Senin, 20 Agustus 2012

Bendera-bendera Wilayah Jepang Part 1: Prefektur Aichi


Selamat Malam…こんばんわ…
Epik pingin nanya nih… KIKOSer pasti ngga asing sama gambar bendera negara dibawah ini kan?
Bendera Jepang
     Yap… Ini bendera dari Negara Jepang… Tapi tahu ngga, ternyata di Jepang setiap daerah di negaranya memiliki lambang bendera masing-masing loh… mulai dari Wilayah (region), Perfektur (prefecture), sampai Kotanya (city)… Nah Epik kali ini ingin membahas dan memberi sedikit info yang Epik kumpulin beberapa hari, mengenai lambang bendera dari berbagai wilayah di Jepang…

Secuplik Intermezo:
     Jepang merupakan negara kepulauan seperti Indonesia, memiliki empat pulau utama yang besar. Pulau terbesar adalah pulau Honshu (本州), Pulau paling Utara adalah pulau Hokkaido (北海道), Pulau paling Selatan adalah pulau Kyushu (九州), dan pulau terkecil dari empat pulau utama tersebut adalah pulau Shikoku (四国).
Japan Region

      Di dalam pulau-pulau tersebut dibagi beberapa wilayah (region). Wilayah tersebut bernama wilayah Hokkaido (北海道), wilayah Chubu (中部), wilayah Kyushu (九州) dan Okinawa (沖縄), wilayah Tohoku (東北), wilayah Kansai (関西), wilayah Kanto (), wilayah Shikoku (四国), dan Chugoku (中国). Region atau wilayah masih dibagi lagi menjadi Prefektur. Perfektur merupakan pembagian wilayah berdasarkan administrasi di Jepang. Kalau di Indonesia, Prefektur setara dengan Provinsi. Jepang memiliki 47 Prefektur yang terdiri dari satu prefektur metropolis atau ibu kota yaitu Tokyo (東京), satu prefektur sirkuit yaitu Hokkaido (北海道), dua prefektur perkotaan yaitu Osaka (大阪) dan Kyoto (京都), serta 43 prefektur lainnya.
Region dan Prefektur Jepang

     Prefektur masih dibagi lagi ke dalam beberapa bagian yaitu kota besar dan distrik. Di dalam distrik masih ada lagi kota kecil dan desa. Uniknya, Masing-masing daerah memiliki lambang bendera sendiri-sendiri. Epik akan mencoba untuk menunjukan seluruh gambar lambang bendera di setiap wilayah untuk sekedar KIKOSer tahu (Pengangguran iseng mode on hahaha).
     Begitu banyak lambang bendera di negeri Jepang. Bahkan hingga sampai kepelosok-pelosok desa memiliki lambang bendera tersendiri yang menonjolkan ciri khas daerah tersebut. Untuk mempermudah KIKOSer untuk melihat-lihat postingan mengenai berbagai bendera di wilayah Jepang Epik akan menunjukkan satu atau dua prefektur setiap kali posting.


1. Prefektur Aichi (愛知県)

Prefektur Aichi

     Prefektur Aichi terletak di Pulau Honshu. Lebih tepatnya berada di bagian selatan dari region Chubu. Prefektur Aichi di batasi oleh Prefektur Mie, Gifu, Nagano, dan Shizuoka. Terletak di daerah pinggir pantai sehingga hasil lautnya cukup terkenal. Prefektur Aichi terdiri dari 38 kota, 16 kota kecil dan desa yang terbagi dalam 7 distrik. Ibukota wilayah Prefektur Aichi adalah Nagoya.
 Lambang Bendera Prefektur Aichi
Nama dan bendera dari 38 kota di Aichi:

Aisai
Ama
Anjo
Chiryu
Chita
Gamatori
Handa

Hekinan
Ichinomiya

Inazawa
Inuyama
Iwakura
Kariya
Kasugai
Kitanagoya
Kiyosu
Komaki
Konan
Miyoshi

Nagakute
Nagoya (Capital City of Aichi Prefecture)
Shinshiro

Nishio
Nisshin
Obu
Okazaki
Owariasahi
Seto
Tahara
Takahama
Tokai
Tokoname
Toyoake
Toyohashi
Toyokawa
Toyota
Tsushima
Yatomi


Nama dan bendera dari 16 kota kecil dan desa dari 7 distrik di Aichi:

Distrik Aichi


Togo

Distrik Ama


Kanie

Oharu

Tobishima
Distrik Chita


Agui

Higashiura

Mihama

Minamichita

Taketoyo

Distrik Kitashitara


Shitara

Toei

Toyone
Distrik Nishikasugai


Toyoyama

Distrik Niwa


Fuso
Oguchi

Distrik Nukata

Kota


Referensi:
-http://japanku-indonesiaku.blogspot.com/2009/11/prefektur.html
-http://www.webdesignerdepot.com/2009/09/100-examples-of-japanese-municipal-flags/

-http://en.wikipedia.org/wiki/Aichi_Prefecture

Sementara satu dulu ya KIKOSer... Epik udah pusing nih lihat bendera terus-terusan hahaha... sampai jumpa di postingan berikutnya. hahahaha... bye~ 

Lihat juga
-Bendera-bendera Wilayah Jepang Part 2: Prefektur Akita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar