Rabu, 03 Februari 2016

Liburan Ke Lombok Backpacker atau ala Koper (part 1) : Akomodasi, Penginapan, dan Gili

Assalamuallaikum KIKOSer selamat malam
Ada KIKOSer yang butuh liburan?

Walaupun belum musim liburan, Reyko mau kasih info buat KIKOSer yang mau liburan ke Lombok ni><
Nah postingan kali ini Reyko mau kasih info,tips/pengalaman soal liburan di Lombok (Ini kondisinya di tahun 2015&2016 yaa KIKOSer)

Ada Liburan yang koper dan ada yang ransel, artinya ada liburan yang macam backpacker’an yang hemat atau dengan uang yang minimalis sama liburan yang benar-benar memanjankan diri. Ehehehh.
Liburan murah dan hemat di Lombok masih seru-seru aja loo KIKOSer. Kalau yang punya buged lebih juga lebih enak lagi.ahhahaha.
Oyaa postingan ini bakal jadi 2 part. Soalnya biar nggak kepanjangan.aahahahahh
Yuk liputannya

      Reyko sama teman-teman liburan ke Lombok ala-ala backpacker tahun 2015, liburan ini emang harus jadi liburan murah dan nggak kuras kantong. Nah berangkat ke Lombok kita lewat jalur darat:

1. Perjalanan darat/Udara ke Lombok
        Jadi ini kondisinya tahun 2015 Reyko pergi ramai-ramai dan cewek semua, kecuali waktu di lombok ada cowoknya buat jagain dan antar kemana-mana. 5 cewek naik bus ke Lombok itu wow banget pokoknya. Jadi buat KIKOSer yang mau pergi perjalanan darat pastikan memilih bus dan armada yang terpercaya.

Kita berangkat dari terminal bungurasih,Rabu jam 17.00 telat dari jadwal asli yang seharunya jam 16.00. Soal Bus KIKOSer jangan bayangin bus antar kota yang  besar yaa, bus ke Mataram/Lombok ini ukurannya kayak bus mini/bus damri di Surabaya. Sepanjang perjalanan lebih sering hujan daripada keringnya. Kalau perjalanan naik bus, jangan lupa bawa persediaan makan,cemilan, dan obat pribadi. Kalau naik bus malamnya kita dapat makan kok, kalau nggak salah kita dapat makan 3x selama perjalanan.

Dari Banyuwangi (Pelabuhan Gilimanuk) kita nyebrang, nah kita pasti lewat Bali dan anggap aja jalan-jalan,ehehehe. Sampai pelabuhan Padang Bay, karang asem, kita nunggu kapal penyebrangan buat ke Lombok (perjalanan butuh waktu ±5 jam)  Seneng banget rasanya 2 hari naik kapal terus.



        Kamis sore akhirnya kita sampai di terminal Mataram, jam 15.00 atau jam 16.00 rada lupa. Oyaa perbedaan waktu Surabaya dan Lombok 1 jam yaaa KIKOSer. Sesampainya di terminal, turun dari bus KIKOser harus hati-hati sama barang bawaan. Banyak copet juga, waktu itu bapak kondekturnya sudah kasi peringatan supaya para penumpang waspada dan hati-hati.

        Beneran looo waktu turun rasanya macem dikerubutin zombie.
Langsung aja KIKOSer ambil barang bawaan kalian, kalau ada yang nawarin buat angkut barang atau tiba-tiba bawa tas KIKOSer, langsung rebut aja pelan-pelan dan bilang kalau kalian mau bawa sendiri aja.

        Dibandingkan kalau naik pesawat yang Cuma 45menit, tentunya lebih cepat, nggak makan waktu, tapi kurang ada gregetnya. Nggak macem Mbolang nya gitu.

PS: Jadi baik perjalanan darat/udara semua balik ke KIKOSer, dua-dunya sama-sama seru enak kok. Perjalanan darat memang lebih nguras tenaga-makan waktu banyak banget. Tapi kalau sama teman-teman perjalanan ini asik-asik aja.ahahah lumayan lah buat petualangn kecil-kecilan gitu.

2. Cari penginapan Murah/Mahal?
        Yah namanya liburan sama teman emang paling seru apalagi kalau kita sepakat buat cari penginapan murah aja, asal ada kasur dan kamar
mandi. Reyko mah bisa tidur dimana aja, nggak rewel, soalnya udah dibiasain dari jaman Kuliah yang PKL kemana-mana. Jadi anak Paskibra dan  mahasiswa Antropologi memang ngebantu banget. Kalian bakal bisa survive dimanapun, contohnya nie Reyko bisa makan di berbagai kondisi/tempat sama juga kayak tidur.

        Nah di Mataram, KIKOSer bisa nemuin banyak banget penginapan. Waktu itu kita survei harga dulu, baru deh pilih 1 penginapan, harga per malamnya 80/100k gitu dan ini kita isi anak 3 dan 4. Kita pesan 2 kamar, karena kita ber 7 orang selama di Lombok. Kamarnya lumayanm kok, ada kasur, tv,kipas angin,kamar mandi (nggak ada air panas looo yaa).

        Kalau yang ada dana lebih, Reyko saranin KIKOSer bisa menginap di hotel-hotel yang pinggir pantai. Tahun ini Reyko berkesempatan nginap di Kila Senggigi Beach Hotel (padahal tahun lalu Cuma bengong doang kapan bisa kesini), tempatnya Rekom banget. 



Pemandangannya langsung pantai Senggigi. Kalau mau main-main dipantai juga deket banget dan lebih sepi soalnya lewat area hotel. Serasa pantai punya sendiri lah. Kalau KIKOSer yang butuh liburan tenang hotel ini bisa jadi alternatif. 
Cuma baca buku seharian di pinggir pantai, atau duduk-duduk santai sambil nunggu sunset udah surga banget kan.ahahahha

PS: Buat yang mau cari penginapan di mataram, apalagi yang mau murah, KIKOSer cek dulu kamar mandinya, dan langsung nyalain kran airnya. Soalnya waktu itu airnya sering mati dan dikit-dikit banget keluarnya. Tapi yaah memang ada harga ada fasilitas lah.ahahahha. jadi nikmatin aja.

3. Jalan-jalan naik apa?
        KIKOSer bisa sewa mobil dan ini paling gampang dan aman. Soalnya daerah Lombok masih banyak jalanan yang sepi dan minim penerangan, di pusat kota aja lampu jalan minim banget. Jadi harus  waspada. Waktu Reyko pulang dari pantai tanjung Aan jumat jumat lalu, waktu sore uda ada pasukan Brimob berjaga-jaga. Kata tour guidenya beberapa minggu ini banyak kejahtan di daerah ini. soalnya memang daerahnya sepi dan semacam hutan-hutan lah.
Sebagian besar jalan2 di Lombok masih asri dan sepi

        Tapi KIKOSer nggak perlu takut, asal kita nggak keluyuran malam-malam di daerah rawan kayaknya aman deh. Makannya Reyko lebih saranin sewa mobil aja. Atau pakai travel perjalanan jadi liburan kita lebih tertata dan ada yang mendampingi.

PS: Selalu waspada selama dijalan, karena sepedah motor di Lombok kadang suka serong kanan-kiri.ahahha. Kalau sudah malam mending KIKOSer jalan-jalan dekat-dekat hotel atau penginapan aja deh.

4. Ayo ke Gili><

        Nah kalau mau ke Gili Trawangan bisa dari pagi KIKOSer beli karcisnya, soalnya biar dapat pemberangkatan pertama. Kalau ikut travel perjalanan lebih enak KIKSOer udah tau jadi, dan kita nyebrangnya nggak di daerah pelabuhan besar. Jadi kita lewat “jalur pintas” daerahnya Reyko lupa pokoknya dari arah Senggigi- Bukit Malimbu masih lurus dikit aja. Katanya tempat ini khusus buat yang ikut-ikut Travel gitu, soalnya kan agennya sewa/ kapal buat rombongan. Sebenarnya pakai Travel atau agen peralanan itu lebih enak dan nggak ribet. Contohnya KIKOS Travel (Ecieeee promosi) bisa sediain liburan keluarga atau bareng teman-teman, sesuai keinginan.

