ABSTRACT
Today,
the news about celebrity is needed by many people. Public needs fast and fresh
information about their idol. Conventional infotainment such as newspapers,
magazines, and television do not always provide that needs. It was the reason of
infotainment account appeared on internet. Lambe_turah is Indonesian
infotainment account on Instagram that share fresh news about celebrity based on citizen
journalism. Public becomes a source for acquiring news which indicates the
change of power relation on information and conventional infotainment isn’t
work as main source anymore. The highest power of information was on public’s
hand which in line with Michel Foucault’s opinion that power wasn’t owned by dominate group but each
individual.
Keywords: power relation, information stream, infotainment,
citizen journalism
Pendahuluan
Dulu hampir
seluruh informasi yang diterima oleh masyarakat didapatkan dari koran, majalah,
atau televisi. Media-media tersebut mempekerjakan seseorang untuk mendapatkan
informasi-informasi terbaru dari sumber berita yang hadirkan ulang sesuai
dengan sudut pandang penulis untuk kemudian informasi tersebut diberikan kepada
masyarakat. Informasi tersebut menjadi sumber utama masyarakat untuk mengetahui
kebenaran suatu fenomena, namun di era kebebasan untuk berbicara seperti saat
ini dimana semua orang memiliki akses terhadap internet, menjadikan setiap
orang yang memiliki informasi dapat saling berbagi dengan khalayak luas. Hal
ini mendorong orang-orang biasa menjadi pemberi informasi terhadap
berita-berita secara cepat atau yang dikenal dengan istilah citizen journalism. Istilah tersebut
berkembang setelah kemunculan internet pada tahun 1990-an (Sterling, 2009:297).
Berita, gosip, dan isu menjadi mudah dan cepat diakses melalui
berbagai media salah satunya adalah Instagram. Salah satu akun dalam media
sosial Instragram yang terkenal dalam memberikan berita-berita mengenai
selebriti adalah akun lambe_turah. Lambe_turah
merupakan salah satu akun di media sosial instagram yang mengkhususkan diri
mengunggah berita-berita mengenai selebriti terutama selebriti Indonesia. Akun
ini telah aktif sejak bulan Desember 2015 dengan lebih dari 2400 foto dan video
yang telah diunggah. Per Januari 2017 akun lambe_turah memiliki kurang lebih
sebanyak 1.500.000 juta pengikut. Akun ini memiliki banyak pengikut dikarenakan
Minceu, nama panggilan pengurus atau administrator dari akun ini, selalu yang
terdepan dalam memberi berita-berita baru mengenai selebriti. Tak jarang
berita-berita terbaru mengenai artis diunggah lebih cepat oleh Minceu
dibandingkan infotainment-infotainment di media lain. Bahkan terkadang infotainment-infotainment
menggunakan akun lambe_turah sebagai referensi berita-berita mengenai
gosip-gosip selebriti. Hal ini terjadi karena akun lambe_turah memanfaat kan citizen journalism dengan memiliki
agen-agen yang bersedia membagi informasi mengenai selebriti untuk kemudian
diunggah dalam akun lambe_turah.
Fenomena
tersebut menarik karena kemunculan akun lambe_turah mungkin
saja menjadi pertanda adanya perubahan dalam penyebaran informasi melalui media
serta perubahan dalam relasi kekuasaan atas sebuah informasi.Menurut Michel Foucault bahwa
semua rasa ingin tahu akan kebenaran merupakan bentuk keinginan dari kekuasaan
(Haryatmoko, 2002:9). Berangkat dari hal itu bahwa siapa yang berproses untuk
mencari kebenaran maka merekalah yang memiliki kekuasaan. Tidak berhenti disitu
saja kekuasaan yang muncul dalam pengetahuan pada akhirnya akan lahir dari
pengetahuan juga.
Akun
lambe_turah Sebagai Wujud Perubahan Relasi Kuasa
Berita
mengenai selebriti idola menjadi kebutuhan sebagian masyarakat Indonesia.
Terbukti dari menjamurnya acara-acara infotaintment di media televisi.
