits ini bakal masuk list novel yang Epik suka dan termasuk buku yang akan Epik rekomendasikan untuk KIKOSer. Recommended! :D

Web Resmi:
-https://www.roalddahl.com/


Spesial Thank’s :
-terima kasih untuk Periplus yang selalu menyuplai novel-novel dan majalah-majalah keren... Arigatou ;D makasih juga buat kalendernya ^^
-Terima kasih banyakkkk untuk Ko Wha (budhe kesayangannya Epik) yang secara ngga langsung membelikan Epik novel ini *dapet duitnya dari Ko Wha soalnya* :)

Nih Epik kasih gambarnya:
The Twits another cover
The Twits another cover
The Twits another cover
Pasangan Twits yang 'aneh'



Postingan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar