Rabu, 18 September 2013

Kegiatan Kecil untuk Berhemat!



Selamat Malam!
info apa'an sih nih? penting?
Udah lama Epik ngga ngisi INTRIK (Info dan Trik) di KIKOS nih… Maka dari itu Epik sekarang mau berbagi Info dan Trik untuk berhemat. Secara gitu jaman sekarang semua serba mahal, maka dari itu semua harus dihemat. Kadang hal simpel yang kita lakuin bisa membantu berhemat meski sedikit-sedikit loh… :)

Gimana Info dan Trik-nya? Langsung ya~


1. Cara Menghemat Pasta Gigi

Meski sikat gigi bukan kebutuhan primer tapi tetep wajib untuk lakuin yah. Gimana cara menghemat pasta gigi? Bukan dengan ngga ngelakuin sikat gigi loh ya~
 
Brushing Teeth
Pertama, utamakan kualitas bukan kuantitas dalam menyikat gigi. Caranya lakukan kegiatan sikat gigi 2 kali sehari saja karena pada dasarnya menyikat gigi 2 kali sehari sudah cukup untuk merawat dan menjaga kebersihan gigi.

Kedua, gunakan pasta gigi secukupnya. Oleskan pasta gigi ke bulu sikat kemudian ratakan dengan cara mengetuk-ngetukan sikat sampai pasta gigi rata di sikat.

2. Cara Menghemat Bensin

Hadeh… bensin mahal… Padahal sekarang kalau kemana-mana kan butuh motor… Ke kampus naik motor, ke mall butuh motor, bahkan buat PDKT ke gebetan juga butuh motor… Padahal BBM mahal dan dompet lagi menjerit… Jadi gimana cara-nya nih buat menghemat bensin?
 
Walking
Caranya dengan tidak memakai motor kalau ngga penting-penting banget. Jangan sampe kayak adik-nya Epik, ke warung deket rumah aja naik motor. Padahal jarak warung dengan rumah Epik cuma 5 rumah (=___=) Kalau jarak-nya ngga terlalu jauh mending jalan kaki atau naik sepeda aja… lebih sehat dan hemat bensin… misal kalau jarak-nya sekitar 500 meter dari rumah mending jalan aja… Kalau jarak-nya sampe 2 KM naik sepeda aja (kalau bisa lebih makin baik). Jangan malu jalan kaki atau sepeda ya… :)
 
Ngonthel
Kalau memang terpaksa naik motor jangan lupa cek kondisi ban ya. Kata bapak-nya Epik ban yang gembos (kurang angin) bisa bikin boros bensin. Soalnya bikin mesin motor KIKOSer narik gas-nya tinggi terus. Berboncengan ber-3 juga bikin boros bensin selain itu juga berbahaya.

3. Cara Menghemat Air

Ngga usah mandi aja ntar pasti hemat air… hehehe… becanda ya KIKOSer~ Yang namanya air adalah kebutuhan utama semua makhluk hidup. Maka itu penggunaan-nya harus bener-bener diperhatikan ya KIKOSer~

Cara berhemat-nya adalah ketika KIKOSer cuci tangan ada baik-nya kran dimatikan dulu saat KIKOSer menggosok tangan dengan sabun. Pasti KIKOSer sering membiarkan air bersih mengucur saat menggosok tangan dengan sabun… Meski sedikit itu membantu mengurangi pemborosan air lo…
 
water drop
Kalau KIKOSer tahu ada bak mandi yang air-nya penuh dan kran tetap menyala sebaiknya segera matikan. Kalau bisa, pas kelihatan akan meluber langsung matikan aja (jadi ngga sampai terbuang air-nya). Meski itu bukan di rumah KIKOSer sendiri ya~ Jangan merasa “bukan bapak gue juga yang bayar tagihan air-nya” ya… :)

4. Cara Menghemat listrik

Yang satu ini sering digaung-gaungkan nih… Dimana-mana ada peringatan hemat listrik. Gimana cara simpel menghemat listrik?.


Selain mematikan lampu dan segala peralatan saat meninggalkan ruangan atau saat sudah ngga butuh, jangan lupa mencabut charger… Ini nih yang sering dilupakan. Charger handphone atau laptop yang masi mancep di stopkontak itu masih memakan listrik. Jadi jangan lupa dicabut.

