Jumat, 02 Januari 2015

6 Hal yang Selalu Ada Dalam Goosebumps R.L. Stine

Selamat sore!
Selamat tahun baru ya KIKOSer... Semoga di tahun yang baru ini KIKOSer mendapat banyak berkah, amin. Semoga blog KIKOS makin jaya dan adminnya semangat terus untuk membagi info, amin.

R.L Stine
Yak, di tahun 2015 ini, postingan pertama Epik adalah mengenai hal yang hampir selalu ada di Goosebumps. BTW, Epik sekarang emang lagi keranjingan (a.k.a tergila-gila) untuk ngumpulin Goosebumps. Alasannya adalah pertama, Goosebumps adalah bagian dari masa kecil Epik. Tau sendirikan kalau Goosebumps itu populernya antara tahun 90'an yah pas Epik SD gitu. Kedua, Epik kangen baca Goosebumps lagi karena itu Epik kepikiran kenapa ngga sekalian aja dikolesi gitu. Ketiga, karena Goosebumps itu collectable alias cocok banget buat dikoleksi. Ceritanya yang menarik dan ngga ngebosenin bikin ketagihan selain itu Goosebumps sudah ngga diproduksi lagi versi barunya di Indonesia jadi kan asyik banget kalau punya koleksi lengkap. Keempat, Epik pingin anak-anaknya Epik nanti tahu tentang Goosebumps dan kelak nganggep kalau ibunya ini keren ahahaha.

Kolpri (koleksi pribadi) hahaha
Nah, setiap baca Goosebump Epik menemukan beberapa hal yang emang hampir selalu muncul di setiap serinya. Epik jadi tergelitik untuk membahas ini deh. Jadi langsung baca ya :D



SPOILER ALERT! Hati-hati posting’an ini mengandung spoiler!


1. Twist Ending
Yeah, tau sendiri kan KIKOSer kalau Goosebumps karya R.L. Stine selalu menyajikan plot twist di ending-nya. Hampir semuanya punya ending nggantung alias masih menyisakan misteri seperti ending-nya Goosebumps #30 Makhluk Mungil Pembawa Bencana dimana si tokoh utama setelah terlepas dari makhluk pembawa sial eh dia malah nemu makhluk lain yang lebih ganas. Ada juga ending Goosebumps yang sialan banget. Biasanya ceritanya dari awal sampe akhir itu si tokoh ngerasa dikejar hantu/ monster tapi ternyata si tokoh utama malah hantu/ monsternya, kayak di Goosebumps #8 Gadis Pecinta Monster, #9 Selamat Datang di Camp Nightmare, atau #57 Manusia Siluman. Kadang plot twist-nya berupa orang-orang disekitarnyalah yang ternyata hantu atau monster seperti di Goosebumps #22 Pantai Hantu dan #24 Phantom of The Auditorium. Jarang banget Epik nemu ending yang bahagia untuk si tokoh utama, bukan berarti ngga ada loh ya. Ada kok yang happy end (paling ngga menurut si tokoh utama itu happy end) seperti Goosebumps #28 Jam Antik Pembawa Bencana dan #50 Komplotan Makhluk Kadal.

2. Persahabatan cewek-cowok
Di runner up ada persahabatan cewek-cowok. Jaman Epik SD dulu, persahabatan cewek-cowok itu bisa dibilang banyak terjadi. Semakin nambah usia persahabatan cewek-cowok yang murni persahabatan bisa dibilang makin jarang. Dalam novel ini persahabatan cewek-cowok itu seru banget, ngga ada pembanding-bandingan gender, bisa jadi partner in crime, dan yang pasti ngga kayak di Indonesia. Tau sendirikan di Indonesia kalau anak cewek sama cowok main bareng pasti udah dibilang pacaranlah, dibilang "cie... cieee...ihir", dan sebagainya. Akhirnya mereka jadi ngga nyaman buat main bareng lagi. Idih, padahalkan masih SD gitu masa udah pacar-pacaran sih. Kebanyakan nonton sinetron sih...

3. Tukang Bully
Si tukang bully adalah tokoh yang selalu ada dalam Goosebumps. Tukang bully bisa berupa perseorangan seperti dalam Goosebumps #29 Darah Monster 3 ada tokoh bernama Conan 'the Barbarian' yang suka mem-bully Evan atau tukang bully yang berkelompok yah semacam membentuk genk gitu seperti dalam Goosebumps #50 Komplotan Makhluk Kadal. Adanya tokoh tukang bully ini sangat erat hubungannya dengan budaya bully di Amerika. Umumnya tokoh tukang bully digambarkan sebagai anak dengan tubuh gemuk atau gempal. Kalau genk tukang bully biasanya anggotanya campur ada cewek dan cowoknya juga.

4. Saudara yang Menyebalkan
tapi dia imut ><
Wah, 4th place ada saudara yang menyebalkan. Entah itu berupa kakak perempuan yang jahat, kakak laki-laki yang iseng, adik perempuan yang cengeng, atau adik laki-laki yang lebih cerdas. Umumnya dalam Goosebumps, saudara menyebabkan kesulitan untuk tokoh utama atau paling tidak saudara bukan sosok yang bisa diajak kerja sama. Saudara digambarkan sebagai sosok yang lebih baik dari si tokoh utama, seperti lebih cerdas, lebih dipercaya oleh orang tua, lebih manis, dan sebagainya. Saudara juga kadang digambarkan sebagai sosok yang annoy. Entah annoy karena terlalu penakut, sok berani, norak, cupu, tukang ngadu, dianggap anak baik oleh orang dewasa, usil, terlalu mirip dengan tokoh, dan masih banyak lagi.
  
5. Sepeda Baru dengan 12 gear
Mungkin sepeda dengan 12 gear adalah hal terkeren di tahun 90'an. Terbukti dari R.L. Stine yang memunculkan sepeda dengan gear 12 yang kesannya keren berkali-kali dalam karyanya. Seperti pada Goosebumps #28 Jam Pembawa Bencana dimana tokoh utamanya merasa awesome setelah mendapat sepeda 12 gear sebagai hadiah ulang tahunnya.

6. Ibu pekerja
Goosebumps selalu menampilkan sosok ibu yang selalu terburu-buru untuk pergi bekerja. Ibu si tokoh biasanya tidak sempat membuatkan sarapan untuk anak-anaknya atau selalu meminta anaknya untuk membuat sarapan sendiri. Ngomong-ngomong dalam Goosebumps sosok ibu lebih banyak muncul dibanding sosok ayah. Si tokoh utama lebih sering merupakan anak dengan keluarga lengkap yakni memiliki ayah-ibu, tapi kadang si tokoh utama digambarkan sebagai anak dari single mother.

Itu semua adalah hal-hal yang (hampir) selalu muncul di Goosebumps yang Epik temuin. Kalau menurut KIKOSer masih ada hal-hal lain yang muncul di Goosebumps, tulis dikomentar ya...

Sumber gambar:
-www.zimbio.com
-ohnotheydidnt.livejournal.com
-www.clipartpanda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar