Kamis, 30 Oktober 2014

Forrest Gump “Novel dengan Gaya Bahasa Asik yang Kocak Abis”

Hai Hai... :D
selamat pagi KIKOSer! Gimana kabarnya? Sehatkah?

Eh, KIKOSer pernah nonton film yang judulnya 'Forrest Gump' ngga?. Kalau pernah, udah tau belum kalau 'Forrest Gump' itu based on novel?. Hayo... Udah tau belom... Epik sih pernah denger tentang film ini tapi belum nonton filmnya. Nah begitu tau Mas Ribut yang punya Toko Buku Bekas di Facebook jual novel ini, Epik langsung booking tuh novel. Epik penasaran aja, soalnya film 'Forrest Gump' tuh katanya bagus (kemarin sih Epik udah minta film ini ke salah satu Senpai-nya Epik, tapi belom nonton sih masih skip-skip doang). Jadi langsung aja ya baca hasil review'an Epik, selamat baca~


Judul
Forrest Gump
Penulis
Winston Groom
Genre
Novel Petualangan Komedi Romance
Penerbit
Gramedia
Jumlah Halaman
302
Tahun Terbit
Maret 1995 (cetakan ke-4)


Winston Groom
Jika kamu berpikir kalau orang yang terbelakang itu tidak berguna, berarti kamu belum baca Forrest Gump!. Forrest Gump adalah seorang pria yang agak terbelakang (ia menyebut dirinya 'idiot', tapi Epik ngga mau pakai istilah itu, soalnya agak vulgar) tapi ia pernah menjadi pemain American football (Rugby), tentara, pemain band, pemain drama, astronot, bintang fim, pegulat amatir, pemain catur, petani udang, pemilik perusahaan besar, calon senat, bahkan pengamen jalanan.

Ia dibesarkan oleh ibunya yang single parent. Ayahnya meninggal tak lama setelah Forrest lahir. Meski terbelakang, ibu Forrest sangat menyayanginya. Ia pernah memasukkan Forrest ke sekolah reguler, tapi guru-guru disana kewalahan terhadap sikap Forrest yang kadang suka teriak-teriak. Belum lagi Forrest merasa semua orang mem-bully-nya, kecuali Jenny Curran yang kabur saat bertemu Forrest tapi terkadang juga mau diajak pulang bersama. Forrest akhirnya pindah ke sekolah khusus anak-anak terbelakang. Disana ia merasa hidupnya datar-datar saja, cukup menyenangkan tapi pelajaraan yang diberikan cuma itu-itu saja.

Forrest tumbuh menjadi remaja yang bertubuh tinggi besar, ada seorang pelatih rugby yang melihat potensi dari tubuh Forrest yang besar dan kuat untuk menjadi pemain rugby jika dilatih dengan baik. Si pelatih menjanjikan bakal memasukan Forrest ke SMU tempat ia mengajar agar Forrest bisa main untuk tim SMU-nya!. Dan petualangan Forrest menuju dunia luar dimulai!

Kehidupan di SMU tidak terlalu menyenangkan kecuali fakta bahwa disana ia bertemu dengan Jenny, teman masa kecilnya. Jenny sudah berubah jadi gadis yang cantik sekarang. Diam-diam Forrest jatuh cinta dengannya. Selain itu, Forrest bertemu dengan orang menyebalkan yang suka mem-bully-nya. Ia sering diolok-olok dan ganggu. Dalam hal bermain rugby pun Forrest sering dibentak si pelatih karena Forrest ngga bisa-bisa hal-hal yang udah diajarkan ke dia. Tapi lama kelamaan Forrest jadi pintar bermain rugby dan membawa tim SMU-nya menang berbagai perlombaan. Melihat permainannya yang cukup bagus, Forrest pun diincar oleh salah satu college untuk gabung dengan klub rugby disana. College tersebut tidak mempermasalahkan keterbelakangan mental Forrest karena melihat permainan rugby-nya yang keren. Bagaimanapun juga roda itu berputar, masa-masa keemasan Forrest pun nampaknya pudar dan akhirnya ia harus dikeluarkan dari collage.

Disisi lain, karena saat itu masa-masa pereng Vietnam, Forrest mendapat surat dari kemiliteran yang menyatakan dirinya harus ikut wamil (Wajib Militer). Nah, ibunya sudah menjelaskan kalau anaknya ini agak keterbelakangan mental. Awalnya pihak militernya tidak mau tau namun akhirnya mereka membuat surat bahwa Forrest dibebaskan untuk sementara. Tapi suatu hari Forrest bikin gara-gara dan karena itu ijin tidak mengikuti wamilnya dicabut.

Forrest berkata bahwa tinggal di camp itu tidak enak karena semua orang membentak-bentak. Tapi karena sudah biasa Forrest cuek aja. Tiba saatnya ia harus pergi bertempur di Vietnam. Tanpa disangka disana ia bertemu Bubba, teman semasa Forrest kuliah dulu. Bubba juga dikirim ke Vietnam karena ia dikeluarkan dari collage setelah kakinya cidera berat sehingga beasiswanya dicabut. Cidera Bubba tidak cukup berat untuk membuatnya lolos dari wamil sehingga ia harus ikut ke Vietnam juga. Dari Bubba, Forrest mendapat info kalau Jenny Curran sudah keluar dari college dan bergabung dengan kelompok anti-perang. Bubba juga bercerita mengenai impiannya yang ingin membangun tambak udang dan membahagiakan ayahnya. Namun perang masih berlangsung dan sayangnya Bubba gugur dalam medan pertempuran.

