Minggu, 16 Maret 2014

Wisata Surabaya: Jalan Ke Museum Kesehatan (Museum Santet)

Assalammu’alaikum
Pagiii KIKOSer~~ hari minggu waktunya jalan2
Buat KIKOSer yang orang Surabaya apa pernah jalan2 ke Museum Kesehatan?
Kalau belum museum yang lebih di kenal dengan julukan Museum santet ini bisa di jadiin tempat jalan-jalan, sekaligus tempat uji nyali. Ehehehe.
Buat KIKOSer yang bukan orang Surabaya, kalau lagi berlibur atau jalan-jalan di kota pahlawan ini, nggak ada salahnya mampir ke museum unik ini.
         


          Waktu Reyko ke museum ini kalau nggak salah hari aktif kerja bulan lalu(lupa hari apa tapi). Waktu sampai di lokasi, rada galau ini salah masuk atau nggak, soalnya bentuk bangunannya kayak jaman belanda gitu (gedung tua). Abis markir sepedah, ada bapak2 yang nggasi peringatan “Ati-ati lo banyak hantunya”, yah kurang lebih bapaknya kayak nakut-nakutin gitu. Emang sih museum kan kesannya rada horo and sepi. Aq mahh cuek aja toh tempat kos Reyko uda sama kayak tempat uji nyali.

         
      Buat ukuran museum emang ini nggak terlalu besar, tapi barang-barang koleksinya cukup bagus dan tertata rapi. Sebelum masuk museum KIKOSer harus beli tiket dulu (Rp 1.500) yang muraahh banget. Waktu buka pintu Aq penampakannya kayak gini nie:


Di bagian awal museum di pamerkan pakaian dokter2 tempo doeloe, foto2 kepala museum atau dokter2 yang mengelola museum ini kayaknya,  dan beberapa sertifikat2 praktek kerja. Selain itu ada gambar2 yang nunjukkin perkembangan pengobatan medis di dunia KIKOSer:


Setelah itu di ruangan-ruangan berikutnya ada alat-alat kesehatan dari dokter kandungan dan dokter gigi. Ada juga peralatan kedokteran yang masih jadul KIKOSer. Nah setelah ruang alat medis:


Di sebelah kanan ada ruangan yang di kunci, di sebrangnya, sebelum ruang alat2 medis buat dokter gigi, ada buku/makalah yang digantung di dinding KIKOSer. Usahakan KIKOSer berhenti bentar terus baca deh, di situ ada keterangan bagian-bagian museum yang sering ada penampakan. Selain itu ada juga tempat uji nyali yang pernah di adain sama salah satu stasiun TV.

          Waktu baca agak merinding gimana gitu yaaa.
Di bagian selanjutnya di pajang tumbuhan2 herbal dan beberapa hewan dan alat peraga badan manusi. Kalau KIKOSer masuk bagian ini, nanti ada ruang kecil, kayak kamar gitu yang di dalamnya ada beberapa foto penampakan dan hal-hal janggal yang ada di Indonesia. Kayak uang yang bisa melengkung sendiri kalau di letakkan di tanggan kiri, ada foto orang yang kena santet, dan beberapa foto2 yang menurut Aq rada aneh.

          Nah sudah selesai di bagian medis, sekarang kita pindah di ruangan lainnya, yaitu tempat pengobatan2 tradisional dan penyakit2 yang nggak masuk akal, atau yang berbau2 magic. Letak ruangannya, sebelum tempat beli tiket KIKOSer. Pertama masuk, KIKOSer di sambut sama beberapa jenis air yang di percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Ada air Ponari (dukun tiban itu loo KIKSOer), air dari sumur atau mata air keramat, air zamzam, dan beberapa air lainnya.


          Di ruangan ini KIKOSer yang ada barang2 santetnya. Ada benda-benda yang di pakek buat nyantet seseorang. Terus foto2 orang yang kena santet. Waktu liat barang2 yang di perluin buat nyantet agak takut KIKOSer, cz percaya atau enggak emang ada penyakit yang nggak bisa di jelasin secara medis atau dengan ilmu kedokteran. Ada tanah kuburan, rambut korban santet, paku, jarum, and masih banyak lagi. Selain itu ada pula penyembuhan2 yang dilakukan untuk melepas santet yang di pasang KIKSOer, ada media telur atau hewan. Pantes aja museum kesehatan ini sering di sebut museum santet, emang lumayan banyak lahh hal2 yang berbau persantetan.

          Reyko saranin kalau kesini jangan sendirian, lebih baik rame2 KIKOSer. Soalnya tempatnya (menurut Reyko) emang agak serem #Plak (Nakut2inAjaIniReyko)

Sekian liputan Museum Kesehatannya. Buat KIKOSer yang pengen liburan, nggak ada salahnya main2 ke museum ini. semoga bermanfaat.
Alamat Museum : Jl. Indrapura 17 Surabaya
Jam Buka              : Senin-Jumat = 08.00-15.00
                                  : Sabtu-Minggu = 09.00-14.00
                                  Hari libur nasional tutup

Tebar Foto:

 
Tempat parkir sepedah




tas koper peraltan medis, ini dibawa waktu perang

Ehmmm, masi mikir kalau itu bener2 di jual~_~

kitab suci

boneka jelangkung

lele, buat beberapa orang yg hidup di daerah tertentu. hewan ini TIDAK boleh dimakan


Thanx To:
1. Siska (Kaka) and Nisyaww. Yang mau nemenin main2 ke sini.
2. Peking n zizah yang ngasi tau jalan.hehe.makasii



Buat KIKOSer jangan lupa ikutan KUKIS yaa..ada hadiah poster ori EXO, novel, dan pulsa. mau hadiahnya bisa klik ini
         


2 komentar:

  1. Kak kalo lg Haid boleh nggak kesana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau Epik sih ngga ada larangan kok, meski lagi haid kayaknya boleh-boleh aja...
      salam kenal ya Michelle :D
      sering-sering main di blog KIKOS yaaa

      -Epik-

      Hapus