Senin, 09 Maret 2015

Chappie “It’s More Than Just a Robot!!”

Awww, tanggal 4 Maret kemarin Epik ulang tahun loh KIKOSer! Yeeee senangnyaaaa… Nah pas ultah kemarin Epik dan SellSella ditraktir Reyko buat nonton dan pilihan admin bertiga jatuh ke film yang kebetulan hari itu lagi premiere yakni film Chappie. Sebenernya Epik ngga terlalu suka film robot-robotan, tapi Reyko bilang kalo film ini dijamin bagus. Wah dan ternyata EMANG BAGUS! POL malah! Hahaha nah sekarang giliran Epik bakal review film ini buat KIKOSer~ Jadi langsung aja ya KIKOSer…

Judul
Chappie
Genre
Action, Sci-fi, Comedy
Tanggal Rilis
4 Maret 2015 (Indonesia)
Bahasa
Inggris
Sutradara
Neil Blomkamp
Durasi
120 menit
Nama Pemain
Sharlto Copley
Sebagai
Chappie (suara)
Dev Patel
Sebagai
Deon
Hugh Jackman
Sebagai
Vincent Moore
Ninja
Sebagai
Ninja
¥o-Landi Vi$$er
Sebagai
Yo-Landi
Jose Pabli Cantillo
Sebagai
Amerika
Sigourney Weaver
Sebagai
Michelle Bradley
Brandon Auret
Sebagai
Hippo


Di masa depan, seluruh dunia mengalami masalah tingkat kriminalitas yang tinggi, tak terkecuali juga Johannesburg, Afrika Selatan. Di sana jumlah kasus kriminalitas sangat meresahkan hingga suatu hari salah satu perusahan robotik, Tetravaal, mengeluarkan produk polisi robot berjulukan Scouts ciptaan ilmuwan muda bernama Deon. Terbukti setelah Scouts ini diaktifkan, tingkat kejahatan di Johannesburg turun drastis dan jumlah polisi manusia yang terluka saat bertugas pun berkurang, sehingga penggunaan Scouts ini dianggap efektif. Tetravaal berani memberi jaminan bahwa produknya ini anti-hacker karena jika ingin mengganti atau meng-update program dari Scouts ini harus menggunakan software pelindung khusus yang hanya dimiliki Tetravaal.

Suatu hari ada segerombolan penjahat kelas teri yang diburu oleh polisi. Terjadi aksi kejar-kejaran. Tim polisi segera mengirim Scouts untuk mengamankan penjahat-penjahat itu. Gerombolan penjahat yang berangotakan Ninja, Yo-Landi, Amerika, dan Pitbull ini berusaha kabur menggunakan van karena mereka sedang jadi kurir narkoba untuk bos gangster bernama Hippo. Akibat kejar-kejaran heboh tadi Ninja dkk tanpa sengaja merusak narkoba milik Hippo. Hippo yang marah besar menembak mati Pitbull dan mengatakan bahwa Ninja dkk harus bertanggung jawab dengan membayar sejumlah 20 juta rand* atau mereka akan dibunuh. Saat asik berdebat tiba-tiba muncul helikopter polisi yang membawa Scouts dan polisi manusia ke tempat persembunyian Hippo. Baku tembak antara tim kepolisian dan kelompok Hippo pun tak dapat dihindari lagi. Entah keberuntungan atau bukan tapi Ninja dkk selamat dan kembali ke tempat persembunyian mereka di sebuah gedung tua.

Sebetulnya Ninja dkk berharap Hippo tertangkap dalam pengerebekan agar mereka tidak harus membayar utang 20 juta rand, namun sayangnya Hippo berhasil lolos yang artinya Ninja dkk tetep wajib ganti rugi narkoba yang sudah mereka rusak. Mereka pun punya ide untuk merampok mobil pengiriman uang milik bank, masalahnya adalah mereka yang hanya bertiga ini tidak mungkin melawan Scouts. Yo-Landi mencetuskan ide yang konyol tapi tak ada salahnya dicoba. Yo-Landi berpendapat bahwa Scouts dan televisi basic-nya adalah sama-sama mesin sehingga Scouts juga pasti sama-sama punya ‘remote’ untuk mengendalikannya gitu sama seperti TV. Mereka pun sepakat untuk menculik pencipta Scouts dengan harapan mereka bisa tahu rahasia mengendalikan para Scouts.

Vincent Moore dengan ciptaanya
Disisi lain selain mengembangkan Scouts, Tetravaal juga sedang merancang robot jumbo bernama ‘Moose’ dibawah pimpinan Vincent Moore yang merupakan mantan tentara. Moose memiliki peralatan canggih dan bisa dikontrol oleh manusia lewat kendali jarak jauh. Sayangnya, Moose kurang diminati karena ukurannya yang terlalu besar dan harganya yang mahal berbanding terbalik dengan produk Scouts yang laris manis. Hal ini menimbulkan rasa iri Vincent terhadap Deon dan diam-diam merencanakan hal buruk.

pink gun? why not?
Deon sendiri, baru saja menciptakan sebuah program baru yang memiliki perasaan dan kecerdasaan melampaui manusia biasa. Saat ia mengajukan ide ini untuk pimpinan Tetravaal, idenya dicoret dengan alasan untuk apa menciptakan teknologi yang lebih pintar dari manusia. Deon yang kecewa memutuskan untuk mengambil salah satu Scouts yang rusak, mencuri flashdisk berisi software khusus untuk update Tetravaal, dan ingin merancang robot ‘spesial’nya di rumah. Begitu keluar area Tetravaal, Deon justru dihadang dan dibuat pingsan oleh Ninja dkk, kemudian dibawa ke tempat persembunyian mereka.

Setelah sadar Deon dipaksa untuk memberitahu cara untuk mengendalikan Scouts. Deon berkata tidak ada cara untuk mengendalikan Scouts karena untuk mengu-update program butuh software khusus yang hanya dimiliki Tetravaal. Namanya grup gaptek ya, mereka tetep maksa Deon untuk ngasih tahu cara mengendalikan Scouts ngga peduli gimana caranya. Ninja menyuruh Amerika untuk mengeledah van milik Deon dan mereka pun menemukan bagian-bagian tubuh Scouts yang rusak serta belum terangkai. Ninja dkk pun memiliki ide baru yakni menyuruh Deon mengaktifkan Scouts yang sudah rusak tersebut. Deon menjawab bahwa Scouts itu sudah rusak dan ngga bisa dinyalakan. Setelah dipaksa Deon pun mengajukan ide untuk mengaktifkan Scouts itu menggunakan program baru miliknya. Deon mengatakan program ini membuat Scouts-nya akan seperti bayi baru lahir dan untuk bisa menjadi cerdas butuh dilatih.

meet the maker
Setelah body robot disatukan dan program baru diaktifkan, Scouts itu bangun!. Robot itu sangat ketakutan, apalagi melihat Ninja yang kasar dan suka marah-marah. Untung ada Yo-Landi yang menyuruh Ninja pergi dan meng-handle urusan perkenalan dengan robot baru itu. Sikap robot ini lucu dan pada dasarnya memang seperti anak kecil yang ceria, Yo-Landi memberi nama robot ini ‘Chappie’. Ninja tanpa babibu langsung mengusir Deon dan ingin segera mengajarkan Chappie cara menembak. Sejak hari itu Chappie yang sejatinya seperti bocah ‘diasuh’ oleh para gangster kelas teri ini. Apakah yang terjadi pada Chappie di tangan Ninja dkk? Akankah Deon bisa mengambil penemuannyaa itu? Rencana jahat apa yang disiapkan Vincent Moore untuk menyaingi Scouts?. Nonton sendiri yaaa… hahaha

Saatnya Epik komen…
Waaa… Epik suka banget film ini. Epik jamin bagi KIKOSer yang ngga suka film robot-robot pun pasti bakalan jatuh cinta sama sosok Chappie. Sosok Chappie bener-bener kocak, imut, innocent, dan loveable. Kebayangkan gimana kacaunya seorang ‘anak’ dibesarkan oleh gangster?. Chappie diajari nembak, ngomong kotor, bergaya ala gangster, dan segala kejahatan lainnya. Disisi lain Deon berusaha mengajarkan Chappie melukis, membaca, bersikap baik, dan lain-lain. Chappie emang kocak banget!.

Banyak pelajaran yang Epik dapet dari film ini. Beberapa diantaranya adalah:
1.    Don’t rise your kids in wrong ways: Jangan besarkan anak Anda dengan cara yang salah.
Pada dasarnya anak kecil itu kayak spon yang menyerap segala pengetahuan dan menirunya. Chappie yang dasarnya adalah seorang ‘anak kecil’ bener-bener diajarkan hal-hal buruk oleh Ninja dkk padahal dia punya potensi besar untuk berkarya secara positif. Itu semacam tamparan positif ya bagi para orang tua agar tidak mengajarkan anaknya hal-hal buruk karena anak-anak adalah peniru ulung.
2.   Stop Bullying!: Hentikan pem-bully-an!
Serius deh! Seluruh manusia di bumi itu tidak ada yang sama dan itu yang membuat mereka spesial. Waktu Chappie di-bully, dipukuli, dibakar, dan dilempar batu sama anak-anak berandal, Epik ngenes lihatnya. Kasihan banget KIKOSer… ngga tega… (T__T)/. Jadi intinya stop bullying!
3.   Don’t let people take away your potential: Jangan biarkan orang lain mengambil potensimu
Ngga peduli betapa keras orang lain bilang kamu ngga bisa, kita ngga boleh nyerah gitu aja!. Kita justru harus lebih keras lagi bilang ke diri kita sendiri bahwa kita mampu dan kita bisa!

Jujur awalnya Epik ngerasa Ninja dkk ini adalah penjahat kelas teri yang bakalan mati 10 menit setelah film berjalan, yang jelas orang-orang buangan gitu. Ternyata mereka lebih dari itu. Meski peran mereka antagonis bukan berarti mereka ngga punya sisi baik. Hidup itukan seperti Yin dan Yang, sebaik-baiknya orang pasti ada sisi buruknya dan seburuk-buruknya orang pasti ada sisi baiknya juga. *wow, tumben Epik ngomongnya bener?*. Nah, para tokoh antagonis ini pelan-pelan berubah dari orang jahat jadi orang baik. Tokoh Yo-Landi ini yang progresnya pesat banget. Semenjak ada Chappie, sikapnya jadi keibuan gitu. BTW, mbaknya ini penampilannya sangar banget hehehe Epik suka logat dia ngomong, unik banget. Sedangkan tokoh Ninja yang super-tempramental dan kuplak bisa pelan-pelan mengambil peran 'Heroik' saat menjelang ending... waaa keren dah

Epik suka efek film ini yang keren dan megah. Efek darahnya mantab mulai dari warna dan kekentalan. Di IMDB.com film ini masuk katagori thriller, tapi Epik rasa thriller-nya kurang mendominasi jadi kerena itu Epik ngga memasukkan film ini genre thriller. Musik soundtrack-nya easy-listening banget. Pemainnya juga keren-keren (om Hugh Jackman ganteng banget hahaha #SalahFokus). Wah pokoknya puas banget sama film ini. Dijamin ketawa ngakak, sedih-sedihan, nangis-nangis dikit, ngeri, melongo kagum, dan lain-lain. Jadi KIKOSer jangan nunggu DVD bajakannya deh mending langsung nonton, mumpung masih anget di bioskop noh… hehehe



Yaaaaaa Waktunya Reyko komen>< (Makasi Epik sudah ngasi lahan.ahaha)

Soal film ini nggak bisa komen banyak, soalnya filmnya keren jadi binggung mau komen apa’an.ahahahah.
Intinya Reyko saranin banget nonton ini film, kalau KIKOSer binggung mau nonton film antara American Sniper atau Chappie, lebih baik KIKOSer nonton Chappie dulu, soalnya American Sniper menurut Reyko nggak terlalu WOW, walaupun aku doyan film perang, tapi American Sniper rada gimana gt.ehehehe.

Oyaaa ada yang punya OST Film Chappie nggak? Soalnya lagunya keren semua, cari  di Torrent adanya yang nada aja, yang lagu Cuma nemuin 1 T_T. Oya sediain tisu yang banyak dan siap-siap emosi naik-turun kalau nonton Chappie.


Referensi:
-http://www.imdb.com/title/tt1823672/
Penjelasan:
*) Rand : adalah mata uang Afrika Selatan

For Your Information:
1.    Ninja dan Yo-Landi adalah duo alternative hip-hop rave dari Cape Town,  Afrika Selatan yang mengisi soundtrack Chappie. Nama kelompok mereka adalah Die Antwoord.
Die Antwoord

2.   KIKOSer bakal banyak menemukan kata ‘Tension’ atau lambang ‘$’ karena memang album terbaru Die Antwoord berjudul ‘Ten$ion’ dan album mereka sebelumnya berjudul ‘$0$’.
3.   Film ini full of quote! Quote favorit Epik:
·        Yo-Landi: “You know what’s a black sheep?”
·        Chappie: “ no”
·        Yo-Landi: “It’s like when you’re different than everyone else.”
Kata Yo-Landi, yang terpenting adalah yang ada didalam diri kita… Tubuh hanyalah sementara, di dalam diri kita ada ‘jiwa’ yang kelak akan meninggalkan tubuh kita dan pergi menuju tempat yang lebih baik. Dan kata-kata ini diucapkan oleh gangster!!! Hohoho keren!
4.   Sharlto Copley (pengisi suara Chappie) dan Neil Blomkamp adalah sahabat dekat. Sharlto cukup sering diajak kolaborasi oleh Neil.

Spesial Thanks:
-Makasi untuk Reyko dan SellSella yang udah baik hati mentraktir dan membelikan Epik kue… awww kalian so sweet banget…

Nih Epik kasih gambar-gambarnya:

Yellow gun? why not?
Bro~ yeah
'Bapak' sama 'Anak'
kasian... (TT A TT)/
Duo kuplak~
The First Robo-Gangsta
robot paling manis yang Epik tau~

2 komentar:

  1. wah keren kayaknya ni film..... dah lama ga nonton di bioskop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Wahyu :D
      iya Wahyu nonton aja, bagus banget looo...

      -Epik-

      Hapus