Sekembalinya dari perang Vietnam, Forrest masih harus berada di camp. Disana dia bermain ping pong dan karena ia berbakat, ia diminta mengikuti kompetisi ping ping di China. Saat berada di China, Forrest justru menolong pemimpin China yang tenggelam dan namanya kembali tenar. Waduh pokoknya perjalanan hidup Forrest Gump ini menarik deh!. Gimana kisah selanjutnya? Apakah Forrest Gump bisa mendapatkan Jenny Curran?. Baca sendiri yaaa~

Epik suka sama novel ini! Suka banget! Ceritanya pakai sudut pandang si Forrest dan begitu baca 2 lembar Epik tau kalau Epik bakal suka novel ini. Ceritanya itu ringan soalnya dituturin langsung dari Forrest dan bahasa yang digunakan itu bahasa sehari-harai (cenderung bahasa gaul malah). Basic cerita novel ini tentang petualangan Forrest menjalani berbagai profesi yang dikasih bumbu kisah romance-nya mengejar-ngejar satu cewek dari masa kecilnya yakni Jenny Curran. Ih, ending-nya manis-manis asem gitu... (makin penasaran kan~).

Epik jamin kalau KIKOSer baca novel ini, KIKOSer bakal jatuh cinta sekaligus mangkel sama si Forrest. Cara Forrest menuturkan kisahnya ini asyik banget... Innocent, imut, dan kuplak gitu. Mungkin cerita yang diceritakan Forrest ini terdengar agak ngaco dan mengkhayal gitu tapi asyik untuk dinikmati kok. Aduh apa lagi filmnya diperanin sama Tom Hanks jaman-jaman muda... Ih... Ganteng banget...! Kyaaa... Kyaaa... (>O<)/ *SalahFokus*.
Tom Hanks as Forrest Gump
Muatan moral yang Epik tangkep saat baca novel ini tuh banyak. Contohnya aja mengenai orang-orang yang suka menganggap remeh orang-orang yang tidak sempurna. Banyak orang-orang yang secara sadar atau tidak mem-bully orang-orang yang agak keterbelakangan mental, orang yang gila, atau orang yang fisiknya tidak sempurna. Nah lewat penuturan pakai sudut pandang Forrest, pembaca ditunjukan gimana sih perasaan mereka-mereka yang memiliki kekurangan saat di-bully. Mereka juga manusia dan mereka punya perasaan!. Jadi stop pem-bully-an dengan alasan apapun!. Trus muatan moral lain yang Epik tangkep itu ada muatan anti-perang. Di dalam novel ini itu digambarkan perang itu penuh kesia-siaan dimana pria-pria muda yang harusnya bisa membangun negara malah dikirim perang dan meninggal sia-sia di medan pertempuran. Sedihnya adalah mereka dipaksa untuk mengikuti perang yang mereka sendiri ngga tau sebenernya apa alasan serta tujuan perangnya itu. Forrest aja bisa bilang kalau perang itu 'tahi kucing'.

Kesimpulan yang Epik dapat setelah baca novel ini adalah 'kalau Forrest yang terbelakang dan harus menjalani hidupnya ruwet gitu aja bisa merasa bahagia, mengapa kita yang diberi kesempurnaan dan hidup yang tidak seruwet Forrest ngga bisa bahagia?'. So, enjoy you life as long as in positive ways~ Do as best as you can :D

Untuk download novel Forrest Gump (English version) klik DISINI!


Referensi:
-http://en.wikipedia.org/wiki/Winston_Groom
-link download diatas terhubung dengan:
http://down02.putclub.com/virtual/backup/update/Download/Literature/%E3%80%8A%E9%98%BF%E7%94%98%E6%AD%A3%E4%BC%A0%E3%80%8B.pdf

For Your Information:
-    Novel Forrest Gump ini ada sequel-nya loh judulnya ‘Gump & Co’.
- Film Forrest Gump dan novelnya agak sedikit berbeda....!


Spesial Thank’s :
-Papa yang terus men-support Epik dari segi finansial untuk membeli buku-buku keren... makasih papa~
-Mas Ribut dengan Toko Buku Bekasnya yang keren...

4 komentar:

  1. epikkkk buku ini ada 2 ga ? aku mau beli satuu.. nyari buku ini dari dulu susah sangatt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Shaddow lama tak jumpa!!! :D

      Maaaf Shaddow Epik punya cuma 1 aja :(
      He? ini susah dicari ya? wah baru tau...

      hm, barusan Epik cari digoogle ada beberapa web yang jual coba Shaddow cek sendiri deh ke penjualnya (kali aja masih ada nih buku):

      http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php?topic=31800.0;wap

      http://www.olx.co.id/iklan/forrest-gump-72175079.html#pn_e81181a3b58502da93ddbd65f67fc175

      http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=21888.0

      Cuma itu yang Epik dapet... :(

      Maaf ya Shaddow :(

      -Epik-

      Hapus
  2. Nggak ada yg bahasa indonesia ?
    Saya lagi males baca bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hanif
      tenang sudah diterjemahakan ke bahasa Indonesia kok, penerbitnya Gramedia

      terima kasih Hanif sudah mau mampir ke blog kikos
      sering-sering mampir ya ^^

      -Epik-

      Hapus