Senin, 14 Oktober 2013

Komik Review: Islam Sehari-Hari (Yang Penting, Yang Terabaikan), Tindakan "lumrah" yang Ternyata Salah

Selamat magrib KIKOSer, Asallammuallaikum

Reyko dateng buat menuhin janji nie, mau ngasi Review komik dari Djenggoten (lagi), soal ISLAM SEHARI-HARI, yang penting yang terabaikan. maaf yaa ini bukan postingan yang seger, cz uda ada di draf lamaa banget.heheh, maklumin waktu nulis buat blog rada berkurang KIKOSer.
Buat KIKOSer yang belum baca komik2 sebelumnya bisa baca (ini and ini ) dulu yaa.
Bismillah, yuk buka komik and mari belajar bersama.



ISLAM SEHARI-HARI, yang penting yang terabaikan
Pengarang        : vbi_djenggotten
Penerbit            : QultumMedia

Tebal                  : 100 (lebih klw nggak salah) Halaman



          Komik kali ini judulnya ISLAM SEHARI-HARI, KIKOSer. Seperti komik-komik sebelumnya, komik ini juga ada beberapa sub judul yang ngasi tau mengenai perbuatan yang “keliatannya” wajar, udah biasa, and sering dilakukan TAPI perbuatan2 itu dosa KIKOSer. Reyko juga belajar dari komik ini ternyata banyak (banget) kelakuan-kelakuan Aq yang ternyata salah. Di review'an kali ini Aq bakal lebih sering ngasi wejangan dari komik KIKOSer, tapi yaa nggak semua sih.heheh.

          Yakk, biar mudeng and enak di baca bakal Aq bagi beberapa part. Ini anggep aja kita teman bermain dan belajar (bobo kalii~_~), bukan sok tau, apalagi menghakimi, and menggurui.


1. Hanya Sejengkal Tanah
          Di bab ini dijelaskan, mengambil sejengkal tanah yang bukan hak kita itu sama aja merampas hak orang lain. Contoh gampangnya nie,
EX: Reyko jualan Es cendol di deket kampus, berhubung buka stan mahal, akhirnya Reyko jualannya di trotoar. Nah ini trotoar fungsinya (tauu kan fungsi trotoar apa’an?) kan bukan buat itu...tapii mumpung.ahahha, kebayang kan kalau Es Cendol Reyko uda terkenal seantero kampus and pelanggannya membludak.
          Nah contoh di atas Reyko uda menggambil hak orang lain, and itu nggak baik KIKOSer.


“ Barang Siapa mengambil sejengkal tanah secara zalim maka pada hari Kiamat Ia akan dihimpit tujuh lapis bumi” (HR. Muslim)



2. Foto Pre Wedding
          Wihh kalau ini mah Aq buat jaga2 buat masa depan. Ahaha. Sebenarnya Aq udah sering denger wacana soal foto2 PreWed yang WOW and terkesan (maaf) intim. Jadi setelah baca komik ini Aq uda mulai ngerancang konsep foto Prewed yang nggak seronok, atau kesannya kelewat intim takutnya mengarah ke Zina.
EX: buat KIKOSer yang hobi petualangan apalagi sama calon istri/suami, bisa foto sambil lari-lari di hutan, atau kejar-kejaran di pantai. Nah nggak mungkin bersentuhan kan. Atau yang hobi makan/ wisatakuliner, bisa foto sambil masak bareng atau foto gaya pak Bondan, pasti yang di pegang makanannya kan. Heheh, mungkin konsep2 itu yang bakal Reyko pakek.

“Janganlah kamu mendekati Zina, Sesungguhnya Zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” (Q.S AL-Isra:31)

3. Berpakaian Tapi Telanjang
          Kalau ini cukup sering Reyko lakuin, disengaja/enggak, sadar/pura2 nggak sadar (jujur ajalah). Sebagai perempuan kadang maunya pakek baju yang lucu2 and IN lagii trend gitu kan. Tapi kadang Aq lupa sama aturan perpakaian yang baik terutama waktu pakai Jilbab/hijab. #PLAK, nah pelanggaran apa itu:
a. Pakaian ketat dan melekuk-lekuk, harus ku akui, aku masih sayang kamu~~...(Eeee malah nyanyi Pingkan). Kadang waktu berjilbab Aq sering pakai pakaian yang pass banget di badan, sebenarnya agak longgar gitu kan, atau pakai pakaian yang pendek/ nggak panjang sampai bawah pinggang. Semoga dengan nulis ini Aq bisa berubah perlahan, maluu kan kalau ketemu KIKOSer tapi pakaian masi amburadul.

b. Hijab/ jilbab yang kurang tepat.
Kalau 1 ini dulu masih awal2 pakek jilbab sering salah Aqnya, waktu baca komik ini sama SellSella, kita jadi diskusi and saling mengingatkan.
Gimana sihh jilbab yang kurang tepat itu?
-          Transparan and rambut menyapa di sela-sela kerudung, jadi kadang rambut Reyko masih keliatan, buat ngakalinnya biasanya Aq pakek ninja (daleman kerudung)
-          Kerudung yang kependekan (banget) sampai2 leher keliatan.~_~, (IstifarDiPojokan)
-          Pakek hijab yang ada sanggulnya, (liat gambar di bawah), kalau begituan Reyko malah pusing yaa.