        Kalau di pelabuhan resmi, dari kota Mataram itu masih cukup jauh perjalanannya dan jalannya berkelok-kelok banget. Mobil/kendaraan juga nggak bisa masuk. Jadi Cuma parkir di parkiran, nanti masuknya KIKOSer bisa jalan kaki (±15menit) atau naik cidomo (dokar/delman/andong). Tiketnya 15ribu kalau nggak salah (Hahahaha, maaf waktu liburan ala backpacker nggak sempat bikin catetan yang layak).
        Nanti tempat berhenti untuk rombongan travel/ yang melalui agen perjalanan berbeda sama pemberhentian pelabuhan pusat. Menurut Reyko tempat berhenti yang lewat agen perjalanan lebih bagus soalnya yang dekat dengan Gili Meno, Airnya lebih hijau, sayangnya waktu itu karena bulan ini musim hujan, ada beberapa sampah yang ikutan hanyut.

        Nah kalau tahun 2015 Reyko sama teman-teman nginap 1 hari di Trawangan. Buat penginapan sekali lagi Reyko pilih yang murah meriah.ahahaha. akhirnya kita tidur di Gili Tralala, letaknya agak jauh dari pantai. 1 malam, 1 anak Cuma bayar 50rb dan dapat breakfast juga.

 Lumayan lah 1 kamar kita isi anak 7. Kalau berbanyak kalian bisa tawar loo harga kamarnya. Dan sekali lagi, air jadi masalah utama. Hemmm..jadi kalau mandi harus nampung air dulu. Nyewa sepedah Cuma 25rb, bisa di pakai keliling-keliling pulau.



        Setelah gowes dan foto-foto, kita akhirnya berhenti di Villa Ombak, buat nikmatin Sunset. Kita tinggal sewa bantal duduk sama minum, uda deh santai. 

Selain itu di Ombak Sunset ini ada ayunan legendaris yang ada di pinggir pantai. Reyko saranin fotonya waktu air pasang aja.lebih bagus.
        


Kalau ada dana lebih kalian bisa nginap di villa Ombak Sunsetnya kok, jadi kalau mau ke pantai lebih dekat. Kalau malam memang bakal minim lampu. Waktu naik spedah aja Reyko hampir nambrak-nabrak soalnya nggak keliatan jelas jalannya. Tapi nanti ada mas-mas penduduk lokal yang bawain senter dan dampingin kita selama perjalanan. Mas-masnya ramah dan nggak rese’, mereka memang niat bantuin kalau ada pengunjung yang kayak orang ilang.ahahah.

        Kalau yang mau putar-putar pulau naik perahu, KIKOSer bisa nyoba Glass bottom boat, jadi KIKOSer yang malas basah-basahan bisa tetap nikmatin pemandangan bawah laut. Oya nanti di daerah dekat Gili meno pemandangannya lebih bagus banget dan warna airnya cantik baget. Buat yang snorkeling atau diving juga bisa, tapi buat pemula sebaiknya snorkeling aja.

        Buat yang nyari ketenangan di banding menginap di Gili Trawangan KIKOser bisa menginap di Gili Meno, yang lebih tenang. Oya selama di Lombok KIKOSer harus akrab dengan mati lampu (pemadaman listrik),ahahaha soalnya setiap hari bisa ada pemadaman listrik. Oya lebih baik untuk air atau cemilan KIKOSer beli di Lombok aja,soalnya kalau uda di Gili harganya pada naik semuaa


Segini dulu aja yaa part-1nya
Panjang banget Yaaaa.ahahahah semoga nggak bikin KIKOSer makin ngantuk...atau uda ada yang ketiduran jangan-jangan.ahahah


PS: Oyaaa mumpung mau tengah malam nie, KIKOSer bisa cari tiket-tiket promo pesawat..siapa tau ada yang ke Lombok kan Lumayan..lebih baik liburan jangan di hari-hari libur Nasional, soalnya bakal ramai. dan hindari bulan-bulan musin Hujan

8 komentar:

  1. boleh minta refrensi no hp untuk sewa mobil kakak ??

    BalasHapus
  2. Makasih infonya, soalnya agustus besok juga mau ke lombok😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 kak^^, semoga postingannya membantu

      ~Reyko~

      Hapus
  3. Thanks yaaa infonyaa...yang mau agustus ke lombok boleh add nomor saya tidak?kebetulan sya agustus juga mau ke sana siapatahu bisa share cost sewa mobil. 087783250948. Thanks

    BalasHapus