Minggu, 21 Februari 2016

Hari Peduli Sampah Nasional: Dari hal kecil kita bisa berpartisipasi mengurangi sampah di Indonesia

Asallamualaikum KIKOSer
Selamat Hari Peduli Sampah Nasional
KIKOSer tau Sampah di Indonesia sudah semakin memprihatinkan loo. Indonesia sudah darurat sampah.
Mari Bergerak dengan hal dan tindakan kecil agar sampah, terutama sampah plastik dapat berkurang.
Gimana caranya?

1. Hindari penggunaan kantong plastik

        Nah Indonesia lagi melakukan ujicoba kantong plastik berbayar nie KIKOSer. Di Surabaya sendiri sudah setuju dengan program ini. walaupun masih uji coba masih 22 kota di Indonesia, tapi kalau bisa di maksimalkan bisa menurunkan sampah plastik loo. sekarang setiap belanja di supermarket kalau pakai kantong plastik dikenakan biasa 200 rupiah. Di negara lain penggunaan kantong plastik sudah jarang banget, adapun sudah berbayar juga. 

        Waktu KIKOSer belanja usahain bawa tas belanjaan sendiri, sekarang tas kain belanjaan yang lucu-lucu sudah banyak di pasaran. Di beberapa supermarket juga sudah menjual tas-tas kain yang bisa di pakai berkali-kali. Atau KIKOSer bisa buat sendiri dari celana jins atau baju-baju bekas yang nggak terpakai. Selain lebih keren waktu belanja, kita juga bisa mengurangi penggunaan kantong plastik.


        Misal masih ada penjual yang memberikan kantong plastik, kalian bisa tolak kok. Menurut Reyko sih, sosialisasi soal penggunaan kantong plastik ini masih belum menyeluruh. Coba bayangin ni kalau setiap KIKOSer beli di supermarket, misal Cuma beli cemilan 1 biji aja, terus pakai kantong plastik, dan hampir setiap hari kalian beli. 1 minggu uda ada berapa kantong plastik yang nimbun di rumah.

        Padahal kita sadar kalau limbah palastik sudah terurai, bisa sih tapi lama dan bakal mencemari tanah, air, dan lingkungan. Apalagi musim hujan begini, banjir udah menghantui. Coba deh KIKOSer yang rumahnya dekat sungai atau waktu kalaian lagi nongkrong deket sungai. Coba perhatiin berapa banyak orang yang buang sampah ke sungai?
Atau kalau lagi di jalan raya...bengong gara-gara macet, coba perhatiin kendaraan/orang di depan kalian, ada yang buang sampah sembarangan nggak? Uda punya jawaban? Kalau udah, coba banyangin tiap menit, jam, hari,bulan, dan taun kalau perilaku-perilaku kayak gini terus dilakuin.

PS: Ada nggak sih orang phobia kantong plastik? tapi serem juga yaa, kalau di pasar tiba-tiba dia belanja dan penjualnya ngasi kantong plastik, terus orangnya triak-triak ketakutan "Oww tidak....jangan..kantong plastik..." (Terserah KIKOSer pakai nada apa bacanya)




2. Ayoo Hemat, daur ulang barang-barang bekas kalian.

        Kalau bagian ini memang rada butuh kreatifitas, otak irit, 50% sifat kayak tuan crab (Bosnya sepongebob tau kan?), dan imajinasi. 

Kalau Admin Epik suka buat DIY dan ngolah barang-barang di rumahnya karena emang kreatif dan tangannya trampil. Kalau Reyko lebih karena irit dan HEMAT. aku paling risih kalau liat barang bekas/sisa, bungkus atau kerdus-kerdus lucu nggak terpakai. Misal nie habis beli sepatu, kerdusnya lucu, aku pakai buat wadah kosmetik, kerdus yang masih bagus aku buat tempat buku, kertas bekas minta tolong Epik buat di bikin (ini), kaleng kripik2 kentang yang bagus itu jadi celengan. Ahahaha lumayan kan.

        Buat KIKOSer yang punya “tangan ajaib” pasti kreasinya lebih bagus-bagus dan lucu, kalau bagus kan bisa coba di jual juga...lumayan jadi duit.

Kalau di tangan nggak ajaib tapi irit yaaa gini aja sih:





3. Jangan Buang Sampah Sembarangan

        Kalau ini sih masalah kebiasaan aja sama lingkungan. Kalau dari kecil kita dibiasakan buang sampah di tempatnya, lama-lama itu jadi kebiasaan yang secara otomatis dilakuin. Dari sampah kecil aja misal, struk pembayaran, bungkus permen, dan bungkus-bungkus makanan pastiin KIKOSer buang di tong sampah, kalau misal nggak ada tong sampah bawa dulu aja sampahnya. Reyko ada cerita lucu juga sih, jadi waktu SD teman Reyko ada yang suka kumpulin atau simpan sampah makanannya di tas. Nah kadang dia lupa nggak buang sampah-sampa di tasnya. Jadi semut-semut pada menuhin tasnya, jadi merinding kalau inget-inget.


        Masih ada yang suka buang sampah sembarangan? (ngomong ama kaca)
kadang emang bisa lupa atau otomatis gitu, tangannya “nakal” suka buang-buang sampah sembarangan.ahahhaa, nah kalau gini kita harus saling ingetin. Mulai dari orang rumah, teman-teman main. Kasi taunya pakai cara yang bener juga. Kadang kalau liat orang buang sampah, di otak Reyko itu sampah orangnya uda aku ambil terus aku masukin ke bajunya. Ahahaha, pengennya aku taburin di atas rambut, tapi kok nggak sopan yaaa.


        Nasehati orang sekitar, misal ada yang buang sampah sembarang, pada dasaranya kegiatan dan perilaku baik itu menular kok kalau menurut Reyko.

        Sekian dari Reyko semoga bermanfaat. Cara-cara yang mungkin keliahatan Abal itu, semoga bermanfaat juga. Ini postingan buat kita membaca sambil belajar yaa, dan baca postingan dengan semangat dan niat. Jangan dibaca terus tiba-tiba hilang ingatan...”Gimana bentuk tong sampah itu?” KIKOSer panik dan guling-guling nggak jelas. Soo masih pada inget kan sampah buangnya di mana?




Klik di Sini buat info lebih lanjut      : http://bergerak.bebassampah.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar