Rabu, 08 Maret 2017

(Kuliner Surabaya) Parata House Surabaya: Makanan dan Cemilan Pakistan Yang Enak dan Murah

Asallamualaikum
Selamat malam KIKOSer

Makan malam ini mau makan apa ni?
Yang masih nggak tau mau makan/nyemil apa, Reyko mau rekom tempat makana khas Pakistan dan India yang ada di Surabaya. Tenang aja ini tempat makan harga pelajar (Murah meriah) tapi rasanya juara banget.
KIKOSer surabaya dan sekitarnya bisa mampir ke PARATA HOUSE (Di taman Apsari, samping Circle K), kalau cari makanan khas dan berbumbu dari Pakistan.



Awalnya Reyko sempat binggung makanan india, arab, sama pakistan ini apa bedanya. ahahahah. Pertama nyoba masakan arab otentik (di masak sama tante teman reyko di Ampel) itu jaman kuliah dan Reyko langsung suka, terus makanan india rumahan (dapet di acara buka bersama teman Reyko yang keluarganya India-Arab), dan beli sendiri di Al-Hamra Surabaya. Nggak terlalu sering makan seih, tapi Reyko suka banget sama makanan yang berbumbu kuat.

Nah suatu pagi di kantor, teman Reyko bawa martabak, dan katanya semua makanan di tempat makan ini enak-enak, Nenek teman reyko juga akuin ini enak. Bagi temen reyko yang keluarga Arab-India, makan-makanan seperti ini udah seperti Reyko kalau makan nasi pecel, uda bosen kali dan mereka bisa bener-bener bedain mana makanan yang enak atau yang biasa aja.

Aduhhhh kebanyakan cerita niee reyko.



Jadi intinya Reyko ke Parata House ini karena penasaran, pengen coba seenak apa makanan Pakistan ini.

Buat KIKOSer yang mau kesini, jangan bayangin tempat makanannya mewah seperti di kebanyakan tempat makan India atau masakan timur tengah. Parata House ini tempatnya kaki lima, sebelahan pas sama Circle k dan Pos ketan. Walaupun tempat kaki lima tapi waktu coba, rasanya menurut reyko lebih enak dari tempat makan mahal yang sejenis ini di Surabaya.

Koki dan pemilik Parata House ini adalah orang Pakistan asli. Waktu Reyko ke sini ada 2 pengunjung dari Pakistan juga, dan mereka ngobrol tanpa reyko tau artinya.Hikssss.
Oya tenang aja Bapak Koki bisa ngomong bahasa Indonesia kok, walau sepotong-sepotong. Oke di sini Reyko pesan beberapa menu, sebagian makan di tempat dan sebagian di bawa pulang.

-      Nasi Goreng Kambing (25k)
Hemmmm nasi goreng kambing 25k, menurut reyko sudah harga bersahabat. Apalagi porsi nasinya yang banyak dan potongan daging kambing yang besar-besar. Nggak tau kenapa menurut reyko bau kambingnya nggak kecium, mungkin gara2 bau rempahnya lebih kuat. nasinya berbumbu banget dan enak (reyko habis tak bersisa). Potongan daging kambingnya besar, dan tekstur daging kambingnya itu lembut banget. Di potong pakai sendok juga gampang, ini lebih enak dari tempat makan yang pernah reyko coba. Buat pecinta daging kambing, menu satu ini wajib di coba.

-      Roti Chapati (6k)
Roti jenis ini tebuat dari gandum, lebih tipis daripada paratha. Roti chapati menurut reyko lebih molor,ahahah. Bentuknya bulat, di panggang dan di tekan-tekan, karena kalau terkena panas roti ini akan menggelembung kecil-kecil.

-      Roti Paratah Coklat Mesis (15k)
Bentuknya sama seperti roti maryam menurut reyko. Bentuk lebih tebal daripada roti chapati, dan cara masaknya dengan di goreng. Rasanya lumayan, seperti makanan manis pada umumnya. Ahhahaah, reyko kurang suka makanan manis, jadi nggak komentar banyak deh.

-      Qeema (15k)
Makanan ini buat cocolan/di makan dengan chapati. Dari daging giling dan rasanya menurut reyko pas banget. Qeema nggak terlalu asin, karena memang untuk cocolan/sambal/pendamping (Apaan sihhh) roti chapati. Jadi kalian bisa makan ini sampai akhir, reyko juga nggak ngerasa eneg’ soalnya rasanya yang nggak terlalu pekat.

-      Martabak (30/40/50k0
Jadi KIKOSer bisa beli sesuai keinginan, reyko beli yang 30k aja uda banyak dan enak banget. Ahahahahha. Sedikit beda sama martabak telur lainnya, martabak ini lebih berbumbu rempah2, terus ada bagian hitam kecil2 di dalamnya, entah itu bumbu apa, sepertinya bukan lada, soalnya ada rasa bumbu lainnya yang baru pertama kali reyko rasain.

Sementara ini yang reyko coba, nanti reyko bakal kesini lagi dan nyoba menu-menu lainnya. Teman reyko rekom Dall cocolan/pendamping roti chapati, dall ini ada sejenis kacang hijaunya. Buat KIKOSer yang penasaran dengan makanan Pakistan bisa mampir ke Parata House, di Taman Apsari, sebelah circle K, di pinggir jalan kok pasti kelihatan. Oya penyajian di sini menurut reyko cepet kok, jadi misal kalian kelaperan, jangan khawatir.

Sekian dari Reyko semoga bermanfaat.
 Note : Hari Minggu tempat ini tutup
Buka  : jam 1 siang kalau nggak salah, sampai malam.

Tebar Foto makanan dan harga:
PS: Hati-hati kalap



Pembuatan Roti Chapati


 
Nasi Goreng Kambing


2 komentar:

  1. Pgn nyoba..tp kenapa minggu ttp sih 😟
    Tempatnya deket makam sunan ampel gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak di daerah ampel juga ada, tapi beda orang. eheheh, biasanya ak beli yg di depan grahadi sih.

      ~Reyko

      Hapus