Senin, 03 Juni 2013

WINK: Fakta Unik Kehidupan Kelelawar



Selamat siang KIKOSer…
Epik udah lama ngga ngisi WINK (Waktunya INfo Kikos) nih… tapi kali ini Epik bakalan bagi-bagi info mengenai kelelawar. Mamalia yang tergolong noktunal (hewan yang aktif di malam hari) ini ternyata tidak se-menyeramkan seperti di film-film horor Hollywood kok… Jadi gimana infonya? Baca ya~


unyu~
Kelelawar termasuk ordo Chiroptera (berasal dari bahasa Yunani Cheir=tangan, Pteron=sayap) dan merupakan satu-satunya mamalia yang benar-benar bisa terbang (tupai terbang dan lemur tidaklah benar-benar terbang). Kelelawar terbagi lagi menjadi 2 yakni Megachiroptera dan Mikrochiroptera. Megachiroptera memiliki badan besar, makanannya buah-buahan, nektar, atau polen, dan umumnya dikenal dengan sebutan kalong. Sedangkan Mikrochioptera berbadan kecil, makanannya selain nektar juga bisa makan serangga, mamalia kecil, kadal, atau darah. Kelelawar terdiri dari kurang lebih 850 spesies (dikutip dari buku Pengetahuan Paling Menjijikkan Tentang Hewan karangan Joy Masoff), bahkan ada yang bilang lebih dari 1000 spesies. Dari sebanyak itu sebetulnya hanya ada 3 spesies yang minum darah sedangkan yang lainnya hanya makan hewan kecil, serangga atau buah-buahan.
 
Tubuh kelelawar
Tangan kelelawar yang berfungsi sebagai sayap memiliki jari memanjang yang berselaput berjumlah 5 buah. Selaput tersebut menyatu hingga kedua kaki juga ekornya. Kaki kelelawar kuat untuk mencengkram dahan pohon dan menjaga ia tidak jatuh saat bergelantungan tetapi kakinya tidak cukup kuat untuk menopang tubuhnya jika berdiri tegak (kalau berdiri pun tangannya juga ikut menopang tubuh). Kebanyakan kelelawar memiliki pengelihatan yang tidak buruk tetapi karena mereka berburu makanan di malam hari mereka membutuhkan kemampuan lain selain pengelihatan yaitu echolocation, tetapi kalong (kelelawar besar) umumnya menggunakan pengelihatan.
 
echolocation
Echolocation adalah kemampuan mengirim gelombang ultrasonik untuk mendeteksi mangsa. Jadi kelelawar mengeluarkan gelombang ultrasonik tersebut melalui hidung dan mulutnya (kurang lebih 30 kali per detik sebesar 40-50 kHz), lalu gelombang tersebut akan memantul kembali ke telinga kelelawar setelah menabrak objek (mangsa) sehingga kelelawar tahu lokasi si mangsa berada. Hebatnya kelelawar dapat membedakan gelombang pantulan tersebut mangsa atau bukan (misalnya batu). Daun telinga kelelawar dilengkapi "tragus" yang merupakan selembar kulit keras berbentuk tonjolan. Fungsi tragus adalah mengkap kembali gelombang ultrasonik.
 
Telinga Kelelawar

Seekor kelelawar mampu memakan 600-1000 ekor nyamuk per jam dalam kegelapan (di musim panas yang lembab). Sebuah koloni kelelawar berisi 500 ekor dapat menghabiskan kira-kira seperempat juta serangga dalam waktu 1 jam saja. Mengapa mereka makan sebegitu banyaknya? Karena proses pencernaan kelelawar sangat cepat kira-kira 2 jam setelah makan, makanannya tadi sudah harus dibuang jadi kotoran. Energi kelelawar dihabiskan untuk mencari makan jika tidak sedang berburu ia akan menghemat energi dengan bergelantungan di gua dan menurunkan suhu tubuh mereka hingga sedikit di atas titik nol sambil tidur. Bila mereka akan terlihat menggigil, berarti mereka sedang berusaha menaikkan suhu tubuh dan membangunkan dirinya kembali.

Kelelawar Vampir
Spesial untuk kelelawar vampir (Desmodus rotundus) memiliki zat antikoagulin yang berfungsi sebagai zat anti pembekuan darah pada air liurnya. Kelelawar vampir tidak akan terbang menungkik ke mangsa yang umumnya adalah hewan ternak (sapi, babi, atau kuda) tetapi ia lebih memilih memanjat tubuh mangsanya kemudian diam-diam membuat sayatan kecil di tubuh mangsanya setelah darah mangsanya mengalir ia akan mulai menjilati luka tersebut, jadi kelelawar vampir tidak secara harafiah meminum darah mangsanya seperti film-film drakula ya~. Saat minum darah kelelawar juga melakukan kegiatan lain yaitu buang air kecil, hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu.

Mungkin kelelawar vampir terlihat mengerikan tetapi kelelawar vampir memiliki solidaritas tinggi terhadap sejenisnya. Apa bila ada kelelawar yang sakit sehingga tidak bisa terbang mencari makan, kelelawar lain akan pergi mencari makan untuknya. Sesudah minum darah, kelelawar sehat akan kembali dan memuntahkan darah yang telah diminumnya tadi untuk diberikan pada kelelawar yang sakit.

Kelelawar adalah mamalia berdarah panas jadi ia tidak bertelur tetapi melahirkan dan menyusui anak-anaknya. Seekor kelelawar betina umumnya hanya bisa melahirkan 1 kali per tahun (bayinya bisa juga kembar 2 atau 3) dengan masa hamil kurang lebih 3 bulan. Kelelawar melahirkan bayinya dalam keadaan terbalik loh. Posisi bayi yang lahir bukan kepalanya dahulu melainkan kakinya dahulu. Setelah lahir, ibu kelelawar akan menuntun bayinya untuk menyusu (kelelawar hanya memiliki 2 puting susu saja). Bayi akan menyusu hingga usia 6 bulan (ASI ekslusif) dan selama itu mereka bergantung ke tubuh induknya. Bayi kelelawar dalam bahasa Inggris disebut pups dan pups yang  baru lahir berukuran ¼ tubuh kelelawar dewasa, itu termasuk bayi ukuran besar jika dibandingkan dengan ukuran induk mereka. Kira-kira sama dengan manusia melahirkan bayi dengan ukuran anak kelas 1 SD. Fakta yang unik adalah ada kelelawar jantan yang bisa menghasilkan air susu yaitu kelawar buah dari Malaysia.
 
Kelelawar Hamil~
Kelelawar biasanya dapat dijumpai di gua-gua. Di lantai gua biasanya banyak terdapat guano atau kotoran kelelawar. Fakta menarik tentang guano adalah ternyata guano sangat bagus untuk dijadikan pupuk tanaman. Bahkan saat perang sipil Amerika (1861-1865) guano digunakan untuk membuat bubuk mesiu. Sayangnya gua tempat tinggal kelelawar umumnya pengap dan berbau tidak sedap. Hal itu dikarenakan tingginya kadar amonia dan karbondioksida. Kelelawar sendiri mampu bertahan dalam ruangan berkadar amonia 5000 ppm, sedang manusia hanya bisa bertahan dengan kadar amonia 100 ppm saja. Ia juga mampu bertahan pada ruangan dengan kadar oksigen sedikit. Jadi sebaiknya KIKOSer tidak mengunjungi gua-gua yang jadi tempat tinggal kelelawar karena gua-gua semacam itu udaranya beracun. Setiap tarikan nafas didalam gua, beresiko membuat paru-paru terinfeksi. Bahkan bila kelelawar di gua tersebut memiliki rabies, virus-nya bisa saja menular lewat udara yang tercemar kotoran yang terkonsentrasi di ruang tertutup.
 
Pupuk guano dalam kemasan :)

Bukan berarti kelelawar ini tidak bermanfaat, justru sangat bermanfaat lho… Selain memiliki guano yang bisa jadi pupuk, kelelawar juga membantu berbagai penyerbukan dan penyebaran tumbuhan tertentu. Seperti kelelawar berhidung panjang yang menyerbuki kaktus saguaro saat menghisap nektar-nya. Kelelawar juga merupakan musuh alami berbagai serangga hama yang merusak panen.
 
Saguaro bat~
Seperti makhluk berdarah panas lainnya kelelawar juga berpotensi menjadi pembawa virus rabies (walapun kalau kelelawar sakit biasanya tidak terbang). Kelelawar sakit juga tidak ganas, mereka hanya bergelantungan saja di langit-langit gua dan akhirnya jatuh. Kelelawar yang jatuh akan mati dan jadi makanan kumbang di lantai gua.

Kelelawar terbesar bernama Flying Fox yang banyak terdapat di Asia (Indonesia, India, Filipina, dll) dan Australia. Rentangan sayapnya bisa mencapai 1,8 meter, beratnya mencapai 1,6 kilogram, dan panjang sekitar 45 cm. Kelelawar terkecil adalah kelelawar Bumblebee atau Kitti’s Hog-Nose Bat dari Thailand. Berat dan ukurannya tidak lebih dari uang logam (penny/ uang logam Amerika), rentang sayapnya pun kurang dari 5 cm (disebut-sebut juga sebagai mamalia terkecil di dunia).


  kelelawar Flying Fox


 kelelawar Bumblebee

Nah gimana KIKOSer? Sudah dapat info tentang kelelawar kan? Tunggu aja Epik di WINK berikutnya~ bye~



Referensi:


1.    Masoff, Joy. (2000). Pengetahuan Paling Menjijikkan Tentang Hewan. Yogyakarta: B-First
 

    

2 komentar:

  1. Lengkap bngt Epik, XD, ini bahas kelelawar bisa panjanggg bngt.ternyata masi bnyk yg gak aq tau ~_~,n yg paling serem i2 uda dlm gua,sarang mereka.
    nanti kalau masuk..terus ngehirup udaranya o_O,beracunn *ParnoKumat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reyko jangan parno'an lagi dung~

      tp makasih ya udah baca review'annya Epik :)

      -Epik-

      Hapus

Welcome To KIKOS World

Foto Saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Hallo,Hello,Annyeong,Konnichiwa!! Welcome To KIKOS World

Share It