Minggu, 05 Februari 2017

AKUN GOSIP LAMBE_TURAH: KEKUASAAN INDIVIDU ATAS INFORMASI

ABSTRACT


Today, the news about celebrity is needed by many people. Public needs fast and fresh information about their idol. Conventional infotainment such as newspapers, magazines, and television do not always provide that needs. It was the reason of infotainment account appeared on internet. Lambe_turah is Indonesian infotainment account on Instagram that share fresh news about celebrity based on citizen journalism. Public becomes a source for acquiring news which indicates the change of power relation on information and conventional infotainment isn’t work as main source anymore. The highest power of information was on public’s hand which in line with Michel Foucault’s opinion that  power wasn’t owned by dominate group but each individual.

Keywords: power relation, information stream, infotainment, citizen journalism




Pendahuluan
Dulu hampir seluruh informasi yang diterima oleh masyarakat didapatkan dari koran, majalah, atau televisi. Media-media tersebut mempekerjakan seseorang untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dari sumber berita yang hadirkan ulang sesuai dengan sudut pandang penulis untuk kemudian informasi tersebut diberikan kepada masyarakat. Informasi tersebut menjadi sumber utama masyarakat untuk mengetahui kebenaran suatu fenomena, namun di era kebebasan untuk berbicara seperti saat ini dimana semua orang memiliki akses terhadap internet, menjadikan setiap orang yang memiliki informasi dapat saling berbagi dengan khalayak luas. Hal ini mendorong orang-orang biasa menjadi pemberi informasi terhadap berita-berita secara cepat atau yang dikenal dengan istilah citizen journalism. Istilah tersebut berkembang setelah kemunculan internet pada tahun 1990-an (Sterling, 2009:297).
Berita, gosip, dan isu menjadi mudah dan cepat diakses melalui berbagai media salah satunya adalah Instagram. Salah satu akun dalam media sosial Instragram yang terkenal dalam memberikan berita-berita mengenai selebriti adalah akun lambe_turah. Lambe_turah merupakan salah satu akun di media sosial instagram yang mengkhususkan diri mengunggah berita-berita mengenai selebriti terutama selebriti Indonesia. Akun ini telah aktif sejak bulan Desember 2015 dengan lebih dari 2400 foto dan video yang telah diunggah. Per Januari 2017 akun lambe_turah memiliki kurang lebih sebanyak 1.500.000 juta pengikut. Akun ini memiliki banyak pengikut dikarenakan Minceu, nama panggilan pengurus atau administrator dari akun ini, selalu yang terdepan dalam memberi berita-berita baru mengenai selebriti. Tak jarang berita-berita terbaru mengenai artis diunggah lebih cepat oleh Minceu dibandingkan infotainment-infotainment di media lain. Bahkan terkadang infotainment-infotainment menggunakan akun lambe_turah sebagai referensi berita-berita mengenai gosip-gosip selebriti. Hal ini terjadi karena akun lambe_turah memanfaat kan citizen journalism dengan memiliki agen-agen yang bersedia membagi informasi mengenai selebriti untuk kemudian diunggah dalam akun lambe_turah.
    Fenomena tersebut menarik karena kemunculan akun lambe_turah mungkin saja menjadi pertanda adanya perubahan dalam penyebaran informasi melalui media serta perubahan dalam relasi kekuasaan atas sebuah informasi.Menurut Michel Foucault bahwa semua rasa ingin tahu akan kebenaran merupakan bentuk keinginan dari kekuasaan (Haryatmoko, 2002:9). Berangkat dari hal itu bahwa siapa yang berproses untuk mencari kebenaran maka merekalah yang memiliki kekuasaan. Tidak berhenti disitu saja kekuasaan yang muncul dalam pengetahuan pada akhirnya akan lahir dari pengetahuan juga.