Informasi yang disebar melalui infotaintment terkadang tidak dapat dinikmati
setiap saat hal tersebut dikarenakan keterbatasan jam tayang, padahal kebutuhan
sebagian masyarakat akan informasi yang baru dan segar sangat tinggi. Itulah
yang mendasari populernya akun-akun infotaintment dalam media sosial seperti
akun lambe_turah.
Akun
lambe_turah membagikan foto dan video yang berkaitan dengan berita-berita
terbaru di dunia selebriti dengan cepat dan up-to-date. Berita-berita yang
diunggah didapatkan dari agen-agen lambe_turah atau biasa disebut dengan Bala
Nemo, yang bersedia membagi foto atau video terbaru kepada administrator akun
lambe_turah untuk kemudian dipilah dan diunggah ke dalam akun. Administrator
akun cukup ketat dalam memilah berita dengan tidak memberitakan berita tanpa
bukti berupa foto atau video.
Melalui
akun lambe_turah tersebut dapat dilihat adanya perubahan pada alur informasi
mengenai selebriti yang sebelumnya disebarkan melalui media yang dimiliki
korporasi seperti koran, majalah, dan televisi, kini dari dan untuk masyarakat.
Informasi tidak lagi dimiliki oleh mereka yang memiliki akses terhadap modal
tetapi dimiliki semua orang.Informasi tidak lagi bersifat tunggal dan terpusat tetapi
banyak dan merata. Masyarakat menjadi hulu sekaligus hilir dalam penyampaian
berita. Dapat disimpulkan bahwa kekuasaan itu tidak dapat dimiliki suatu
kelompok tertentu saja melainkan milik setiap individu.
Relasi
kuasa sebelum era citizen journalism
menempatkan acara infotainment lebih tinggi sehingga informasi di luar acara
infotainment tersebut menjadi lebih rendah atau dianggap bukan sebuah berita.
Acara infotainment dengan akses tinggi terhadap narasumber membuatnya menjadi
sarana utama masyarakat dalam mengkonsumsi berita. Namun setelah adanya
akun-akun seperti lambe_turah di media sosial, setiap orang yang memiliki
berita yang disertai bukti berupa foto atau video memegang kekuasaan tertinggi.
Setiap individu memiliki tempat dalam membagikan informasi yang mereka miliki.
Citizen
journalism memiliki akses lebih cepat terhadap sumber berita karena berada di
tempat kejadian terlebih dahulu dibanding kru acara infotainment. Mereka
menjadi agen-agen yang membagi informasi melalui dunia maya dalam hitungan
detik dengan menggunakan akses internet yang kini menjangkau hampir seluruh
dunia. Tidak mengherankan apabila saat ini citizen journalism yang bergabung
menjadi satu dan mendapat sentuhan ahli dibidangnya seperti akun lambe_turah
dianggap sebagai professional-amateur (Op.cit.).
Kesimpulannya adalah akun lambe_turah
menandai perubahan relasi kuasa yang sebelumnya dikuasai oleh media-media milik
korporasi menjadi berada di tangan masyarakat umum.
Daftar
Pustaka
Buku:
Adian, Donny Gahral. 2002. Menabur Kuasa Menuai Wacana. Basis no. 51
Aur, Alexander. 2005. Pascastrukturalisme Michel Foucault dan Gerbang Menuju Dialog
Antarperadaban. Dalam Sutrisno, Muji dan Hendar Putranto (ed.). Teori-teori
Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius
Haryatmoko. 2002. Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan. Basis no.51
Leksono, Karlina. 2002. Berakhirnya Manusia Kebangkrutan Ilmu-ilmu. Basis. No. 51
Sugiharto. I Bambang. 2002. Foucault dan Posmodernisme. Basis no. 51
Sterling, Chritstopher H.. 2009. Encyclopedia of Journalism 1 A-C.
California: Sage Publications
Web:
https://instagram.com/lambe_turah/
(diakses pada tanggal 15 Januari 2016, pukul 21.12 WIB)
https://instagram.com/minceulambeturah/ (diakses pada
tanggal 15 Januari 2016, 21. 32 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar