Minggu, 26 Agustus 2012

The Exorcist "Horor Jadul yang Melegenda"


Peringatan!
Postingan ini memuat beberapa gambar yang mengerikan! Tidak disarankan bagi ibu hamil, orang yang dengan penyakit jantung, orang yang mengidap necrophobia (phobia terhadap mayat), serta orang yang mengidap hemophobia (phobia terhadap darah) untuk membaca dan melihat postingan ini!

Judul
The Exorcist
Genre
Horror
Tanggal Rilis
19 Juni 1973 (Amerika)
Bahasa
Inggris
Sutradara
William Friedkin
Durasi
122 menit
Nama Pemain
Linda Blair
Sebagai
Regan MacNeil
Ellen Burstyn
Sebagai
Chris MacNeil
Jason Miller
Sebagai
Father Damian Karras
Max Von Sydow
Sebagai
Father Merrin

     Bagaimana kalau seorang gadis berusia dua belas tahun yang sebelumnya manis dan cantik berubah menjadi beringas dan mengerikan? Tentu sebagai ibu, perubahan itu membuat Chris kalang kabut. Entah mengapa anaknya, Regan, yang sebelumnya baik-baik saja tiba-tiba berubah menjadi sosok yang mengerikan. Diawali dengan Chris seorang single parent yang tinggal bersama anak perempuannya, Regan. Entah mengapa Regan tiba-tiba jatuh sakit dan sikapnya berubah dari hari ke hari. Chris sudah membawanya ke dokter, namun kata dokter kondisi fisik Regan baik-baik saja. Dokter pun terus memeriksa Regan untuk mecari sebab musabab Regan sakit, namun penyebabnya masih belum ditemukan.
Regan, si gadis manis, sedang diperiksa dokter
      Regan terlihat jenuh dan tersiksa dengan berbagai tes yang diberikan dokter. Suatu kali bahkan Regan mengumpat dan memaki suster yang memerikasanya. Dokter pun menyimpulkan bahwa mungkin Regan memiliki masalah ketidakseimbangan emosi dan hormonal. Regan pun semakin sering diperiksa yang sebetulnya membuat Regan tersiksa. Keadaan Regan semakin memburuk. Dokter masih belum bisa menemukan penyebab penyakit Regan.
Kerasukan Pertama... (OoO)
      Segala cara sudah dilakukan tapi tidak dapat menyembuhkan Regan. Kondisinya semakin mengenaskan, kulitnya kering dan mengelupas. Bahkan yang aneh dia sempat melayang-layang di atas ranjang dan memutar lehernya 180 derajat. Beberapa teman menyarankan untuk melakukan exorcist (pengusiran arwah dengan do'a-do'a). Namun Chris bukanlah seseorang yang religius tapi melihat keanehan Regan yang seolah berada di luar kuasa manusia, memaksa Chris untuk melakukan exorcist terhadap  Regan.
      Chris pun menemui seorang pendeta yang sudah biasa melakukan exorcist. Pendeta itu bernama Father Damian. Father Damian pun setuju dan menemui Regan. Father Damian menyelidiki apakah benar Regan kesurupan. Setelah diketahui bahwa Regan benar-benar kesurupan iblis, Father Damian meminta bantuan gurunya bernama Father Merrin untuk melakukan exorcist. Apakah Father Damian dan Father Merrin bisa mengusir iblis dari raga Regan? dan bisakah mereka selamat? Nonton sendiri ya KIKOSer… (^-^)
      The Exorcist memang film yang melegenda. Film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama ini benar-benar film yang sukses. Bagaimana tidak, di jamannya saja film ini mendapat banyak nominasi. Sempat memenangkan 2 penghargaan dengan katergori nominasi naskah terbaik dan sound terbaik. Bahkan film ini sempat dibuat remake dan di buat sequel-nya. KIKOSer ingat film Constantine yang dibintangi oleh Keanu Reeves? Film itu juga merupakan film yang terinspirasi dari The Exorcist loh! (^__^)
     Banyak efek-efek keren yang menjadi sangat populer dari film ini. Mulai dari gerakan “spider walk” milik Regan, efek melayang di alas ranjang, sampai adegan memutar kepala ke belakang hingga 180 derajat. Untuk sebuah film tahun 70’an, efeknya sudah sangat bagus, efek melayangnya terlihat real bahkan ngga kelihatan talinya loh…
Spider Walk yang terkenal...
      Kekurangan dari film ini adalah alurnya yang kelewat lambat dan cenderung membosankan. Epik aja nonton sama Reyko sampe ketiduran, swear ngga bo’ong!. Bagi Epik kesan horor dari film ini nanggung. Begitu suasana horor jadi mencekam eh… malah tiba-tiba berganti ke scene yang ngga serem dan itu berlangsung berulang-ulang. Contohnya saja ketika Regan menuruni tangga dengan “spider walk”nya, scene tidak berlanjut ke arah yang lebih horor… Kalau dibuat grafik, bentuk grafiknya itu kayak gini:

     Kesimpulannya adalah film ini kurang menarik untuk ditonton. Namun untuk sebuah film yang melegenda bolehlah untuk sekedar tahu dan pernah nonton.

Resensi:
-http://www.imdb.com/title/tt0070047/
-google.com (untuk gambar-gambarnya)
-tumblr.com (untuk gambar-gambarnya)
Epik kasih beberapa cuplikan filmnya ya… :D
Chris and Regan
Green Puke... ewww... Yaiks...

speachless... (OAO)

Memutar leher...

Behind the scene



3 komentar:

  1. Hahah.kamunya yg tidur pi..aqnya teler...Yg Alurnya loo..gak..gak..gak kuat..whahah

    BalasHapus
  2. kykx asik ni.

    ap bisa di bilang mirip m film An American Hunting y kak2 Epik

    BalasHapus
  3. waduh Epik belum nonton American Haunting... (O__O)?
    nanti kalau udah nonton Epik bakal review deh... Makasih udah comment sama ngasih info soal info film... Hehehe (^__^)

    BalasHapus