Akun lambe_turah Sebagai Wujud Perubahan Relasi Kuasa
Berita mengenai selebriti idola menjadi kebutuhan sebagian masyarakat Indonesia. Terbukti dari menjamurnya acara-acara infotaintment di media televisi. Informasi yang disebar melalui infotaintment terkadang tidak dapat dinikmati setiap saat hal tersebut dikarenakan keterbatasan jam tayang, padahal kebutuhan sebagian masyarakat akan informasi yang baru dan segar sangat tinggi. Itulah yang mendasari populernya akun-akun infotaintment dalam media sosial seperti akun lambe_turah.
Akun lambe_turah membagikan foto dan video yang berkaitan dengan berita-berita terbaru di dunia selebriti dengan cepat dan up-to-date. Berita-berita yang diunggah didapatkan dari agen-agen lambe_turah atau biasa disebut dengan Bala Nemo, yang bersedia membagi foto atau video terbaru kepada administrator akun lambe_turah untuk kemudian dipilah dan diunggah ke dalam akun. Administrator akun cukup ketat dalam memilah berita dengan tidak memberitakan berita tanpa bukti berupa foto atau video.
Melalui akun lambe_turah tersebut dapat dilihat adanya perubahan pada alur informasi mengenai selebriti yang sebelumnya disebarkan melalui media yang dimiliki korporasi seperti koran, majalah, dan televisi, kini dari dan untuk masyarakat. Informasi tidak lagi dimiliki oleh mereka yang memiliki akses terhadap modal tetapi dimiliki semua orang.Informasi tidak lagi bersifat tunggal dan terpusat tetapi banyak dan merata. Masyarakat menjadi hulu sekaligus hilir dalam penyampaian berita. Dapat disimpulkan bahwa kekuasaan itu tidak dapat dimiliki suatu kelompok tertentu saja melainkan milik setiap individu.
Relasi kuasa sebelum era citizen journalism menempatkan acara infotainment lebih tinggi sehingga informasi di luar acara infotainment tersebut menjadi lebih rendah atau dianggap bukan sebuah berita. Acara infotainment dengan akses tinggi terhadap narasumber membuatnya menjadi sarana utama masyarakat dalam mengkonsumsi berita. Namun setelah adanya akun-akun seperti lambe_turah di media sosial, setiap orang yang memiliki berita yang disertai bukti berupa foto atau video memegang kekuasaan tertinggi. Setiap individu memiliki tempat dalam membagikan informasi yang mereka miliki.
Citizen journalism memiliki akses lebih cepat terhadap sumber berita karena berada di tempat kejadian terlebih dahulu dibanding kru acara infotainment. Mereka menjadi agen-agen yang membagi informasi melalui dunia maya dalam hitungan detik dengan menggunakan akses internet yang kini menjangkau hampir seluruh dunia. Tidak mengherankan apabila saat ini citizen journalism yang bergabung menjadi satu dan mendapat sentuhan ahli dibidangnya seperti akun lambe_turah dianggap sebagai professional-amateur (Op.cit.).
Kesimpulannya adalah akun lambe_turah menandai perubahan relasi kuasa yang sebelumnya dikuasai oleh media-media milik korporasi menjadi berada di tangan masyarakat umum.



Daftar Pustaka

Buku:
Adian, Donny Gahral. 2002. Menabur Kuasa Menuai Wacana. Basis no. 51
Aur, Alexander. 2005. Pascastrukturalisme Michel Foucault dan Gerbang Menuju Dialog Antarperadaban. Dalam Sutrisno, Muji dan Hendar Putranto (ed.). Teori-teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius
Haryatmoko. 2002. Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan. Basis no.51
Leksono, Karlina. 2002. Berakhirnya Manusia Kebangkrutan Ilmu-ilmu. Basis. No. 51
Sugiharto. I Bambang. 2002. Foucault dan Posmodernisme. Basis no. 51
Sterling, Chritstopher H.. 2009. Encyclopedia of Journalism 1 A-C. California: Sage Publications

Web:
https://instagram.com/lambe_turah/ (diakses pada tanggal 15 Januari 2016, pukul 21.12 WIB)
https://instagram.com/minceulambeturah/ (diakses pada tanggal 15 Januari 2016, 21. 32 WIB)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar