Minggu, 20 Oktober 2013

Batu Ninja Merajalela (O__O)/



Ninja Rocks
Wow… Batu ninja? Weleh weleh… apa’an nih?. Apakah ini ninja-ninja dari anime Naruto? Ataukah ninja-ninja yang pake batu dalam berperang?. Tenang KIKOSer, bukan itu kok… Trus apa’an? Baca ya~


Sebelum membahas mengenai apa itu batu ninja, Epik mau curhat dulu neh~. Beberapa minggu lalu, emak dan bapak-nya Epik pergi ke Surabaya (rumah Epik ada di Sidoarjo) naik mobil. Nah pas pulang tiba-tiba emak laper trus bapak nyaranin makan di RM. Padang gitu. Karena mobil yang parker di deket ruh RM banyak, bapak-nya Epik marker-nya agak jauhan dikit.

Selesai makan, emak ama bapak-nya Epik kaget kaca mobil bagian kanan belakang udah pecah berantakan. Trust as yang ada di dalem mobil udah ngga ada. Tas itu isi-nya cuma baju bersih dan beberapa baju kotor punya emak. Soal-nya kapan hari emak ngerasa ngga enak badan dan berniat opname di rumah sakit tapi akhir-nya ngga jadi opname. Nah tuh tas baju masih tergeletak di dalem mobil dan belum sempet dikeluarin. Emang sih kaca mobil bapak-nya Epik ngga terlalu gelap, bisa jadi itu yang mengundang orang-orang berniat jahat. Dari kejadian itu bapak-nya Epik masang kaca gelap.

Selain itu beberapa hari lalu temen-nya Reyko (kita panggil Mbak Pu) juga mengalami hal serupa ibu dan bapak-nya Epik. Kabar-nya Mbak Pu ini turun dari mobil buat beli minum. Eh pas balik kaca mobil-nya pecah. Masih belum tau sih Mbak Pu ini kehilangan apa… Tapi yang jelas kasus-nya mirip kan?.

Maling cara lama~

Nah, jaman sekarang penjahat udah ngga pandang bulu dan udah ngga ada perasaan sama sekali. Segala cara dilakukan men~. Kasus pemecah kaca kayak gini memang bukan hal baru, tapi entah mengapa akhir-akhir ini jadi “in” lagi. Umum-nya si pemecah kaca ini pakai batu atau besi untuk memecah kaca. Modus operandi pemecah kaca ini biasa-nya akan memecah kaca mobil saat pengemudi lengah meninggalkan tas atau barang berharga di dalam mobil. Setelah dirasa aman, si pemecah kaca akan beraksi memecah kaca mobil, mengambil barang berharga, dan kabur secepat kilat.
 
break glass
Pertanyaan terbesar dalam benak Epik adalah mengapa ngga ada orang yang mendengar suara kaca pecah?. Seharusnya kalau kaca mobil di lempar batu pasti ada suara kaca pecah yang cukup mengundang perhatian. Nyata-nya?. Ternyata ada benda lain selain batu dan besi yang digunakan untuk memecah kaca. Benda yang lebih tidak berisik dan lebih portable dibanding 2 benda di atas. Benda itu adalah batu ninja.

Keramik Busi
Batu ninja atau ninja rocks adalah sebutan untuk keramik dari busi di Amerika. Diberi julukan demikian karena keramik busi juga dipakai sebagai alat pemecah kaca mobil di Amerika sana (disebut ninja rocks crime/ criminal). Cara kerja keramik busi yang “silent but deadly” dipilih oleh penjahat pemecah kaca sebagai senjata ampuh. Tahun 2003 di California keramik besi telah dimasukan kedalam daftar alat-alat pencurian. Si pencuri bisa dipenjara dengan hukuman max 6 bulan dan/atau denda 1000 dollar.

Keramik busi adalah alumunium oxide ceramic yang memiliki tingkat kekerasan skala 9 Mohs, satu tingkat dibawah intan yang tingkat kekerasan-nya skala 10 Mohs. Mohs adalah ukuran tingkat kekerasan benda-benda mineral (batu-batuan alam) yang ditemukan oleh ilmuan Jerman bernama Friedrich Mohs tahun 1812.
 
Friedrich Mohs
Kaca mobil yang berasal dari batu kwarsa memiliki tingkat kekerasan 6,5 skala Mohs sedang besi atau platinum tingkat kekerasan-nya 4,5 skala mohs. Karena itu kaca mobil tidah mudah pecah kalau dilempar besi berukuran kecil (misal mur). Meski keramik busi berukuran lebih kecil tetapi tingkat kekerasan-nya lebih tinggi dibanding kaca mobil. Jadi bisa memecah kaca mobil dengan dorongan (dibantu gaya dorong) yang sedikit. Keramik busi ini menghasilkan dampak yang terfokus pada 1 titik di permukaan kaca jadi kaca-nya bolong kecil tapi disekitar permukaan bolong itu retak-retak.

Nah, untuk menghindari kejahatan yang satu ini, KIKOSer jangan kebiasaan meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Kalau memang ingin ninggalin barang di dalam mobil mending disimpan di bagasi aja. Sebenernya nih KIKOSer bisa menambahkan alarm mobil yang menggunakan sensor getar. Jadi begitu mobil dilempari kaca-nya, alarm mobil akan berbunyi. Sayang-nya, alarm sensor getar ini bakal bunyi juga kalau ada mobil besar (truk atau trailer) lewat disebelah mobil. Soal-nya kena getaran mobil besar yang lagi melaju…

Yap… sekian laporan dari Epik. Semoga bermanfaat bagi KIKOSer ya~
Chiao~



Referensi:
-Tabloid Otomotif adisi 17-23 Oktober 2013
-http://en.wikipedia.org/wiki/Ninja_rocks
-http://www.criminaldefenselawyer.com/resources/ninja-rock-crime.htm
-http://ninjalaw.wordpress.com/2013/03/01/ninja-rocks-broken-pieces-of-spark-plug-porcelain-111/
-http://2.bp.blogspot.com/ (gambar ninja, sudah Epik edit gambar-nya)
-http://images.reachsite.com/ (gambar)
-http://www.autopricelocksmiths.co.uk (gambar)


2 komentar:

  1. Wahhh baruu,tau manfaat bangetnie pi. Tapi semoga ga ada malingmobil yg baca postingan ini,ahahah,takutnya d tiru. Emang paling aman d bawa aja ya benda2 berharganya, biar aman.maling uda tmbh canggih skrng><

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha jgn2 habis gini Reyko jadi maling spesialis pecah kaca (O___O)?

      hehehe becanda :)

      -Epik-

      Hapus