5. Hemat makanan dan minuman

Nah siapa nih KIKOSer yang masih sering buang-buang makanan?. Hayo… itu ngga baik ya~ Gimana cara-nya biar ngga buang-buang makanan?
 
nom...nom...nom
Beli/ ambil makanan yang sesuai porsi KIKOSer… Misal pas makan di warung gitu ya, bilang ke penjual-nya buat ngurangin nasi-nya kalau memang KIKOSer rasa terlalu banyak/ karena porsi makan KIKOSer sedikit. Atau kalau warung-nya tipe warung yang pembeli disuruh ngambil sendiri, KIKOSer ambil nasi atau lauk itu secukupnya.


Begitupun untuk cemilan. Jangan beli cemilan yang sekira-nya KIKOSer ngga bisa ngabisin. Misal katakanlah beli es krim ukuran jumbo padahal KIKOSer ngga terlalu suka makan es krim (=__=)?. Epik ada cerita nih, ponakan-nya Epik kebetulan anak tunggal jadi agak dimanja gitu. Suatu hari pas pergi ke Mall, dia ngrengek ke mama-nya buat dibeli’in es krim dari New Zeeland. Dibeliin tuh ama emak-nya. Harga 1 cup isi 2 scoop es krim-nya 33ribu. Jiah… dasar-nya Epik anak kampung yang agak kamseupay jadi shock gitu denger harga-nya. Pas dicoba sama ponakan-nya Epik eh ternyata dia ngga doyan sama tuh es krim. Akhirnya ngga di makan. Sayang banget kan!

5. Cara Menghemat Softerner

KIKOSer pasti seneng kan kalau baju-nya pada wangi?. Nah, salah satu cara membuat baju wangi adalah dengan menambahkan pelembut pakaian alias softener. Ternyata merendam pakaian dalam softener itu bikin boros, tapi ada loh cara menghemat-nya…


Cara-nya cukup celup pakaian dalam softener lalu peras kemudian diamkan beberapa saat biar wangi-nya meresap. Dengan cara ini KIKOSer ngga  perlu boros air dan softener. KIKOSer cukup memakai campuran air dan softener sebanyak setengah atau sepertiga ember aja (tergantung jumlah cucian KIKOSer ya). Hemat kan~

Kata bapak-nya Epik, makin banyak pakai softener ngga bikin baju wangi banget malah bikin boros… secukup-nya aja ya...

6. Cara Menghemat Belanjaan

Apakah KIKOSer sering ngerasa beli barang-barang yang sebener-nya ngga KIKOSer butuhkan saat pergi ke minimarket atau warung?. Wah, pemborosan nih!. Membeli barang-barang yang ngga urgent dalam penggunaan-nya itu tergolong pemborosan. Padahal kalau seandai-nya ngga beli barang-barang itu duit-nya bisa dipake buat beli hal-hal lain yang urgent.
 
Shopping
Cara berhemat-nya adalah dengan membuat list alias daftar belaja’an. Nah, sebelum pergi ke minimarket atau ke warung, sebaik-nya bikin daftar belanja’an. Setelah sampai di tempat, fokus dengan list dan jangan ngelirik barang-barang yang ngga dibutuhin. Bawa uang secukup-nya juga membantu berhemat loh.

BTW, sekedar saran aja ya… sebaik-nya belanja aja di warung daripada di minimarket. Soalnya harga di warung kebanyakan lebih murah daripada minimarket. Kadang selisih harga-nya bisa sampai  1000 rupiah lebih per item. Epik pernah beli tepung bumbu di minimarket yang bertebaran di mana-mana itu loh, nah harga-nya sekitar 2500’an. Nah pas besok-nya Epik kebetulan butuh tepung bumbu lagi, eh di warung cuma 1500 padahal merk dan berat-nya sama. Cuma saran aja sih…

Hah! Gimana? Info untuk berhemat-nya? Ngga penting ya? Hahaha… Tunggu'in info GJ lainnya ya!
Bye~

Sumber gambar:
-casualchatters.com
-funnyjunk.com
-tumblr.com
-nsw.gov.au
-picgifs.com
-google.com

Btw, jangan lupa ikut KUKIS ya KIKOSer~ KUIS KIKOS yang berhadiah pulsa... buruan... tanggal 29 September 2013 udah di tutup loh~ kirim ya~

2 komentar:

  1. bergunaa nie, apalagi Aq tipe orang yang boros><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Epik juga masih berusaha hemat (meski kadang masih fail hehehe)

      yang penting kan usaha dulu... iya kan Reyko?

      -Epik-

      Hapus