          Waktu baca yang bagian ini, berasanya detail banget mengatur cara berpakaian perempuan. Tapi setelah baca yang ini.

          Baru sadar seberapa berhaganya perempuan di mata Allah, jadinya badan kita juga di jaga sebaik mungkin. Kalau kita menghargai diri sendiri (degan berpakaian sopan), pastinya orang lain juga akan segan and menghargai kita KIKOSer^^, (Ini Harus Reyko tempel di Jidat)

4. Mau Cantik Tapi...
          Kalau bab 4 ini Reyko ngarang sendiri KIKOSer, soalnya ada beberapa Bab soal (intinya) mempercantik diri. Soo Aq gabungin aja.hehe
          a. Menyambung Rambut
         Diriwayatkan  dari Aisyah, Asma, Ibnu Mas’ud, Ibnu Umar dan Abu Hurairah RA, bahwa: “Rasulullah SAW. Melaknat Perempuan yang menyambung rambut/ yang minta disambungkan rambutnya” (HR.Bukhari).

b. Perempuan dengan Wewangian.
Kalau ini yang rada susah Aq ilangin, jujur. Tapi akhirnya Aq pakeknya nggak berlebihan. Kalau biasanya “mungkin” 5-7 semprot sekarang 2 semprot cukup (and hanya di acara2 penting). Nggak yang lebay 1 liter di tumpain and baunya sampai 5 meter.ahaha
“ Siapa saja perempuan yang memakai wangi-wangian, kemudian melewati suatu kaum supaya mereka itu mencium baunya, maka perempuan tersebut dianggap berzinah. Dan tiap2 mata (yang memandangnya) adalah zina” (HR. Nasai, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)


c. Merubah bentuk tubuh (untuk kecantikan)
Dalam sebuah Hadis disebutkan:
“Dilaknat Perempuan-perempuan yang menjaragkan giginya supaya menjadi cantik, yang mengubah ciptaan Allah”(HR. Bukhari-Muslim). Termasuk oprasi plastik untuk kecantikan juga ternyata KIKOSer.

5. Gelar Haji
          Ini Reyko baru tau ternyata Rasulullah nggak pernah menggunakan gelar-gelar haji begitu bula sahabat-sabat Rasul. Aq nggak peka sii KIKOSer, soalnya di Indo. Uda hal biasa gituu kan (Nahh Setannya Keluar). Haji itu merupakan salah satu rukun islam, nah kalau ada. EX: Hj. Reyko Syalal, Admin KIKOS, tapi nggak ada tu orang pakek nama, EX: ZKT. (zakat) Reyko Syalala, atau Sholat Reyko Syalal. Rada aneh kalau dipikir-pikir. Tapi semoga KIKOSer nggak berburuk sangka yaa sama orang yang tipe2 contoh diatas, siapa tau niatnya Syi’ar and niatnya baik.


          Waduhh Reyko ngetiknya kebanyakan kayaknya. Buat KIKOSer yang capek baca bisa istirahat dulu, sholat, makan, atau tidur dulu juga boleh. TAPII nanti dilanjut lagi bacanya.

(Jeda Istirahat, Reyko Senam Jari, KIKOSer senam Mata)








Lanjuttt~~

6. Mencela makanan
          Ini bab terakhir yang bakal Aq bahas, soalnya waktu baca ini mak “JLEB” banget. Buat KIKOSer yang sering tersesat (mampir) di KIKOS pasti tau Aq doyannya makan, diliat dari review’an yang makanan mulu. Kadang Aq nggak sadar mungkin mengkritik makanan dengan kelewatan, cerewet/banyak maunya (bilang aja nggak sopan), atau buang2 makanan. Kalau ada KIKOSer yang ngelakuin hal ini, ayoo berubah bareng2 jadi lebih baik^^. Kita bisa ngasi masukan buat yang masak dengan cara yang halus kalau masakannya nggak enak (curhatt).

ex:


“ Rasulullah SAW, tidak pernah mencela makanan. Kalau senang Beliau makan dan kalau tidak senang Beliau biarkan saja”(HR.Buhari)
          Yahh, Buat KIKOSer nggak bosen2nya Aq bilang, buat baca komik2 dari Djenggoten, apalagi yang ini. Banyak banget manfaat and pelajaran yang bisa di pelajari. Di komik kali ini Aq bilang pemainnya karakternya lebih beragam and tegas (kadang jatuhnya lebay) tapi tetep Konyol n Lucu (Banget), karakter tokoh komiknya juga di sesuaikan sama karakter beberapa orang di Indo. Dan tema cerita yang di Angkat emang NYATA BANGET ada di lingkungan kita, jadi bisa deh kita praktekin langsung.

          Sekian yaa dari Reyko, mohon maaf kalau ada salah-salah kata. Ingat kita ini teman bermain dan belajar yaa KIKOSer, jadi bukan menggurui and sok2’an gimana gituu Aqnya, kita belajar bersama.hhahah. Alhamdulillah.

Tebar-tebar Gambar:


Dari Abu Hurairah RA,
Bahwa Rasulullah SAW Bersabda:
“Barang Siapa yang mengajak kepada petunjuk, maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikit pun pahala mereka. Barang siapa yang mengajak kepada kesesatan, maka ia juga turut berdosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun
(HR. Muslim)


Sumber Hadis, semua ada di dalam Komik ini yaa KIKOSer, Cuma Aq kutip/ tulis ulang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar