Selasa, 10 Juli 2012

Hantu FAMOUS Indonesia!!


Selamat malam KIKOSer^^
Malem ini tiba2 Aq Pengen Share seputar Hantu Di Indonesia
Dulu Aq pernah dapet tugas Kuliah tentang hantu2 gitu, dari pada Gak Guna di lapy mending di Share kan??heheh
Mumpung Aq ngetiknya hampir tengah malam…jadi biar seru>_<…

KIKOSer pasti tau kan hantu2 yang uda famous di Indonesia??
Lah ini Aq bakalan ngasi gambaran Umum seputar beberapa hantu beken di Indo. And asal tau juga yaa KIKOSer ReyKo sudah wawancara beberapa narasumber (GiatSoalnyaTugasKul.)
Ternyata Hantu2 di Indonesia memiliki berbagai nickname  yang berbeda-beda di tiap wilayah looo KIKOSer…tapi pada dasarnya *Kayaknya* sih mereka sama. Cuma di pemikiran manusia bentuk dan sifat2 hantu terkadang berbeda antara orang satu dengan yang lain.

O-Key…langsung aja ini di Liputannya
Tao Ikutan Nimbrung~_~

1.   Kuntilanak


Kuntilanak (Pontianak atau Puntianak, atau sering disingkat kunti) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Menurut masyarakat Jawa kuntilanak adalah orang yang meninggal dalam keadaan putus harapan, seperti : bunuh diri karena sesuatu hal, diperkosa, melahirkan dan keguguran. Nama "puntianak" merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak". Mitos ini mirip dengan mitos hantu langsuir yang dikenal di Asia Tenggara, terutama di nusantara Indonesia. Mitos hantu kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia ataupun Indonesia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara.

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana. Sampai saat ini di kota Pontianak, kuntilanak tetap ada dan melegenda ini dikarenakan karena banyak hutan yang di tebang untuk tempat hunian dan pusat ekonomi.

Ternyata kuntilanak tidak hanya terkenal di Malaysia (Mbak Kunti tekenal yaaa) dan Inndonesia(khususnya Jawa), kuntilanak juga ada di luar pulau Jawa, yaitu di NTT (Nusa Tenggara Timur) tepatnya di kota Kupang, namun berbeda nama. Jika di tanah Jawa di sebut kuntilanak, di Kupang di sebut Buntianak atau kuturui. Menurut mitos di Kupang Buntianak ada jika ada ibu hamil yang meninggal. Jadi sang ibu belum melahirkan anaknya,biasanya untuk mencegah munculnya Buntianak, sebelum makam ibu hamil itu di tutup diberilah sebuah telur yang di letakkan di ketiak mayat. Hal ini dipercaya untuk mencegah mayat ini menjadi Buntianak, karena jika ada telur yang diletakkan di situ ini membuat Buntianak takut untuk terbang dan menakut-nakuti orang jika ia terbang maka telur itu akan pecah.
Berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau, dan gunting bila bepergian ke mana saja. Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum atau paku, dan pisau di dekat tempat tidur bayi. kepercayaan masyarakat Indonesia dengan benda ini kita bisa membasmi Kuntilanak. lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas ubun-ubun kuntilanak.

2.   Sundel Bolong

Sundel, menurut bahasa Jawa yang artinya WTS/PSK, bolong artinya lobang. Jenis kelamin hantu ini memang seperti wanita. Sundel bolong berupa sosok wanita yang punggungnya berlobang. Jika kita berhadapan, baunya sangat wangi, tapi kalau beliau berbalik badan, akan menebarkan bau busuk dan amis. Suka membujuk para pria berhidung belang untuk berhubungan sex. Konon, ia adalah bekas tandhak, ledhek, penari, atau WTS yang mati secara mengenaskan, akibat disia-siakan laki-laki hidung belang itu juga(Kesian Mbaknya~_~)

Seperti juga kuntilanak, hantu sundel bolong adalah arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa (dan kemudian melahirkan anak di dalam kubur). Sundel bolong digambarkan suka menculik bayi yang baru saja dilahirkan, juga sangat malu dengan lubang di punggungnya dan berusaha untuk menutupinya.

Banyak yang mengira bahwa Sundel Bolong sama dengan Kuntilanak, karena dalam mitosnya, keduanya digambarkan sama-sama berambut panjang dan mengenakan gaun putih, dan penyebab kematiannya pun hampir sama. Hal yang membedakan antara penggambaran sundel bolong dengan kuntilanak adalah punggungnya yang bolong (berlubang).

3.   Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya, atau jika kita memukul kentongan di dekat tempat anak yang hilang atau di tempat yang di yakini menjadi hunian wewe gombel. Wewe Gombel biasanya digambarkan dengan sosok wanita tua keriput dengan susu/payudara yang terlihat keluar panjang menjijikkan. Di daerah Kupang hantu ini juga sering muncul namun dengan nama yang berbeda yaitu “Nenek Susu Panjang” mitos yang berkembang pun tetap sama, yaitu akan menculik anak-anak kecil yang sedang bermain dan belum pulang saat Magrib (akan petang). Cara untuk mencari anak yang disembunyikan wewe gombel hampir sama dengan di Jawa, jika di Jawa memakai kentongan maka di Kupang menggunakan tempat makan babi yang dipukul-pukul.
TBC

            Yaaak Sekian dulu dari ReyKo.
            Kalau ada waktu and kebranian Aq lanjut lagi~_~
            Liat Gambar2nya aja nggak sanggup..
Mungkin KIKOSer pada tanya Kenapa Pochi a.k.a Pocong Nggak Aq masukin padahal dia FAMOUS?itu karena…Aq males liat wajahnyaaa nggak banget (=3=)
Bye..by..Moga2 bermanfaat^^

Sumber:
Google
 2012. “Inilah nama nhantu hantu jawa”.  http://anam78.blogspot.com, diakses tgl  15-3-2012
2012. “mitos kuntilanak”. http://melintasbatas.wordpress.com, diakses 15-3-2012
2012. “7 mitos hantu lokal paling terkenal”. http://tujuhpedia.com, diakses 15-3-2012
2012. “Sundel bolong”. http://id.wikipedia.org/wiki/ , diakses 15-3-2012
2012. “Wewe Gombel”. http://id.wikipedia.org/wiki/, diakses 15-3-2012

Perhatian: Ini tugas kuliah saya pribadi.heheh ada yang dapet dari mbah Google and beberapa referensi yang Aq Parafrase, dan yang paling penting wawancara secara LANGSUNG dengan narasumber. No Plagiat

~ReyKo~

           


2 komentar:

  1. untuk sekedar tambahan:
    Kuntilanak:
    Dipercaya bahwa kuntilanak juga suka cari laki-laki untuk di ajak berhubungan, lalu ketika melakukan "hubungan" si kunti akan memotong penis laki-laki tsb.

    Sundelbolong:
    kata makQ, sundelbolong itu bakal menganggap bahwa anak yang dia culik itu anaknya. Si anak akan merasa dikasih makan yang enak-enak (ini versi yang dilihat si anak) padahal aslinya yang dia makan itu bukan makanan tapi kotoran manusia... (=__=) kasian bgt seh...

    makasih cuma sekedar tambahan...

    BalasHapus